Hati-Hati, Ini 5 Masalah Keuangan yang Bisa Bikin Rumah Tanggamu Retak

bikin rumah tanggamu retak

Siapa sih yang mau pernikahannya bertahan seumur jagung alias cuma sekejap? Setiap orang yang menikah pasti ingin langgeng membina biduk rumah tangga dong.

Tapi kenyataan memang gak seindah angan-angan. Realitanya, gak ada pernikahan yang mulus tanpa kendala. Dan faktor ekonomi disebut-sebut sebagai faktor nomor satu penyebab utama perceraian lho.

Jadi salah banget kalau gak pernah serius ngurus keuangan ketika udah berkeluarga. Sebab kalau masalah keuangan udah kronis, ujungnya bisa berakhir di meja hijau. Mau?

Supaya bisa antisipasi, simak nih lima masalah keuangan yang bisa bikin rumah tanggamu retak. Ayo diatasi dengan serius!

1. Banyak utang

Utang adalah hal yang susah dihindari dalam kehidupan kita sehari-hari. Demikian juga saat sudah berumah tangga.

bikin rumah tanggamu retak
Utang yang gak terukur tentu bisa bikin keadaan jadi semrawut (suami istri ribut/empowher)

Siapa yang gak stres kalau punya utang bejibun dan gak kunjung lunas? Pastinya bakal pusing tujuh keliling mencari segala macam cara buat ngelunasin. Dan parahnya lagi kalau memilih solusi gali lubang tutup lubang. Utang gak berkurang, stres iya.

Kalau hidup sudah terbelit utang, wajar kalau jadi sering marah-marah dan tertekan. Ini juga yang bakal kejadian sama pasangan suami-istri. Dikit-dikit berantem karena masalah utang, hubungan pun jadi makin gak harmonis.

Ingat ya, rasio utang yang ideal tuh gak lebih dari 30 persen total penghasilan. Celakanya, gak sedikit kasus perceraian suami istri dipicu karena utang yang gak proporsional. Sayang sih sayang, cinta sih cinta. Tapi kalau sudah menyangkut soal utang, negara saja bisa hancur bro!

2. Ketimpangan jumlah penghasilan

Ketimpangan gaji antara suami-istri juga bisa jadi masalah serius lho. Ini biasanya terjadi kalau gaji istri yang lebih besar sampai berkali-kali lipat gaji suami.

Emang sih gak semua pasangan bermasalah dengan hal ini, tapi bagi sebagian orang, ini merupakan hal yang sangat sensitif dan berpotensi menyebabkan keretakan. Kalau gak pintar-pintar menyikapinya, bukan gak mungkin ini jadi bom waktu.

Kalau kamu dan pasangan termasuk yang mengalami hal ini, saling pengertian dan toleransi adalah kuncinya. Mau suami atau istri yang penghasilannya lebih besar, harusnya gak jadi masalah selama kebutuhan keluarga terpenuhi dengan baik.

Lagian sekarang bukan zamannya Siti Nurbaya lagi guys! Perempuan dan laki-laki posisinya udah setara, termasuk untuk urusan gaji. Jadi buat para suami yang merasa gajinya lebih kecil, gak usah minder dan gengsi. Para istri juga jangan gede kepala dan di atas angin. Saling menghargai aja kalau mau kehidupan pernikahan langgeng dan harmonis.

3. Gak ada keterbukaan soal cashflow

Keterbukaan antara suami dan istri adalah salah satu faktor penting yang menentukan keutuhan rumah tangga. Apalagi kalau sudah menyangkut soal keuangan.

bikin rumah tanggamu retak
Kalau dua-duanya gak terbuka soal yang ini, gimana mau harmonis (suami istri saling diam/healthplus)

Penting banget buat saling tahu penghasilan dan pengeluaran masing-masing, terutama yang menyangkut semua kebutuhan rumah tangga. Gimana mau melacak pengeluaran kalau gak ada catatan keuangan bersama?

Ini penting lho, supaya gak ada rasa curiga antara suami dan istri soal arus kas. Coba kalau saat pertengahan bulan uang sudah habis, bisa jadi suami-istri saling menyalahkan dan tuding-tudingan.

Ini juga berlaku soal penghasilan masing-masing. Saat sudah berkomitmen membina biduk rumah tangga, seharusnya sudah gak ada rahasia di antara pasangan. Ini maksudnya bukan untuk mengontrol atau mengendalikan pasangan, tapi untuk mengelola keuangan bersama.

4. Boros

Menerapkan gaya hidup boros alias menghambur-hamburkan uang udah pasti bakal jauh sama yang namanya kebebasan finansial. Kalau sikap kayak gini dipelihara terus, jangan harap bisa jadi orang kaya.

Dalam rumah tangga, sikap boros juga bakal membawa masalah. Soalnya, orang boros udah pasti bakal susah nabung. Kalau susah nabung, ya jelas masa depan keluarga bakal terancam. Apalagi kalau udah sampai berutang sana-sini. Wah, suram deh.

Bayangin kalau anak sakit atau mau masuk sekolah tapi orangtua gak punya tabungan. Di sisi lain, belanja konsumtif kenceng banget tiap bulan. Ujung-ujungnya suami-istri bakal ribut karena masalah ini.

Suami-istri itu sejatinya bisa saling mengingatkan kalau ada salah satu yang punya kebiasaan negatif. Jadi kalau kamu atau pasanganmu punya kebiasaan boros, ya harus diingatkan. Yang ditegur juga harus mau memperbaiki diri. Toh ini buat kebaikan rumah tanggamu sendiri lho.

5. Gak punya rencana keuangan bersama

Anggap saja rencana keuangan itu layaknya peta yang menjadi panduan kita untuk pergi ke tempat tujuan. Nah, kalau gak ada peta atau arahan, bisa nyasar dong.

bikin rumah tanggamu retak
Perasaan duit kok cepat banget habis ya (bingung/Herald Sun)

Bisa jadi tiba di tempat tapi dalam jangka waktu yang lama. Atau malah gak sampai-sampai dan terus-terusan nyasar alias tersesat.

Bahaya banget kalau gak punya rencana keuangan dalam keluarga. Semua uang yang dihasilkan bisa habis gak jelas untuk hal-hal yang bukan prioritas. Akibatnya, tujuan keuangan keluarga pun gak ada yang tercapai dan malah jadi membawa pertengkaran.

Emang bener kalau gak ada rumah tangga yang bebas dari masalah, apalagi masalah keuangan. Tapi kalau suami dan istri memiliki rencana keuangan yang jelas dan disiplin mengatur finansial, masalah seperti apa pun pasti bisa diselesaikan.

Yang bahaya itu kalau gak peduli sama keuangan rumah tangga dan gak sadar akan pentingnya pengelolaan keuangan bersama. Jangan sampai kita termasuk di dalamnya ya!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Kalau Udah Berkeluarga, Cari Kartu Kredit yang Kayak Gini Nih]

[Baca: Lakukan 5 Langkah Ini Supaya Bisnis Keluarga Bertahan Lama dan Bebas Drama]

[Baca: Apa Pantas Suami Mengatur Keuangan Keluarga?]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →