Helm Motor: Jenis, Cara Memilih dan Daftar Harganya di 2020

helm

Helm adalah alat pelindung kepala saat berkendara roda dua. Selain surat kendaraan yang perlu dilengkapi, helm motor juga menjadi item lain yang wajib digunakan untuk keselamatanmu selama berkendara.

Helm didesain untuk melindungi kepala pengendara jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Dengan menggunakan helm motor, bukan hanya memenuhi standar keselamatan berkendara saja, namun juga memberikan estetika yang baik.

Seperti diatur dalam peraturan lalu lintas demi keselamatan pengendara, maka helm motor harus selalu digunakan saat berkendara.

Bahaya yang ditimbulkan juga akan berkurang jika kamu memakai helm motor yang memenuhi ketentuan standar nasional Indonesia (SNI). Artinya, telah melewati ujian standar keselamatan berkendara seperti ditetapkan pemerintah.

Pentingnya memakai helm motor saat berkendara

Desain motor memungkinkan pengendara bisa terjatuh jika terjadi sesuatu saat berkendara. Karena itu, pengendara motor harus memakai helm sebagai pengaman untuk menjaganya.

Begitu krusialnya fungsi item satu ini membuat kamu tidak boleh mengabaikannya. Sehingga, ketika terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan, kamu tetap terlindungi dengan baik.

Bukan hanya untuk berjaga-jaga jika terjadi kecelakaan motor, tetapi kamu juga akan terlindungi dari angin dan debu saat sedang melaju dengan cepat.

Dengan benda satu ini, kepala kamu akan terlindungi. Selain melindungi mata dan wajah dari kotoran, debu, hingga jatuhan benda keras, juga bisa menjadi pelindung dari teriknya panas matahari dan menahan derasnya air hujan.

Buat kamu yang ingin membeli pelindung kepala satu ini, tentu saja harus mengetahui jenis-jenisnya hingga harga terbaru penutup kepala yang satu ini. Mari kita simak dalam pemaparan berikut.

Jamin keuangan keluarga dengan asuransi jiwa. Berkat manfaat dari asuransi jiwa, keluargamu tidak mengalami kesulitan finansial seandainya ditinggalkan.

Jenis-jenis helm motor

Helm motor memiliki berbagai desain, dan jenis. Berikut ini jenis pelindung kepala untuk kendaraan roda dua yang paling banyak ditemukan di Indonesia:

1. Half Face

Ini merupakan pelindung kepala yang banyak digunakan pengendara sepeda motor. Pelindung kepala jenis ini memiliki penutup kaca depan hanya setengah wajah saja dan tidak menutupi seluruh wajah.

Karena itu, half face kurang mampu untuk melindungi wajah dari debu dan kotoran secara maksimal.

2. Full Face

Memiliki kaca yang menutup semua wajah hingga leher membuat jenis penutup kepala satu ini diklaim yang paling aman dibandingkan produk lainnya. Full Face mampu melindungi wajah dari debu, kotoran, panas dan hujan.

3. Cetok atau ciduk

Pelindung kepala satu ini biasa digunakan oleh pekerja proyek bangunan. Bentuknya mirip topi dan digunakan di bagian kepala atas saja.

Tipe ini tidak disarankan untuk digunakan sebagai pelindung kepala bagi pengendara motor, karena bentuknya tidak menutupi kuping dan seluruh bagian kepala.

Selain ketiga jenis tersebut, kamu bisa menyesuaikan item ini dengan gayamu sendiri.

Dapatkan penutup kepala custom yang bisa kamu buat sesuai dengan keinginanmu, baik model retro hingga karakter untuk anak bisa mendukung penampilan saat berkendara.

Helm motor tingkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara

Helm motor mampu menemani pengendara sepeda motor untuk berkendara dengan aman dan nyaman.

Melindungi kepala dari terjadi benturan saat terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan, pelindung kepala ini juga bisa meminimalkan beragam risiko ketika berkendara.

Pastikan helm motor kamu tetap bersih

Helm motor tetap membutuhkan perawatan agar tetap nyaman dan bersih digunakan. Karena langsung bersentuhan engan rambut dan kulit kepala, keringat sering menempel di pelindung kepala.

Jika dibiarkan terlalu lama, maka akan membuatnya kotor dan berbau tidak sedap.

Untuk menjaga kebersihannya, cuci penutup kepalamu secara berkala ke jasa pencucian ataupun mencucinya sendiri.

Lalu, kamu bisa menyimpan item pelindung kepala itu di tempat dengan sirkulasi udara yang tidak lembap. Saat menyimpannya, biarkan kacanya terbuka.

Cara memilih helm

Bagaimana cara memilih helm berkualitas yang baik? Berikut ini beberapa tipsnya:

  • Pilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan
  • Pilih yang sesuai dengan ukuran kepala
  • Pilih bentuk yang sesuai fungsinya
  • Perhatikan standar keamanan
  • Pilih yang berkaca bening
  • Pilih yang sudah berlisensi SNI atau DOT
  • Lengkapi dengan kunci.

Berbagai helm motor unik yang cocok untuk kamu

Bentuk pelindung kepala ini memang menutupi bagian kepala, hingga wajah. Desain ini bertujuan untuk melindungi bagian kepala secara maksimal agar terhindar dari benturan keras yang terjadi di kepala.

Sebagian pelindung kepala ini juga menutupi wajah untuk memaksimalkan perlindungan. Desain ini tentunya memiliki model tertutup dan mudah lembap.

Kamu hanya tinggal memilih berbagai pelindung kepala unik yang cocok untuk kamu.

Helm motor SNI untuk keselamatan bersama

Untuk kesalamatan selama berkendara, kamu harus memilih pelindung kepala yang telah memiliki standar SNI yang telah melewati serangkaian tes keselamatan kelengkapan berkendara.

Item pelindung kepala ini memang mudah didapatkan di pasaran, baik toko ritel online maupun offline.

Kamu bisa memilih beberapa merek seperti KYT, INK, AGV, NHK, dan lainnya dengan kisaran harga murah hingga mahal.

Daftar harga helm

Berikut ini adalah sembilan rekomendasi pelindung kepala kualitas baik lengkap dengan daftar harganya di 2020:

1. Ink Metro 2

Ink Metro 2 memiliki fitur canggih berupa double visor dan anti theft, yang dapat kamu gunakan untuk menghindari terjadinya pencurian.

Ink Metro 2 juga dilengkapi dengan reflektor yang terletak di bagian belakang yang dengan mudah dapat terdeteksi pengguna.

Gak cuma itu saja, pelindung kepala satu ini juga memiliki fitur alphabet yang bisa kamu pakai untuk menulis inisial nama. Sehingga, membuat pelindung kepala milikmu tidak mudah tertukar dengan penutup kepala milik orang lain.

Sudah bersertifikat SNI dan DOT, kamu harus menyiapkan Rp390 ribu untuk memilikinya.

2. NHK R1 Solid

NHK R1 Solid hadir dalam bentuk half face dan kaca double visor, yaitu fitur yang dapat membantumu terhindar dari panas matahari langsung.

Berstandar SNI dan DOT, pelindung kepala ini telah dilengkapi anti UV yang berfungsi melindungi penglihatan serta ventilasi udara, sehingga membuat pelindung kepala ini terasa lebih sejuk dan nyaman ketika digunakan.

Buat kamu yang ingin memilikinya, bisa menyiapkan dana sebesar Rp314 ribu.

3. New Imprezza Solid

Dilengkapi dengan fitur double visor, UV protector dan antigores, New Imprezza Solid memiliki fitur unggulan berupa antikabut yang berfungsi untuk memperjelas penglihatan pengemudi ketika terjadi kabut.

Berstandar SNI dan DOT, kamu cukup merogoh kocek Rp332 ribu untuk bisa mendapatkan helm satu ini.

4. KYT DJ Maru

KYT DJ Maru menjadi favorit anak muda. Pasalnya, selain dibanderol dengan harga Rp300 ribu, pelindung kepala ini juga memiliki tampilan desain yang stylish.

Berstandar nasional Indonesia (SNI) dan DOT, pelindung kepala berfitur half face dilengkapi dengan material kualitas tinggi yang sangat kuat dan kokoh. Di dalamnya juga dilengkapi busa yang sangat lembut, sehingga nyaman saat dipakai.

Meski belum dilengkapi fitur double visor, kamu jangan khawatir akan kepanasan saat memakainya. Sebab, pelindung kepala ini memiliki enam lubang ventilasi yang memberikan rasa sejuk saat berkendara.

5. KYT Galaxy Slide

KYT Galaxy Slide dilengkapi dengan fitur yang canggih, di antaranya ventilasi udara. Selain itu, pelindung kepala ini  juga memiliki UV protector dengan bahan polikarbonat antigores.

Selain bebas bakteri, item satu ini juga memiliki fitur quick visor change (QVC) yang dapat memudahkanmu mengganti kaca tanpa memakai alat apa pun.

Pasalnya, comfort liners dan busa pada bagian pipi bisa dilepas dengan mudah dan dibersihkan.

Nah, buat kamu yang tertarik ingin membelinya cukup siapkan uang Rp315 ribu.

6. KYT Hellcat

KYT Hellcat dilindungi dengan UV 380 yang sangat kuat dan memiliki antigores.

Pelindung kepala untuk pemotor ini juga sudah dilengkapi fitur quick visor change (QVC) yang bisa dipakai untuk mengganti kaca yang bening menjadi kaca yang lebih gelap (kaca film) dengan mudah.

Bila tertarik ingin memiliki KYT Hellcat, cukup siapkan uang Rp330 ribu, kamu akan langsung dapat memboyongnya pulang.

7. MDS Zarra

MDS Zarra yang memiliki fitur half face dilengkapi dengan ventilasi udara untuk memberikan rasa sejuk ketika digunakan.

Selain itu, pelindung kepala ini juga memiliki double visor yang akan menghalau sinar matahari.

Memiliki lisensi Standar Nasional Indonesia (SNI), pelindung kepala ini dibanderol sebesar Rp273 ribu.

8. Cargloss Retro

Cargloss Retro menjadi pelindung kepala favorit anak muda. Pasalnya, item satu ini memiliki beberapa keistimewaan, yaitu desain tanpa sudut serta detail kerapian tinggi, mulai dari busa, sisi lis karet, pewarnaan hingga jahitan.

Cukup menyiapkan Rp190 ribu, kamu akan mendapat satu paket helm dan pet saat membeli Cargloss Retro.

9. BOGO Retro

Selain Cargloss Retro, ada juga BOGO Retro dengan fitur half face yang dibanderol seharga Rp120 ribu ini paling laris dan favorit anak muda.

Pasalnya, penutup kepala buatan Indonesia ini bisa membuat tampilan semakin kece dan tetap terlindungi.

BOGO Retro yang memiliki desain variatif dan menarik sangat cocok bagi kamu para pengendara motor klasik.

Capai target tabungan dengan bantuan Kalkulator Menabung Bulanan

Belum tahu berapa besar dana yang harus disisihkan untuk menabung tiap bulannya?

Kalau kamu punya target dana yang ingin dicapai, gunakan Kalkulator Menabung Bulanan Lifepal.

Buat kamu yang bingung ingin mengatasi masalah keuangan, konsultasikan saja kepada pakarnya di Tanya Lifepal.

Pertanyaan seputar helm 

Apa itu helm?

Helm adalah alat pelindung kepala saat berkendara roda dua, didesain untuk melindungi kepala pengendara jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Dengan menggunakan helm motor, bukan hanya memenuhi standar keselamatan berkendara saja, namun juga memberikan estetika yang baik.

Apa saja jenis-jenis helm motor?

Jenis-jenis pelindung kepala untuk kendaraan roda dua ini ada tiga, yaitu:

  • Half Face
  • Full Face
  • cetok atau ciduk.

Bagaimana cara memilih helm motor?

Pastikan memilih pelindung kepala untuk kendaraan roda dua dengan kriteria berikut:

  • Pilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan
  • Pilih yang sesuai dengan ukuran kepala
  • Pilih bentuk yang sesuai fungsinya
  • Perhatikan standar keamanan
  • Pilih yang berkaca bening
  • Pilih yang sudah berlisensi SNI atau DOT
  • Lengkapi dengan kunci.

Apa saja merek helm motor dan berapa harganya?

Kamu bisa memilih beberapa merek seperti KYT, INK, AGV, NHK, dan lainnya dengan kisaran harga murah hingga mahal. Kisaran harganya mulai dari Rp120 ribu sampai Rp390 ribu. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →