Ditawarkan ke Singapura, Ini Kehebatan Tank Rp 49 Miliar Milik Israel yang Mematikan

tank israel

Dari sekian banyaknya tank yang diproduksi beberapa negara di dunia, tank Israel digolongkan sebagai tank yang berbahaya dan paling mematikan di dunia. Contohnya adalah Merkava Mark IV, yang menjadi kendaraan tempur andalan militer Israel.

Kabarnya, tank bikinan Israel ini memiliki keunggulan yang setara dengan tank T-40 Rusia dan M1 Abrams Amerika Serikat. Main Battle Tank (MBT) Merkava Mark IV sendiri merupakan generasi lanjutan dari Merkava.

Ketangguhan tank Merkava pernah teruji saat meletusnya Perang Lebanon tahun 1982. Saat itu tank ini diklaim melancarkan banyak serangan tanpa mengalami kerusakan sedikit pun.

Menarik buat disimak, memangnya seberapa hebat tank Israel ini sampai-sampai dapat status sebagai tank mematikan? Cari tahu yuk dalam ulasan berikut ini.

Baca juga: Bernilai Triliunan Rupiah, Ini Kecanggihan F-22 Raptor yang Disiagakan Militer AS

Dengan nilai per unit US$ 3,5 juta atau Rp 49 miliar, seperti ini lho kehebatan tank Israel Merkava Mark IV

tank israel
Tank Merkava. (Shutterstock)

Walaupun pertama kali digunakan saat Perang Lebanon tahun 1982, pengembangan tank Merkava sebenarnya telah dimulai sejak tahun 1970. Barulah pada tahun 1979, tank ini mulai dimanfaatkan militer Israel.

Dalam perjalanannya, ada empat varian tank Merkava yang dikembangkan, yaitu:

  • Merkava Mark I yang diproduksi dari 1979 – 1983.
  • Merkava Mark II yang diproduksi dari 1983 – 1989.
  • Merkava Mark III yang diproduksi dari 1990 – 2002.
  • Merkava Mark IV yang diproduksi sejak 2003.

Nah, jumlah tank Merkava Mark IV yang diproduksi mencapai 360 unit. Nilai per unit tank Israel ini disebut-sebut mencapai US$ 3,5 juta atau sekitar Rp 49 miliar. 

Dengan harga yang tembus puluhan miliar rupiah, tank Merkava Mark IV punya kemampuan terbaik dalam menjamin keselamatan para awak yang mengoperasikannya. Malahan, dibanding generasi-generasi sebelumnya, tank milik Israel yang satu ini “lebih pintar”.

Asal tahu aja nih, tank Merkava Mark IV dalam pengembangan terakhirnya telah dipasangi kecerdasan buatan atau artificial intelligence. Tank Israel ini juga telah dilengkapi dengan sistem sensor yang canggih sehingga bisa menyerang target dengan akurat dan lebih cepat.

Salah satu inovasi terbaru yang terpasang dalam Merkava Mark IV adalah helm Iron View VR. Dengan helm ini, awak tank bisa melihat area 360 derajat. Tentu aja keberadaan fitur ini sangat membantu. Sebab awak Merkava Mark IV bisa menyadari keberadaan musuh lebih cepat.

Selain kecanggihan fitur-fitur terbarunya, keunggulan tank ini juga terletak pada rudal antitank yang dimilikinya. Rudal yang dikenal sebagai Laser homing attack missile (LAHAT) disebut-sebut bisa menghancurkan target dalam jangkauan 8.000 meter.

Selain itu, tank Merkava Mark IV juga dilengkapi sistem pengendali kebakaran dan light mortar 60 milimeter yang dapat ditembakkan dari turret. Jadi, jangan heran kalau tank ini bisa menyerang musuh yang berada di balik bukit.

Kehebatan tank ini juga masih ditambah dengan perlindungan Trophy Active Protection System (APS). Berkat teknologi ini, serangan antitank yang berpotensi membahayakan Merkava Mark IV bisa terdeteksi dan langsung dicegah.

Semua kecanggihan bikin tank Merkava Mark IV cocok digunakan buat melindungi wilayah dari serangan musuh dan operasi militer kontra-pemberontakan, baik di perkotaan maupun pegunungan.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Baca juga: 4 Drone Mematikan yang Dipakai Militer Amerika Serikat, Harga Segini Mahal Gak?

Seperti apa spesifikasi tank Israel Merkava Mark IV?

tank israel
Tank Merkava. (Shutterstock)

Tank Merkava menjadi tank buatan dalam negeri pertama Israel. MBT ini diproduksi Merkava Tank Office atau MANTAK. Dengan kecanggihan-kecanggihan yang udah disebutkan di atas tadi, berikut ini adalah spesifikasinya seperti yang dikutip dari Tank Encyclopedia.

Spesifikasi Tank Israel Merkava Mark IV
Dimensi 8,63 m x 3,7 m x 2,75 m
Berat total 65 ton
Kapasitas 4 awak dan 6 tentara
Tenaga penggerak (propulsion) 12-cyl 1500 hp (1120 kW) turbocharged diesel
Suspensi (suspension) Helical Spring
Kecepatan maksimum (top speed) 64 km per jam
Persenjataan (armament) 120mm (4.7in) SB MG253 dengan LAHAT ATGM, senjata remote 2 x 7,62 mm, 1 x 60 mm internal mortar
Armor Classified composite

Nah, itu tadi informasi seputar Merkava Mark IV, tank tercanggih bikinan Israel yang diklaim paling mematikan. Menariknya, tank Merkava Mark IV dikabarkan telah ditawarkan ke Singapura dan Kolombia. 

Namun, belum diketahui pasti gimana kelanjutan dari kabar pembelian tersebut. Sebab penggunaan teknologi tempur Amerika Serikat dalam tank Israel Merkava Mark IV memungkinkan Amerika Serikat memveto penjualan tersebut. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →