7 Helikopter Militer Termahal Dunia yang Pernah Dibuat, Ada yang Rp 1,3 T!

helikopter militer

Dalam menunjang kebutuhan operasional Alat Utama Sistem Pertahanan (alutsista) suatu negara, dibutuhkan alat yang super canggih, termasuk armada udara seperti helikopter militer. Dari sekian banyak tipe dan negara yang membuatnya kira-kira mana aja ya yang harganya paling mahal?

Seiring semakin majunya teknologi di bidang militer dunia, helikopter juga memiliki fitur-fitur canggih, mulai dari mesin, material bahan, hingga sistem persenjataan yang gak kalah sama pesawat tempur.

Gak cuma dari sisi teknologi dan fiturnya doang, pemanfaatannya pun sekarang udah merambah ke isu sosial seperti penyelamatan korban bencana hingga mengangkut para pengungsi yang terombang-ambing di lautan.

Semua kegunaan tersebut bisa dipastikan membutuhkan riset pengembangan serta biaya yang gak sedikit untuk merakitnya. 

Gak percaya? Mending kita langsung lihat aja nih 6 helikopter militer termahal di dunia yang pernah dibuat berikut ini:

Baca juga: Disebut Paling Berbahaya, Ini Lho Pesawat Tempur Amerika Seharga Rp 29 Triliun

7. Helikopter Mil Mi-35 – Rp 509 miliaran

helikopter militer
Mil Mi-35. (Shutterstock)

Mengutip dari Miitary Machine, di urutan paling bawah ada Mil Mi-35 yang dibuat oleh pemerintah Russia pada tahun 2005 yang lalu. Sejatinya, ini merupakan pengembangan dari Mi-24 atau varian sebelumnya. Hanya saja, Mi-35 diproduksi untuk diekspor. 

Armada ini khusus dibuat untuk pertarungan jarak rendah dan melindungi para tentara yang sedang baku tembak di tanah. Mi-35 juga bisa mengangkut prajurit yang telah selesai melakukan tugasnya di daratan. 

Satu buah Mi-35 dibanderol dengan harga sekitar Rp 509 miliaran.

Baca juga: Bernilai Triliunan Rupiah, Ini Kecanggihan F-22 Raptor yang Disiagakan Militer AS

6. Denel Rooivalk – Rp 565 miliaran

helikopter militer
Denel Rooivalk. (Wikimedia Commons/Creative Commons)

Selanjutnya ada Denel Rooivalk yang dibangun oleh pemerintah Afrika Selatan pada tahun 1991 dan baru diperkenalkan di publik pada 2011 lalu.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Denel Rooivalk adalah kegesitannya dalam bermanuver di udara. Pilot yang mengendarainya pun harus berasal dari skuadron 16 Bloemspruit Air Base yang menguasainya dengan baik.

Negara yang pengin membelinya harus mengeluarkan kocek mencapai Rp 565 miliaran per unitnya.

Baca juga: 4 Drone Mematikan yang Dipakai Militer Amerika Serikat, Harga Segini Mahal Gak?

5. Eurocopter Tiger – Rp 577 miliaran 

helikopter militer
Eurocopter Tiger. (Shutterstock)

Duduk di posisi kelima ada helikopter Eurocopter Tiger yang dibuat oleh perusahaan asal Perancis dan Jerman. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Eurocopter Tiger sendiri udah dibuat dari tahun 1997 namun baru diperkenalkan ke publik pada tahun 2003. Spesialisasinya adalah untuk operasi anti tank dan pertarungan jarak dekat di udara. 

Alutsista yang satu ini dijual dengan harga Rp 577 miliaran setiap unitnya. 

4. Sikorsky Sea Hawk – Rp 606 miliaran

helikopter militer
Sikorsky Sea Hawk. (Shutterstock)

Datang dari Negeri Paman Sam ada produsen Sikorsky Aircraft yang membuat heli Sea Hawk ini. Helikopter ini pertama kali diperkenalkan ke dunia pada tahun 1984 dan masih dipakai sampai hari ini. 

Nilai jual utama dari Sea Hawk adalah kemampuannya dalam pertarungan maritim atau di wilayah yang banyak memiliki pulau. Selain itu juga Sea Hawk mampu menjalankan misi penyelamatan.

Satu unit Sea Hawk dijual di pasar dunia dengan harga Rp 606 milaran.

3. Helikopter NH-90 – Rp 705 miliaran

helikopter militer
NH-90. (Shutterstock)

Masuk di urutan 3 termahal ada NH-90 keluaran NHIndustries, anak perusahaan Airbus Helicopters. Heli ini dibuat khusus untuk kebutuhan operasional organisasi NATO di Eropa dan mulai diperkenalkan pada tahun 2007.

Mirip seperti Sea Hawk, NH-90 memiliki keunggulan untuk menjelajahi pulau-pulau kecil dan lautan. Ada sekitar 13 negara yang memilikinya pada hari ini.

Satu unit NH-90 dibanderol dengan harga Rp 705 miliaran. 

2. Helikopter Boeing V22 Osprey – Rp 1 triliunan

helikopter militer
V22 Osprey. (Shutterstock)

Sebagai runner up ada V22 Osprey yang dibuat oleh perusahaan Boeing pada tahun 2007. Sebelumnya, armada ini udah sempat mengalami pengembangan yang cukup lama dari tahun 1980-an.

Yang paling bikin beda adalah desain baling-balingnya yang berada di samping kiri kanan sehingga memungkinkan kendaraan ini untuk mendarat dengan cepat serta efisien.

Boeing V22 Osprey dipasarkan dengan harga sekitar Rp 1 triliunan.

1. Sikorsky CH-53K King Stallion – Rp 1,3 triliunan

helikopter militer
Sikorsky King Stallion. (Shutterstock)

Berada di posisi puncak ada Sikorsky CH-53K King Stallion yang dibuat perusahaan Sikorsky Aircraft untuk korps marinis Amerika Serikat semenjak tahun 2014. Bahkan sampai hari ini masih dalam tahap penyempurnaan sebelum dijual.

Bobotnya yang besar membuat para insinyur harus menyematkan 2 mesin berkekuatan masing-masing 750 tenaga kuda agar bisa menempuh kecepatan maksimal 170 knot di udara. Tujuan utama dibuatnya yaitu untuk mengangkut berbagai macam peralatan yang berat.

Kalau udah jadi, diperkirakan sebuah Sikorsky CH-53K King Stallion bisa dipinang dengan mahar Rp 1,3 triliunan.

Nah itulah deretan helikopter militer termahal yang ada di dunia saat ini. Terlihat bahwa Amerika Serikat masih mendominasi dengan menyisipkan 2 nama dalam daftar tersebut. Kira-kira Indonesia kapan punya yang seperti itu ya? (Editor: Ruben Setiawan)

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →