Hari Raya Jangan Bete, Sekarang Karyawan Baru Bisa Dapat THR

karyawan baru bisa dapat thr thmb

Kehangatan saat berkumpul bersama keluarga di hari raya tentu sangat dinantikan semua orang. Selain melepas rindu di kampung halaman, hari raya juga jadi momen perbaikan diri dan berbagi kebahagiaan.

 

Tapi selain hal-hal di atas, pasti kamu juga menunggu sesuatu yang lain. Hayo, apalagi kalau bukan tunjangan hari raya alias THR.

 

Bisa dibayangkan dong kalau hari raya gak dapet THR. Rasanya kok ada yang kurang gitu, kayak sayur hambar.

 

Tenang, kamu gak sendirian kok. Di luar sana juga ada jutaan orang yang nungguin THR.

 

[Baca: Nabung Masih Sebatas Niat? Simak Nih Trik Menabung Uang untuk Si Boros]

 

Masa Kerja 1 Bulan Sudah Bisa Ngantongin THR

Kabar menggembirakan datang dari Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi nih. Pada 8 Maret 2016, Kementerian tersebut resmi menerbitkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 6/2016 tentang Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

 

Hasilnya, karyawan dengan masa kerja satu bulan sudah berhak mendapatkan THR. Peraturan baru tersebut resmi menggantikan Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. PER.04/MEN/1994 yang sebelumnya menetapkan karyawan untuk menempuh masa kerja tiga bulan sebelum bisa dapat THR.

 

Wah berkah dong kalau gitu. Sekarang karyawan baru bisa dapat THR dong. Gak bakal manyun lagi kalau merayakan hari raya di kampung.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

 

karyawan baru bisa dapat thr

Hitung-hitung. Jangan sampai duit THR yang diterima kurang ya

 

 

Yup, menurut pihak kementerian, aturan tersebut berlaku bagi seluruh pekerja dengan masa kerja dan status apa pun. Asalkan itu tadi, masa kerjanya telah melewati satu bulan.

 

Jadi mau itu karyawan masih masa percobaan kek, training kek atau kontrak kek, tetap dapat THR. Kalau perusahaan menolak, siap-siap ada konsekuensi.

 

Soalnya, dalam peraturan tersebut, diatur juga mengenai pengawasan pelaksanaan pembayaran THR yang dilakukan oleh pengawas ketenagakerjaan serta adanya sanksi berupa denda dan sanksi administratif terhadap pengusaha dan perusahaan yang melakukan pelanggaran.

 

Untungnya lagi peraturan ini gak banyak menuai kontroversi. Pasalnya, peraturan ini sudah disosialisasikan ke serikat buruh/pekerja, asosiasi pengusaha dan pemerintah. Jadi ya tinggal tunggu eksekusinya saja.

 

[Baca: Punya Gaji 2 Juta Cukup Gak Sih Bertahan Hidup di Jakarta?]

 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Cara Menghitung THR

Kalau karyawan yang sudah kerja selama 1 tahun atau lebih sih udah jelas ya. THR sudah pasti dihitung full 1 bulan gaji.

 

Lantas gimana dong dengan perhitungan karyawan yang masa kerjanya di bawah 1 tahun? Kalau menurut peraturan tersebut, penghitungannya masih dihitung secara proporsional.

 

karyawan baru bisa dapat thr

Sudah ada peraturannya. Kalau perusahaan ngeyel gak mau bayar THR, langsung protes saja

 

 

Begini rumus hitungnya:

jumlah masa kerja dibagi 12 bulan dikali 1 bulan upah

 

Contohnya nih, Amie baru bekerja selama 1 bulan, gajinya adalah Rp 5 juta. Perhitungan THR-nya adalah:

 

1/12 x Rp 5 juta = Rp 416.666

 

Enaknya THR Buat Apa Ya…

Jadi berapapun THR yang kamu terima, ya tetap harus dioptimalkan. Memang sih, kamu gak bisa leluasa untuk membeli oleh-oleh atau angpau. Tapi bukan berarti terus kamu nelangsa.

 

Banyak kok cara memanfaatkan THR. Mungkin investasi atau menabung sudah terdengar basi. Tapi jangan pernah menyepelekan investasi.

 

Dengan modal ratusan ribu rupiah, investasi macam deposito, reksa dana atau emas sudah bisa loh kamu lakukan. Jadi THR jangan cuma numpang lewat doang ya, maksimalkan dana berapapun yang kamu terima.

 

Kesimpulannya, sekarang gak usah khawatir gak dapat THR. Wong tunjangan tersebut adalah hak pekerja yang diakumulasi secara bulanan. Jadi kalau perusahaan gak mau memberi THR, kamu bisa protes.

 

[Baca: Tunjangan Hari Raya Jangan Cuma Buat Belanja, Tapi Juga Buat Nambah Pundi-Pundi]

 

 

 

Image credit:

  • http://www.teropongbisnis.com/wp-content/uploads/2013/07/Bisnis-Bermodalkan-Tunjangan-Hari-Raya-1.jpg
  • https://sonyelmars.files.wordpress.com/2014/09/demo-thr-130805b.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →