Dari Tri Rismaharini Sampai JK Rowling, Ini 5 Sosok Ibu yang Inspiratif

hari ibu

hari ibu

Setiap tanggal 22 Desember, di Indonesia memperingati Hari Ibu. Sebagai bentuk penghargaan terhadap sosok ibu yang sangat berjasa di seluruh lini kehidupan. Tanpa ibu, mungkin kamu yang sudah jadi pimpinan tidak akan sesukses sekarang ini.

Namun sejarahnya berbeda, perayaan ini justru ditujukan untuk mengenang jasa kaum perempuan di dalam kemerdekaan Republik Indonesia. Mari kilas balik ke tahun 1928, saat masa-masa Indonesia masih dijajah oleh kolonial Belanda.

Pada 22-26 Desember 1928, Kongres Perempuan pertama digelar di Jogjakarta. Setidaknya, 600 perempuan dari berbagai latar belakang berkumpul di pendopo milik Raden Tumenggung Joyodipoero, yang kini menjadi Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional. 

Dalam kongres tersebut, para perempuan menyuarakan hak-hak mereka dalam bernegara, membahas derajat mereka, berbicara lantang tentang kesetaraan gender, sampai membahas pernikahan dini yang melanggar hak anak-anak. 

Inilah titik tonggak perempuan berani berkumpul dan berorganisasi selama masa penjajahan. Akhirnya di tahun 1953, Presiden Soekarno kemudian menetapkan tanggal 22 Desember sebagai peringatan Hari Ibu di Indonesia. 

Di momen istimewa Hari Ibu ini, MoneySmart mau membagikan sosok-sosok ibu di berbagai belahan dunia yang inspiratif dan bisa dijadikan panutan. 

Baca juga: 10 Wanita Terkaya di Dunia Tahun 2019, Ada yang Hartanya Sentuh Rp 753 Triliun!

1. Tri Rismaharini sosok perempuan yang inspiratif di Hari Ibu

Hari Ibu
Risma sosok ibu yang inspiratif di era digital, (Instagram/@tri.rismaharini).

Siapa yang gak kenal dengan sosok Tri Rismaharini, wanita kelahiran 1961 ini gak cuma peduli terhadap keluarga, tapi juga masyarakat lainnya. Sebagai Walikota Surabaya, ia mencurahkan sebagian besar waktunya untuk membenahi kota dan menciptakan kesejahteraan warga. 

Meski jabatannya sebagai pejabat ia rela turun langsung ke lapangan mengatasi masalah yang terjadi di Surabaya.

Contohnya, baru-baru ini ia sempat turun langsung ke jalanan mengatur kemacetan lalu lintas. Tindakannya itu menuai banyak pujian di linimasa media sosial, gak cuma dari warga Surabaya, tetapi juga dari warga daerah lainnya. 

Berkat kerja kerasnya itu, Bu Risma beberapa kali diganjar penghargaan bergengsi, salah satunya menjadi walikota terbaik nomor tiga di dunia versi The City Mayor Foundation. Wah pantas banget buat jadi sosok inspiratif di Hari Ibu. 

Baca juga: Ini Cerita 5 CEO Wanita yang Jatuh Bangun Besarkan Perusahaan

2. Susi Pudjiastuti 

Hari Ibu
Susi Pudjiastuti sosok yang begitu inspiratif, (Instagram/@susipudjiastuti115).

Sosok inspiratif di Hari Ibu selanjutnya pantas disematkan untuk Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Sebagai wanita, ia adalah sosok yang tegas dan berani menghadapi setiap halangan. 

Salah satu langkah beraninya adalah menenggelamkan kapal-kapal asing yang berani menangkap ikan secara ilegal di perairan Indonesia. Langkahnya itu membuat geram berbagai pihak, termasuk dari negara-negara sahabat. 

Meski dikecam banyak pihak, ia tak gentar dan tetap melakukan sampai masa jabatan berakhir, demi kelestarian alam bawah laut Indonesia. 

Dan terbukti langkahnya itu ikut menyejahterahkan nelayan-nelayan pribumi. Berangsur-angsur hasil tangkapan mereka menjadi melimpah dan biota laut terjaga. 

Baca juga: Ada yang Berharta Rp 14 T, 5 Wanita Ini Sukses Jadi Miliarder dari Bisnis Kecantikan!

3. Angelina Jolie 

Hari ibu
Mantan pasangan Brad Pitt, Angelina Jolie dikenal sosok perempuan dan ibu yang inspiratif, (Instagram/@angelinajolie_offiicial).

Pemeran Lara Croft di film Tomb Raider ini layak jadi sosok ibu yang inspiratif. Selain sebagai artis top dunia, ia juga aktif di berbagai kegiatan kemanusiaan. 

Berbagai negara krisis sampai miskin pernah ia kunjungi, mulai dari Kamboja, Ethiopia, Vietnam, dan berbagai negara Afrika lainnya. Selama menjabat sebagai Duta Besar PBB, ia sudah mengunjungi ke lebih dari 30 negara untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. 

Mantan pasangan Brad Pitt ini juga kerap mengadopsi anak-anak yang membutuhkan dari berbagai negara. 

4. Princess Diana 

Hari ibu
Lady Diana sosok ibu dan perempuan yang inspiratif hingga kini, (Instagram/@lady.diana._).

Meski sosoknya sudah tidak ada, Princess Diana masih menjadi sosok ibu yang inspiratif bagi seluruh dunia. Princess Diana merupakan mantan istri dari Pangeran Charles, putra mahkota Britania Raya, sekaligus ibu dari Pangeran William dan Pangeran Harry. 

Meski sebagai anggota Kerajaan Inggris, ia turut aktif di berbagai kegiatan amal. Salah satu fokus perhatiannya adalah mengenai kesejahteraan dan pemenuhan hak-hak anak-anak. 

Princess Diana menjadi salah satu pencetus terciptanya rumah sakit anak dan pemenuhan hak bagi anak-anak terlantar di seluruh dunia. 

Saat Diana meninggal akibat kecelakaan, kegiatan amalnya tersebut diteruskan oleh anak-anaknya Prince William dan Harry. 

5. JK Rowling 

hari ibu
JK Rowling sosok ibu yang sangat inspiratif di dunia, (Instagram/@jkrowling01).

Sosok inspiratif di Hari Ibu selanjutnya ada JK Rowling. Penulis novel Harry Potter ini memiliki masa lalu yang sangat kelam. Ia harus membesarkan anaknya sendirian di tengah kondisi perekonomian yang sulit. 

Beruntung, nasibnya berangsur-angsur membaik ketika novel Harry Potter mulai membludak dan difilmkan. 

Berkat pengalamannya yang tidak mengenakkan itu, kepekaannya terhadap kegiatan amal meningkat. Kini JK Rowling menjadi presiden di organisasi Gingerbread, sebuah organisasi yang aktif membantu orang tua tunggal dan anak-anaknya untuk bisa hidup lebih sejahtera. 

Itulah 5 sosok ibu inspiratif yang bisa dijadikan panutan di Hari Ibu. Tapi, setiap orang tentu memiliki sosok inspiratifnya masing-masing, salah satunya pasti ibumu sendiri kan. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)