Biar Kantong Gak Jebol, Begini 5 Tips Belanja Hemat di Harbolnas

Harbolnas

Promo Harbolnas 11.11 sudah dimulai. Beragam produk murah diperjualbelikan di berbagai platform e-commerce. 

Gak tanggung-tanggung diskonan yang diberikan mulai dari 50 persen sampai 90 persen. Hal ini tentu sangat menggoda para konsumen untuk berbelanja. 

Meski bisa mendapatkan barang yang lebih murah, kalau kamu impulsif, justru momen ini bisa bikin kamu boros juga. Dapat barang banyak, tapi tabungan terkuras habis buat apa kan? 

Biar dapat barang yang diinginkan tanpa buat kantong jebol, berikut ini tips belanja hemat di Harbolnas 11.11. 

1. Belanja yang benar-benar dibutuhkan 

Harbolnas
Belanja seperlunya saja agar pengeluaran gak membengkak (Shutterstock).

Banyak barang-barang yang dijual murah di promo Harbolnas 11.11 ini, mulai dari elektronik, fesyen, sampai pernak-pernik rumah tangga semuanya ada. Sebagian besar dijual dengan harga diskon gila-gilaan. 

Tapi, bukan berarti kamu harus menghabiskan semua uang untuk membeli semuanya. Agar hemat, tetap beli barang yang benar-benar dibutuhkan. 

Misalnya, kamu butuh ponsel baru, ya beli saja ponselnya, gak perlu sama headphone bluetooth, speaker bluetooth, atau charging wireless. Pokoknya jangan terpancing sama produk-produk murah lainnya deh, fokus mencari ke barang yang kamu butuhkan! 

2. Cek harga aslinya di toko offline 

Harbolnas
Cek harga di toko offline sebelum membeli di online shop (Shutterstock)

Label harga promo di toko online memang menggiurkan. Tapi beberapa ada yang hanya permainan harga saja. Artinya harganya sudah dinaikkan dari harga aslinya, baru ditambahkan dengan diskonnya yang kalau diitung-itung harganya kembali ke harga awal. 

Untuk mengetahuinya, kamu kudu cek harga pasaran, termasuk ke toko offline official resminya. Misalnya, kamu berniat untuk membeli ponsel Iphone X, cek dulu harga resminya di Ibox, lalu bandingkan dengan harga di toko online. Kalau harganya di online lebih mahal, kamu malah rugi dong? 

3. Bandingkan promo antar e-commerce 

Harbolnas
Sebelum beli, ada baiknya bandingkan dulu harga di e-commerce lain (Shutterstock).

Lazada, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lainnya memiliki penawaran promo yang berbeda-beda. Agar kamu mendapatkan barang yang lebih murah, bandingkan promo antar e-commerce tersebut. 

Misalnya, kamu pengin beli TV LED 14 inchi, cek dulu di berbagai e-commerce itu, lihat mana yang memberikan promo lebih menggiurkan. Gak cuma dilihat dari potongan harganya, tapi juga promo gratis ongkir misal. 

4. Pilih pengiriman yang paling murah 

Harbolnas
Biar hemat, pilih pengiriman yang murah (Shutterstock).

Kalau promo gratis ongkir tidak bisa kamu dapatkan, paling tidak untuk menekan biaya yang kamu keluarkan, coba pilih layanan pengiriman yang lebih murah. Tapi biasanya, yang lebih murah waktu pengirimannya bisa lebih lama. 

5. Manfaatkan kode promo

Harbolnas
Gunakan kode promo supaya belanjaan kamu makin hemat (Shutterstock).

Meskipun harga yang tertera sudah didiskon, kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih murah lagi, caranya adalah dengan mencantumkan kode promo. 

Biasanya, kode promo itu sudah dibagi-bagikan melalui email, atau di beranda website e-commerce. Setelah masuk ke menu pembayaran, kamu dipersilakan untuk mengisi kode promonya untuk dapatin potongan harga tambahan atau cashback. Selamat menikmati diskon harbolnas ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →