Harga BBM di 7 Negara Ini Termahal Sejagat, Ada yang Nyaris Rp 50 Ribu per Liter!

Negara-negara dengan harga BBM termahal. (Shutterstock)

Bahan bakar minyak atau BBM merupakan kebutuhan utama yang diperlukan oleh setiap negara. Pasalnya, BBM merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh sebagian besar jenis kendaraan yang ada saat ini. BBM menjadi salah satu aspek vital dalam pendistribusian barang termasuk di Indonesia. Kamu pasti pernah dong mengalami kenaikan harga-harga bahan pangan dan transportasi ketika harga BBM naik?

Di Indonesia sendiri, harga BBM termasuk yang termurah lho, meski kini pemerintah sudah tidak lagi mensubsidi BBM varian tertentu. Tapi yang paling murah itu ada di negara Venezuela di mana harga BBM per liternya hanya US$ 0,01 dolar atau Rp 142 perak. Hal ini mungkin karena Venezuela merupakan salah satu produsen minyak terbesar di dunia.

Tapi ada lho di dunia ini yang harga seliter BBM-nya mencapai Rp 47 ribu, tepatnya di Zimbabwe, negara yang terkenal dengan krisis ekonominya. Nah selain Zimbabwe, inilah deretan negara-negara dengan BBM termahal sedunia dikutip dari globalpetrolprices. Diurutkan dari yang termurah dulu ya!

Baca juga: Disebut Negara Kaya Minyak, 4 Negara Ini Naikkan Harga BBM Juga Lho!

1. Harga BBM di Islandia

Harga BBM di Islandia. (Shutterstock)
Harga BBM di Islandia. (Shutterstock)

BBM di Islandia termasuk yang termahal di Eropa, yakni US$ 1,76 atau Rp 24 ribuan per liternya. Kenapa mahal? Jawabannya adalah karena pajak bahan bakar di Islandia sangatlah tinggi.

Baca juga: Harga BBM di 7 Negara Ini Lebih Murah dari Indonesia Lho

2. Barbados

Harga BBM di Barbados. (Shutterstock)
Harga BBM di Barbados. (Shutterstock)

Barbados bukanlah negara minyak, dia hanya mengandalkan sektor pariwisatanya sebagai pendapatan negara. BBM di sini dijual sekitar US$ 1.80 atau Rp 25 ribuan per liternya. Mahalnya bbm di sini disebabkan oleh faktor pendistribusian yang memerlukan biaya lebih, karena negara ini berupa pulau di tengah lautan.

Baca juga: Ayo Mudik Hemat dengan Lakukan 10 Tips Irit BBM Ini!

3. Norwegia

Harga BBM di Norwegia. (Shutterstock)
Harga BBM di Norwegia. (Shutterstock)

Norwegia juga merupakan salah satu negara penghasil minyak juga lho, tapi BBM per liternya mencapai US$ 1,86 atau kalau dirupiahkan sekitar Rp 26 ribuan. Kenapa bisa mahal?

Mahalnya BBM di Norwegia adalah lantaran pemerintah negara tersebut ogah memberikan subsidi harga BBM. Mereka lebih mementingkan subsidi ke sektor-sektor pelayanan publik seperti pendidikan, kesehatan, dan perbaikan infrastruktur.

Beberapa sekolah di Norwegia menarik biaya pendidikan yang sangat rendah, bahkan ada juga yang tidak lagi membebani biaya pendidikan pada muridnya alias gratis.

4. Wallis and Futuna   

Harga BBM di Wallis and Futuna. (Shutterstock)
Harga BBM di Wallis and Futuna. (Shutterstock)

Wallis and Futuna merupakan negara otonom kecil yang masih masuk dalam wilayah kekuasaan Prancis. Negara yang terletak di selatan Samudera Pasifik ini harga seliter bbmnya lebih mahal ketimbang di Prancis, yakni US$ 1,90 atau sekitar Rp 27 ribu.

5. Monaco

Harga BBM di Monaco. (Shutterstock)
Harga BBM di Monaco. (Shutterstock)

Monaco merupakan salah satu negara terkecil dan terpadat di dunia. Jadi, wajar jika mereka mematok harga yang begitu tinggi. Harapannya adalah supaya tidak ada masyarakat yang menggunakan mobil pribadi karena jalanan di sana juga sangat sempit bila masyarakatnya pada bawa mobil sendiri-sendiri.

Harga BBM di Monaco kini US$ 1,98 per liter, atau sekitar Rp 28 ribu.

6. Hong Kong

Harga BBM di Hong Kong. (Shutterstock)
Harga seliter BBM di Hong Kong. (Shutterstock)

Kalau yang ini memang sudah dikenal sebagai negara termahal di dunia kayanya ya. Hong Kong diakui sebagai negara termahal selain Singapura. Tak heran kalau bbm di sana juga tinggi. Selain itu, penduduk Hong Kong juga sudah sangat banyak. Harga seliter bbm di Hong Kong hampir dua kali lipat dari China, yaitu US$ 2,06, atau sekitar Rp 29 ribu.

Tapi meski mahal, fasilitas transportasi umum di Hong Kong sudah sangat mumpuni lho. Ada kereta bawah tanah dengan jumlah stasiun yang banyak, ada pula trem. Jadi, harga bbm bukan penghalang lagi untuk pergi kesana-kemari.

7. Zimbabwe

Harga BBM di Zimbabwe. (Shutterstock)
Harga BBM di Zimbabwe. (Shutterstock)

Nah ini nih negara dengan harga bbm termahal sejagat! Kalau kamu mau pergi jalan-jalan naik mobil di Zimbabwe, kamu kudu keluar uang sebesar US$ 3,31 atau sekitar Rp 47 ribu, nyaris gocap! Kalau dibeliin pertamax kamu bisa dapat sekitar 4 literan.

Sebelumnya, bbm di Zimbabwe bukanlah termasuk yang paling mahal di dunia, tapi pada Januari 2019 ini, Sang Presiden Emmerson Mnanggagwa mengumumkan pada Sabtu (12/1) untuk menaikkan harga BBM sebesar 150 persen.

Langkah ini diambil dengan dalih untuk mengembalikan kestabilan perekonomian negara.

“Zimbabwe sedang mengalami pembaharuan politik dan ekonomi dan hasilnya akan segera tampak,” kata Mnanggagwa seperti dikutip dari VOA.

Gak cuman di Indonesia aja kalau BBM naik pasti ada aja aksi protes, nah di Zimbabwe juga ada protes besar-besaran menolak kenaikan ini. Paham sih kenapa mereka protes, naiknya 150 persen!

Aksi digelar di kota-kota besar, sampai-sampai terjadi bentrokan antara demonstran dengan polisi anti huru-hara. Tak jarang polisi juga menembakkan peluru tajam untuk membubarkan massa. Dikabarkan 13 orang terluka akibat bentrokan ini.

Itu tadi negara-negara dengan harga bbm termahal di dunia. Setelah mengetahui info ini kamu tentunya semakin bersyukur kan sama harga bbm di Indonesia, meskipun subsidinya kini telah dicabut.

Kalau kamu rasa harga bbm kemahalan, kamu bisa kok berpergian menggunakan transportasi umum atau nebeng teman biar irit! (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →