Pernah Bikin Soal Kuis Sampai Gagal Nyaleg! Begini Lika Liku Karier Helmy Yahya

helmy yahya

Dewan Pengawas telah menonaktifkan Helmy Yahya sebagai Direktur Utama TVRI, sejak 4 Desember 2019 lalu. Padahal, Helmy diangkat sebagai Dirut TVRI untuk periode 2017-2022.

Mengenai latar belakang keluarnya SK tersebut untuk Helmy Yahya, masih belum diketahui secara pasti. Namun, diketahui berkaitan erat dengan proses penyelenggaraan LPP TVRI

Kini posisi Plt Dirut diisi Direktur Teknik Supriyono. Sementara Helmy diberi waktu selama sebulan untuk memberikan hak jawab terkait isi SK tersebut ke Dewan Pengawas. 

Helmy Yahya
Helmy Yahya (Instagram/@helmyyahya)

Helmy tidak begitu saja menerima, dia berbalik mengirim surat tanggapan ke Dewan Pengawas. Dalam surat itu, dia menuliskan kalau SK tersebut cacat hukum, karena tidak memiliki alasan kuat untuk menonaktifkannya sebagai dirut. 

Gak cuma dirinya saja yang menyayangkan keputusan ini, banyak dukungan dari masyarakat membanjiri sosial medianya. 

Di laman Twitter, banyak yang memuji kepemimpinan Helmy Yahya yang dalam waktu singkat bisa mengubah wajah TVRI jadi lebih modern. 

Helmy Yahya pun diyakini masih sangat mumpuni memimpin TVRI, mengingat track record-nya sebagai entertainer di berbagai stasiun televisi cukup sukses. 

Mengawali karier sebagai manajer Ireng Maulana 

Helmy Yahya
Mengawali karier sebagai manajer Ireng Maulana (Instagram/@helmyyahya)

Helmy memulai karier di industri hiburan sebagai manajer Ireng Maulana sejak tahun 1980-an. Ireng Maulana merupakan musisi jazz kenamaan di era 1980-1990an. 

Grup musik Ireng Maulana All Stars saat itu dipercaya mengisi acara-acara di TVRI, salah satunya “Berpacu Dalam Melodi”. 

Dalam acara tersebut, Helmy bertemu dengan Ani Soemadi yang dijuluki Ratu Kuis di TVRI. Pertemuannya tersebut menjadi pintu masuk baginya di dunia pertelevisian. 

Baca juga: 4 Reality Show Indonesia Ini Biaya Produksinya Mahal, Tapi Tujuannya Mulia

Sempat menjadi pembuat soal kuis sampai floor director 

helmy yahya
Pernah bikin soal kuis sampai jadi floor director (Instagram/@helmyyahya)

Pertemuannya dengan Ratu Kuis membuka jalan baginya berkecimpung di dunia pertelevisian. Berbagai peran dilakoninya, mulai dari pembuat soal untuk kuis sampai menjadi floor director acara. 

Dilihat dari YouTube Sarah Sechan NET, Helmy bercerita saat dirinya menjadi floor director acara “Gita Remaja”, dia pernah bertengkar dengan kakaknya sendiri, Tantowi Yahya yang kala itu sebagai bintang tamunya. 

Mendirikan rumah produksi sendiri 

helmy yahya
Mendirikan rumah produksi sendiri (Instagram/@helmyyahya)

Setelah mengerti seluk-beluk dunia pertelevisian khususnya di dalam acara-acara kuis, akhirnya Helmy mendirikan rumah produksi sendiri yang diberi nama Helmy Yahya Production dan PT Triwarsana. 

Melalui perusahaannya tersebut, dia berhasil menciptakan kuis-kuis terbaik pada waktu itu, mulai dari kuis “Siapa Berani”, “Uang Kaget”, sampai “Penantang Terakhir”. Perannya juga bukan cuma sebagai seorang produser tetapi juga sebagai seorang pembawa acara. 

Karena kuis ciptaannya selalu sukses, ia pun kemudian diganjar dengan sebutan Raja Kuis, dan mendapatkan berbagai macam penghargaan bergengsi. 

Pernah maju di Pilkada, tapi gagal 

helmy yahya
Pernah maju pilkada tapi gagal (Instagram/@helmyyahya)

Helmy Yahya ternyata juga turut menyelami dunia politik di Indonesia. Dia tercatat pernah mengikuti Pilgub Sumatera Selatan sebagai Calon Wakil Gubernur di tahun 2008, tapi gagal. 

Kemudian, pada tahun 2010, dia juga menjajal peruntungan sebagai Calon Bupati Ogan Ilir lewat PDIP, namun kembali memperoleh hasil mengecewakan. 

Itulah perjalanan karier Helmy Yahya di industri hiburan sebelum akhirnya dipercaya menjadi Direkur Utama TVRI untuk periode 2017-2022. 

Selama memimpin TVRI, sejumlah gebrakan berhasil diraihnya, mulai dari mengganti logo sampai memperbarui tayangan-tayangannya menjadi lebih modern. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →