4 Drone Mematikan yang Dipakai Militer Amerika Serikat, Harga Segini Mahal Gak?

harga drone

Tertembaknya drone Global Hawk oleh militer Iran bikin Amerika Serikat geram. Bukan cuma wibawa negara yang disenggol, melainkan juga kerugian besar yang ditanggung akibat hancurnya drone tersebut. Pasalnya, harga drone yang jatuh tersebut gak main-main lho mahalnya.

Dalam beritanya yang diturunkan 21 Juni 2019, Times menyebut harga drone Global Hawk mencapai US$ 176 juta atau sekitar Rp 2,48 triliun. Tentu aja ini harga yang sangat fantastis buat sebuah peralatan militer.

Malahan lebih jauh lagi dalam ulasannya, Times menyetarakan harga drone Global Hawk dengan sepuluh kali harga drone Predator dan Reaper. Padahal, drone yang tertembak tersebut bukanlah tipe drone yang mematikan lho.

Drone Global Hawk diketahui lebih sering digunakan buat melakukan pengawasan di atas laut oleh Angkatan Udara Amerika Serikat. Sebab drone buatan Northrop Grumman ini dibekali dengan kamera definisi tinggi dan inframerah yang bisa digunakan untuk mengumpulkan data sebanyak-banyaknya.

Amerika Serikat sebenarnya memiliki beberapa drone yang masuk kategori mematikan. Penasaran apa aja dan berapa harga drone tersebut? Berikut ini ulasannya seperti yang dikutip dari Army Technology.

Baca juga: Intip Harga 7 Alutsista TNI yang Canggih, Salah Satunya Jet Termahal di Dunia!

1. MQ-8B Fire Scout

harga drone
MQ-8B Fire Scout. (Northropgrumman.com)

Northrop Grumman memang dikenal sebagai salah satu perusahaan terbuka di Amerika Serikat yang memproduksi peralatan tempur. Selain drone RQ-4 Global Hawk, perusahaan ini juga memproduksi drone mematikan, yaitu MQ-8B Fire Scout.

MQ-8B Fire Scout dimanfaatkan dalam menjalankan sejumlah misi. Mulai dari melakukan operasi intelijen, pengawasan, menargetkan musuh, pengintaian, serangan udara, memberikan penanda dengan laser, hingga layanan manajemen pertempuran.

Dengan semua kemampuannya tersebut, MQ-8B Fire Scout dipakai buat mendukung pertempuran darat, udara, dan laut. Drone ini sendiri pernah dikerahkan di Afganistan dalam menjalankan misi.

Harga drone MQ-8B Fire Scout yang pertama kali terbang tahun 2000 ini disebut mencapai US$ 14,6 juta atau setara Rp 206,53 miliar. Seperti apa spesifikasi dari drone mematikan ini?

Spesifikasi Drone MQ-8B Fire Scout
Panjang (length) 7,3 m
Lebar (width) 1,9 m
Tinggi (height) 2,9 m
Diameter rotor (rotor diameter) 8,4 m
Blades folded forward 9,2 m
Berat (weight) 1.428,8 kg
Tenaga penggerak (propulsion) Rolls Royce 250-C20W Turboshaft
Kecepatan (speed) 85 knots
Batas tertinggi (ceiling) 3,8 km
Daya tahan (endurance) 7,75 jam

Baca juga: Ini Teknologi Mutakhir Kapal Selam Indonesia Alugoro 405 Seharga Rp 1,5 Triliun

2. Predator C Avenger

harga drone
Predator C Avenger. (ga-asi.com)

Drone buatan General Atomics Aeronautical ini menjadi salah satu drone mematikan lainnya yang dimiliki militer Amerika Serikat. Harga drone Predator C Avenger per unitnya disebut-sebut mulai dari US$ 12 juta – US$ 15 juta atau sekitar Rp 169 miliar – Rp 212 miliar.

Predator C Avenger sendiri jadi andalan dalam operasi dengan taktik ‘swarm’. Terus, pesawat tanpa awak ini bisa melakukan pengawasan di area yang luas, baik darat maupun laut, dan menjalankan operasi militer yang menantang.

Sama seperti MQ-8B Fire Scout, drone Predator C Avenger yang pertama kali terbang pada 4 April 2009 ini dipasangi berbagai senjata. Salah satunya bisa membawa rudal Hellfire. Berikut ini adalah spesifikasi dari Predator C Avenger.

Spesifikasi Drone Predator C Avenger  
Panjang sayap (wingspan) 20 m
Panjang (length) 13 m
Berat kotor lepas landas (gross takeoff weight) 8.255 kg
Ketinggian maksimum (maximum altitude) 15.240 m
Muatan (payload) 2.948 kg (total)
Daya tahan maksimal (maximum endurance) 18 jam
Kecepatan udara maksimal (maximum air speed) 400 KTAS
Senjata (weapons) Hellfire missiles, GBU-12/49, GBU-31 GBU-32, GBU-38 JDAM GBU-39, GBU-16/48

Baca juga: Capai Rp 38 Triliun! Ini 5 Senjata Mematikan Termahal di Dunia

3. Gray Eagle UAS

harga drone
Gray Eagle UAS. (ga-asi.com)

Drone mematikan lainnya yang menjadi buatan General Atomics Aeronautical adalah Gray Eagle UAS. Harga drone yang terbang pertama kali pada Oktober 2004 ini sekitar US$ 21,5 juta – US$ 31,2 juta atau sekitar Rp 304 miliar – Rp 441 miliar.

Gray Eagle UAS diklaim efisien dalam penggunaan bahan bakar. Drone ini biasanya diandalkan dalam melakukan pengintaian, pengawasan dan menargetkan musuh, hingga melakukan operasi penyerangan.

Pesawat tanpa awak ini mampu terbang dengan ketinggian 29 ribu kaki atau sejauh 8,83 km. Berikut ini adalah spesifikasi dari Gray Eagle UAS.

Spesifikasi Drone Gray Eagle UAS 
Panjang sayap (wingspan) 17 m
Panjang (length) 9 m
Berat kotor lepas landas (gross takeoff weight) 1.633 kg
Ketinggian maksimum (maximum altitude) 8.839,2 m
Muatan (payload) 227 kg
Daya tahan maksimal (maximum endurance) 25 jam
Kecepatan udara maksimal (maximum air speed) 167 KTAS
Senjata (weapons) 4 misil Hellfire

4. Harga drone MQ-9 Reaper (Predator B)

harga drone
MQ-9 Reaper. (ga-asi.com)

Satu lagi nih drone mematikan produksi General Atomics Aeronautical, yaitu MQ-9 Reaper (Predator B). Drone ini berguna banget dalam mendukung operasi militer, apalagi daya tahannya diklaim sangat bagus.

Gak cuma mendukung pertempuran, drone MQ-9 Reaper (Predator B) dilibatkan dalam tugas intelijen buat mengumpulkan informasi-informasi penting. Sejumlah fitur yang terpasang di pesawat tanpa awak ini menjadikannya sebagai drone yang mematikan.

Harga drone MQ-9 Reaper (Predator B) diperkirakan mencapai US$ 15,9 juta atau sekitar Rp 224 miliar. Lebih detailnya mengenai drone bisa kamu lihat dari spesifikasinya berikut ini.

Spesifikasi Drone MQ-9 Reaper (Predator B) 
Panjang sayap (wingspan) 20 m
Panjang (length) 11 m
Berat kotor lepas landas (gross takeoff weight) 4.763 kg
Ketinggian maksimum (maximum altitude) 15.240 m
Muatan (payload) 1.361 kg
Daya tahan maksimal (maximum endurance) 27 jam
Kecepatan udara maksimal (maximum air speed) 240 KTAS
Senjata (weapons) Misil Hellfire, GBU-12 laser-guided bombs, GBU-38 JDAM, GBU-49 laser-JDAM

Itulah beberapa drone mematikan yang digunakan militer Amerika Serikat. Walaupun harga drone di atas gak semahal harga Global Hawk yang jatuh, kemampuan tempur yang dimiliki itulah yang bikin drone-drone di atas berbahaya. 

Pantas aja ya militer AS dibilang yang terkuat. Drone-drone yang dimilikinya aja bisa dipakai buat perang. Gimana menurutmu? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →