5 Fakta Hadiah Ratusan Miliar Juara Piala Dunia 2018, Prancis Dapat Segini

Prancis juarai Piala Dunia 2018. (Instagram/@antoinegriezmann)

Setelah melewatkan empat ajang Piala Dunia tanpa gelar, Prancis akhirnya kembali menjadi juara di ajang sepak bola akbar empat tahunan itu. Jadi kampiun di Piala Dunia 2018 Rusia, dua kali sudah Les Bleus mengangkat tropi paling bergengsi di jagat sepak bola itu usai menumbangkan perlawanan sengit Kroasia di partai final Minggu 15 Juli 2018 dini hari.

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) menggelontorkan banyak uang sebagai hadiah untuk para juara. Ternyata, gak hanya Prancis, Kroasia, dan Belgia yang menempati posisi runner up, juara tiga, dan juara empat berturut-turut, yang dapat uang dari FIFA.

Semua tim lain yang ikut serta dalam putaran final Piala Dunia Rusia 2018 ini juga kecipratan uang dari federasi tersebut. Nah, berapa sih nominal uang yang diterima Prancis sang juara dan tim-tim lainnya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Prancis dapat duit paling banyak

Jadi pemenang di Piala Dunia Rusia 2018, pastinya Tim Ayam Jantan boleh membawa pulang uang hadiah utama.

Untuk diketahui, FIFA akan memberikan Antoine Griezmann dan kolega uang hadiah sebesar US$ 38 juta atau kalau di-Rupiahkan ya sekitar Rp 546 miliar. Banyak banget ya guys!

Nah, penasaran gak sih, berapa nominal uang yang didapat oleh masing-masing pemain dan pelatih? Simak di poin kedua!

2. Berapa duit yang diterima tiap punggawa Prancis?

View this post on Instagram

MY LOVE 💍

A post shared by Kylian Mbappé (@k.mbappe) on

Nah, ternyata bukan FIFA yang punya hak untuk menentukan presentase uang hadiah yang diterima tiap pemain. Dan, bukan pula sang pelatih, Didier Deschamps yang bakal membagikan duit itu.

Soal bagi-bagi uang ini jadi wewenang Fédération Française de Football (FFF) yang gak lain adalah federasi sepakbola Prancis.

Presiden FFF, Noel Le Graet, mengatakan, para atlet berhak atas 30% dari uang hadiah tersebut atau kalau dihitung ya sekitar Rp163 miliar. Wah, ternyata gak semua ya.

Tapi,, ada tapinya nih guys. Noel memastikan, setiap pemain bakal dapat bonus sebesar 280.000 Euro atau sekitar Rp 4,7 miliar sebagai hadiah atas keberhasilan mereka sampai di final.

3. Uang diambil dari dana hadiah FIFA

Uang hadiah tersebut diambil dari kantong dana hadiah FIFA. Buat sekedar informasi, dana yang tersimpan di pundi hadiah itu kini ada US$ 400 juta atau sekitar Rp 5,7 triliun, naik 12% dari tahun 2014!

Nah, kalau ditotal-total, seluruh uang yang digelontorkan oleh FIFA adalah US$ 791 juta atau setara Rp 11,3 triliun. Bukan cuma buat hadiah para juara, uang itu juga termasuk dana yang diberikan FIFA kepada tim-tim peserta untuk pemain, persiapan tim, dan pertandingan.

4. Kroasia juga dapat duit lho

View this post on Instagram

🔝 💪🏼👌🏼🙏🏼🇭🇷

A post shared by Ivan Perišić (@ivanperisic444) on

Jangan salah lho, walaupun Kroasia harus menelan pil pahit kekalahan dari Prancis, tim berjuluk Vatreni itu juga dapat uang. Untuk hadiah runner-up, FIFA memberikan US$ 28 juta atau setara Rp 402,8 miliar. Hmm, lumayan juga kan duit yang didterima Luka Modric dan kawan-kawan?

Boleh dibilang juga, uang itu gak ada artinya dibandingkan perjuangan mereka untuk bisa sampai ke final Piala Dunia 2018. Bayangin aja, pencapaian terbaik mereka sebelum ini adalah di Piala Dunia 1998 Prancis ketika mereka finis di urutan ketiga.

Setelah itu, di Piala Dunia 2002 dan 2006, mereka hanya bisa sampai di fase grup. Di tahun 2010 mereka gagal lolos kualifikasi, dan di Brasil 2014, mereka juga gak lolos ke fase gugur. Kini, mereka akhirnya berhasil masuk final, kendati harus gugur di tangan Prancis.

5. Tim-tim lain dapat berapa?

Seperti disebut di atas, tim-tim lain yang gak masuk final juga dapat duit. Belgia yang jadi juara tiga misalnya, dapat uang sebesar US$ 24 juta atau setara Rp 345 miliar. Inggris, yang nangkring di urutan empat dapat US$ 22 juta atau sekitar Rp 316,5 miliar.

Dikutip dari Howmuch.net, mereka yang menempati posisi 5-8, masing-masing memperoleh US$ 18 juta atau setara Rp 258,9 miliar. Sementara itu, tim-tim yang berada di posisi 9 sampai 16 dapat US$ 12 juta atau sekitar Rp 172,6 miliar, disusul dengan US$ 8 juta (Rp 115 miliar) untuk masing-masing tim yang menduduki peringkat 17 sampai 32.

Wah, memang gak salah deh kalau ajang Piala Dunia 2018 disebut-sebut sebagai ajang sepak bola termahal sepanjang sejarah. Bagaimana pendapat kamu?