Cari Tahu Keuntungan Google Bisnis untuk Usaha Kita

Google

Pada abad yang penuh dengan keajaiban teknologi, Google memang telah menjadi mesin pencari populer di dunia. Saking bermanfaatnya bagi manusia, Google terus bertransformasi secara bisnis dan membantu kehidupan banyak orang.

Salah satu produk dari Google yang juga populer adalah Google My Bussiness atau yang disebut dengan Google Bisnis. Uniknya, Google Bisnis ini sangat pro pada usaha menengah kelas mikro alias UMKM.

Google mungkin sadar, keterbatasan modal serta persaingan sengit di UMKM kerap membuat pengusaha kesulitan untuk mempertahankan bisnisnya.

Google bisnis adalah alat gratis yang dapat kita gunakan untuk membantu mengelola kemunculan bisnis kita. Bisnis kita nantinya akan muncul dalam Google Maps, Google Search dan Google+. 

Yang unik, menggunakan Google Bisnis justru akan mendekatkan kita dengan pelanggan yang mungkin sedang berada di lokasi terdekat dengan tempat bisnis kita. Sebab, Google Bisnis membantu orang untuk menemukan bisnis kita di Google Maps dan mesin pencari.

Manfaat Google Bisnis untuk Usaha Kita

Seorang ahli SEO yang juga konsultan PPC, BowlerHat Ryan Scollon, yang dikutip dari Business News Daily mengatakan bahwa Google Bisnis adalah titik awal yang bagus untuk memulai bisnis kecil. Mudah diatur dan gratis pula. 

Tentu ini menguntungkan pebisnis awal dengan modal minim. Ketika baru memulai bisnis, kita selalu kesulitan dan menghadapi tantangan untuk memasarkan produk atau jasa kita, bukan? 

Lewat Google Bisnis, bisnis kita akan dapat dibantu dengan mudah hanya cukup dari sentuhan jari. Berikut manfaat Google Bisnis.

1.Sebagai sistem informasi

Google Bisnis akan menyimpan segala informasi terkait bisnis kita seperti: jam buka, situs web, nomor telepon dan lokasi. Jika ingin membarui informasi lebih mudah cukup lewat aplikasi di seluler dan pelanggan dapat mengetahui dengan cepat.

2.Alat interaksi pelanggan

Kita bisa memancing komentar, pesan dan kesan dari pelanggan atas bisnis yang kita kelola. Lewat ulasan dari pelanggan akan membantu usaha kita mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Tapi jangan lupa untuk menanggapi ulasan tersebut, ya!

3.Promosi produk

Ciri khas dari Google Bisnis adalah foto bisnis yang dapat disertakan dalam profil. Foto yang profesional akan memberikan kesan serta citra kuat tentang bisnis yang kita kelola. Semakin lengkap foto produk dan layanan, akan semakin mudah untuk memengaruhi calon konsumen untuk berbelanja di toko kita.

4.Memikat pelanggan baru

Google Bisnis dapat mengoptimalisasi bisnis kita lewat Google Search. Ini dapat menggerakkan pelanggan baru untuk mengunjungi situs kita.

Membuat profil di Google Bisnis 

Google Bisnis dapat membantu konsumen menemukan bisnis kita dengan cepat dan mudah, tanpa harus datang ke situs web kita. Nah, agar bisnis kita lebih optimal, mari mulai dengan menyusun profil dalam Google Bisnis yang tepat.

Pastikan membuat profil Google Bisnis dengan kata kunci yang tepat sehingga akan muncul di mesin pencari Google ketika orang mengetiknya. Berikut tips untuk membuat profil Google Bisnis kita menarik.

  • Informasi harus akurat

Informasi yang akurat akan membantu calon konsumen menemukan kita di mesin pencari Google. Maka, isi secara akurat seluruh detail bisnis kita seperti lokasi, telepon, surel serta jenis bisnis atau layanan jasa yang kita berikan. Isi seluruh detail tanpa mengecualikannya agar seluruh bisnis kita menarik calon konsumen.

  • Selalu perbarui profil

Membarui profil bisnis akan meningkatkan profil di Google Bisnis. Misalnya: Foto profil, jam operasional saat libur atau hari biasa atau informasi pelanggan yang sifatnya mengandung bisnis.

Informasi yang selalu baru akan membantu konsumen menemukan bisnis kita di mesin pencari Google pada posisi atas. Ini penting untuk memastikan kalau bisnis kita masih berlangsung.

  • Interaktif pelanggan

Dorong pelanggan atau konsumen yang pernah menggunakan jasa kita untuk memberikan ulasan. Ini akan mendorong mereka meninggalkan ulasan positif.

Ulasan yang positif adalah promosi yang baik dalam bisnis kita. Tapi juga jangan lupa untuk berterima kasih kepada mereka yang telah mengulas bisnis kita dengan mengapresiasinya.

Begitu juga bagi mereka yang memberikan ulasan negatif. Respons kembali secara profesional dan berikan solusi terbaik dengan cepat.

Menurut pelanggan Google, bisnis yang merespons ulasan dianggap 1,7 kali lebih terpercaya dibandingkan bisnis yang tidak responsif.

Aplikasi Google Bisnis

Seperti yang sudah disinggung di atas, aplikasi Google Bisnis adalah aplikasi ponsel gratis yang membantu kita mengelola bisnis. Lewat aplikasi ini, kita dapat mengelola bisnis untuk muncul di Google Search dan Maps.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, kita hanya perlu mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau dari App Store.

Selanjutnya menyelesaikan pemberitahuan izin untuk bisa menggunakan Google Bisnis, yakni:

  • Lokasi: Diperlukan untuk mengetahui lokasi bisnis kita berada.
  • Kontak: Diperlukan berkomunikasi melalui surel dan digunakan saat mengundang orang lain atau menyimpan kontak dari pelanggan kita.
  • Penyimpanan: Diperlukan untuk mengakses foto yang diambil di lokasi bisnis kita.

Menggunakan Google bisnis lewat ponsel berbeda dengan komputer. Perbedaannya, terdapat saat kita mengelola dan mengedit informasi bisnis di Google.

Beberapa fitur belum tersedia pada ponsel, misalnya seperti menghapus daftar atau mentransfer kepemilikan. Perbedaan lain adalah tidak tersedianya fitur untuk melihat pengunjung di akun Google Bisnis.

Kategori Google Bisnis 

Ketergantungan manusia saat ini akan Google Search menguntungkan sejumlah bisnis. Terutama bagi bisnis baru yang dirintis, tidak sulit untuk mengenalkannya bahkan mendapatkan pelanggan.

Data dari Google, setiap bulannya sebanyak 9,65 miliar penelusuran sejumlah bisnis di Google. Rinciannya penelusuran tersebut sebagai berikut.

  • 5 miliar untuk penelusuran restoran.
  • 3 miliar untuk penelusuran hotel.
  • 1 miliar untuk penelusuran di toko baju.
  • 600 juta untuk penelusuran salon rambut dan kecantikan.
  • 5 juta untuk penelusuran kedai kopi.

Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa masyarakat modern amat memercayai Google sebagai jawaban dari pencarian mereka. Lalu, bisnis apa saja yang bisa didaftarkan dalam Google Bisnis? 

  1. Bisnis lokal.
  2. Produk atau merek.
  3. Kuliner.
  4. Olahraga dan jasa.

Tahapan Membuat Akun Google Bisnis

Setelah mengetahui manfaat menggunakan Google Bisnis, sekarang saatnya membuat bisnis kita muncul di Google Search. Berikut tahapan-tahapan dalam membuat akun Google Bisnis:

Langkah 1: Daftar dan masuk ke Google Bisnis

Ketuk tautan biru atau Google “Google Bisnisku” setelah tiba di laman. Kemudian klik Masuk di sudut kanan atas layar.

Langkah 2: Tambahkan nama bisnis kita

Ketik nama bisnis kita dan klik Berikutnya. Ini adalah tahapan yang paling menarik dan menyita perhatian kita sebab kita mulai merancang konsep dan pembeda bisnis kita dengan bisnis lain.

Langkah 3: Beri tahu orang di mana dapat menemukan kita

Kita akan ditanya, apakah ingin menambahkan lokasi yang dapat dikunjungi pelanggan, seperti toko atau kantor. Jika kita ingin, maka kita hanya perlu klik Ya. Selanjutnya kita akan dibawa ke jendela lain untuk memasukkan alamat fisik bisnis kita. Alamat yang diminta terdiri atas lokasi negara, nama jalan, kota, provinsi, dan kode pos.

Langkah 4: Drag dan drop lokasi yang tepat

Kadang-kadang sebuah alamat tidak cukup menjelaskan sebuah lokasi. Demi memudahkan pelanggan untuk menemukannya, kita dapat menyeret dan menjatuhkan PIN ke titik yang tepat secara langsung di atas peta.

Langkah 5: Opsi pengiriman

Kita perlu memberi tahu soal layanan yang dapat kita berikan. Salah satunya opsi pengiriman, kita hanya cukup klik Tidak jika memang layanan pengiriman tidak diberikan atau klik Ya jika melayani pengiriman di luar lokasi.

Langkah 6: Pilih kategori bisnis

Bagian ini sangat penting untuk mendapatkan seakurat mungkin kategori bisnis kita dan sekaligus memberi tahu Google apa saja yang harus dilihat pelanggan di Google Bisnis.

Langkah 7: Beri tahu pelanggan soal cara menghubungi kita

Cukup tambahkan nomor telepon dan situs web bisnis kita agar pelanggan dapat mempelajari kita secara lebih detail.

Langkah 8: Verifikasi akun Google Bisnis

Terakhir jangan lupa melakukan verifikasi akun Google Bisnis kita, ya!

Sudah tahu manfaat dari Google Bisnis dan bagaimana cara memulainya, sekarang giliran kita untuk mempraktikkannya. Yuk, segera buat akun kita di Google Bisnis!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →