Murah dan Udah 4G, Ini Rekomendasi HP 1 Jutaan yang Bisa Kamu Beli

Zaman sekarang punya smartphone atau HP canggih udah jadi kebutuhan. Sebab banyak urusan yang dimudahkan dengan adanya ponsel pintar. Namun, kadang-kadang bujet jadi kendala. Untungnya nih sekarang ada beberapa HP 1 jutaan rupiah dengan spesifikasi oke punya.

Hebatnya lagi nih deretan HP 1 jutaan tersebut udah menyematkan teknologi 4G lho. Kurang apa lagi coba? Harga udah murah, jaringannya bagus pula. Seperti yang kita tahu, teknologi 4G menjadi teknologi terkini dari pengembangan jaringan telepon seluler.

Siapa pun juga tahu kalau akses internet dengan HP berteknologi 4G lebih cepat ketimbang teknologi 3G. Makanya gak heran kalau banyak orang yang cari tahu dulu apakah HP yang hendak dibelinya udah 4G atau belum.

Supaya kamu gak pusing-pusing lagi mencari, ini ada lima HP 1 jutaan rupiah yang udah berteknologi 4G dan memiliki spesifikasi yang canggih.

1. Xiaomi Redmi 4A

Xiaomi Redmi 4A. (Prelo)
Xiaomi Redmi 4A. (Prelo)

Dengan kapasitas baterai 3.120 mAh, Xiaomi Redmi 4A dijual dengan harga Rp 1,4 jutaan. HP 1 jutaan rupiah ini diperkenalkan pertama kali pada Februari 2017.

Memakai smartphone pabrikan Cina ini punya spek yang lumayan mentereng. Sebab, Xiaomi Redmi 4A, selain dibekali dengan kapasitas baterai yang besar juga ditanami processor chip Snapdragon 425, RAM 2 GB, dan memori internal hingga 32 GB.

Buat foto, kamu gak perlu khawatir. Sebab smartphone ini udah dibekali kamera utama 13 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel. Dengan kapasitas kamera tersebut, kamu udah bisa menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi.

2. Lenovo A6020 Vibe K5 Plus

Lenovo Vibe K5 Plus. (Lenovo)
Lenovo Vibe K5 Plus. (Lenovo)

Dari sisi kapasitas baterai yang hanya 2.750 mAh, HP 1 jutaan rupiah ini memang masih kalah dari Xiaomi Redmi 4A. Namun, dari segi resolusi, Lenovo A6020 Vibe K5 Plus jelas lebih unggul. Soalnya smartphone ini memiliki resolusi 1080 x 1920 piksel.

Soal harga, Lenovo A6020 Vibe K5 Plus dijual di pasaran dengan harga Rp 1,7 jutaan. Namun, kamu bisa mendapat harga murah kalau belinya di situs-situs e-commerce.

Lenovo A6020 Vibe K5 Plus dibekali dengan processor Snapdragon 616, RAM 2 GB, dan memori internal 16 GB. Smartphone ini juga memiliki kamera utama 13 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel.

3. Oppo A37

Oppo A37. (Digit.in)
Oppo A37. (Digit.in)

Satu lagi smartphone pabrikan Cina dengan harga terjangkau, yaitu Oppo A37. HP ini dijual di pasaran dengan harga Rp 1,7 jutaan.

HP 1 jutaan rupiah ini dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni. Mulai dari processor Snapdragon 410, RAM 2 GB, dan memori internal 16 GB. Buat baterai, Oppo A37 memiliki kapasitas hingga 2.630 mAh.

Kalau kameranya sendiri, HP ini punya kamera utama 8 megapiksel, sedangkan kamera depan 5 megapiksel. Dari spesifikasi dan harganya, HP ini emang gak semenarik Xiaomi Redmi 4A dan Lenovo A6020 Vibe K5 Plus. Tapi, boleh lah dicoba.

4. Samsung Galaxy J2 Prime

Samsung Galaxy J2 Prime. (Samsung)
Samsung Galaxy J2 Prime. (Samsung)

Diperkenalkan di pasaran sejak Desember 2016, Samsung Galaxy J2 Prime dijual dengan harga Rp 1,5 jutaan. Dengan harga segitu, HP 1 jutaan rupiah ini memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni.

Samsung Galaxy J2 Prime memiliki processor Quad-Core 1,4 GHz, RAM 1,5 GB, dan memori internal 1,5 GB. Sementara baterainya sendiri memiliki kapasitas hingga 2.600 mAh.

Kalau kameranya sendiri bisa dibilang biasa aja dari segi pikselnya. Kamera utamanya memiliki spesifikasi 8 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel.

5. Vivo Y53

Vivo Y53. (mb)
Vivo Y53. (mb)

Smartphone pabrikan Cina ini juga gak kalah murah. Dengan harga Rp 1,6 jutaan, Vivo Y53 dilengkapi dengan spesifikasi yang mirip-mirip dengan spesifikasi Samsung Galaxy J2 Prime.

Vivo Y53 punya spesifikasi processor Snapdragon 425, RAM 2 GB, dan memori internal 16 GB. buat baterainya sendiri, Vivo Y53 punya kapasitas 2.500 mAh. Kamera utamanya sendiri 8 megapiksel, sementara kamera depannya 5 megapiksel.

Itu tadi lima HP 1 jutaan yang udah 4G dan spesifikasinya oke punya. Kira-kira mana nih yang jadi pilihanmu? Saat memilih, yang perlu kamu perhatikan adalah bujet yang kamu punya.

Walaupun banyak yang bilang brand menentukan, saat ini hal tersebut gak selamanya berlaku. Sebab brand yang awalnya belum dikenal kini begitu populer berkat spesifikasi dan harga jualnya. Jadi, kamu mesti cerdas ya dalam memilih HP biar gak rugi.

Tips Memilih Hp Murah Terbaik

Bila kamu cuma memiliki uang sedikit, tapi sedang mencari Hp murah, jangan asal beli guys! Salah satu kesalahan terbesar konsumen dalam membeli hp adalah terlalu percaya pada iklan. Tetapi tidak mencari tahu spesifikasi pada ponsel tersebut, kemudian asal beli.

Bila mau mengecek lebih banyak, di luar sana masih banyak hp lain dengan kualitas dan spesifikasi lebih baik yang dijual di pasaran

Nah, agar tidak mengalami hal yang merugikan tersebut dalam membeli hp murah berkualitas baru baca dulu tips berikut ini ya.

1. Pilih Hp Kelas Menengah

Hp kelas menengah adalah yang harganya tidak terlalu mahal, tapi juga gak murah. Intinya ya masih bisa dijangkau bujet semua orang. Kisaran harganya berada di angka Rp 2 juta – Rp 3 jutaan.

Dari segi spesifikasi, kualitas hp kelas inijelas jauh lebih baik dibanding entry level. Di samping itu, pilihan produk untuk hp ini lebih banyak, sehingga kamu memiliki kesempatan untuk memilih produk yang sesuai.

Bagaimana kalau bujet tidak banyak? Solusinya ya membeli hp murah berkualitas yang berada di kisaran harga satu jutaan. Namun, perbanyak cari informasi dulu sebelum membeli agar kita tidak salah memilih.

2. Perhatikan Chipset

Ketidaktahuan akan spesifikasi hp murah berkualitas sering menjebak banyak orang. Kamu jangan termasuk orang yang seperti itu ya. Salah satu yang banyak tidak orang ketahui adalah masalah chipset atau prosesor.

Disarankan kamu membeli smartphone yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon yang sudah cukup umum di pasaran. Untuk serinya, baiknya Snapdragon 600 atau 400.

Untuk Snapdragon 600, merupakan chipset kelas menengah yang sudah banyak digunakan oleh banyak hp. Untuk produknya, kami sarankan untuk membeli hp dengan chipset Snapdragon 625 dan Snapdragon 636. Kedua smartphone ini menawarkan performa yang apik dan mirip dengan smartphone flahsip.

Snapdragon seri 400 juga masih sangat bisa diandalkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Untuk hpnya, pilih paling tidak ya yang menggunakan chipset Snapdragon 425 ke atas agar performa yang ditawarkan cukup oke.

3. Pilih RAM yang Memadai

Melansir lama Pricebook, bila bicara RAM, pemilihan hp murah terbaik harus disesuaikan dengan chipset yang disediakan. Seperti dari seri Qualcomm Snapdragon 400. Karena chipset ini ditujukan untuk hp kelas entry level, maka spesifikasi yang diusung tidak tinggi. Pemilihan RAM yang cocok biasanya di angka 2GB atau 3GB.

Untuk Snapdragon 600 series, pilihan RAM-nya sedikit lebih beragam. Karena hp dengan chipset kelas menengah Qualcomm ini sekarang kebanyakan diberikan varian RAM 3GB. 4GB, dan 6GB. Yang membedakan antara RAM kecil dan besar hanyalah harga, jadi sesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

4. Pilih Layar yang Nyaman Dipandang

Kalau masalah layar, sekarang bisa dibilang sebagai eranya hp dengan layar besar di atas 6 inch. Tetapi gak semua orang menyukai layar besar. Banyak yang menganggap hp dengan layar kecil masih enak untuk dibawa.

Walau sebenarnya pemilihan RAM sifatnya sesuai selera, namun kami menyarankan kamu untuk membeli hp dengan layar ukuran minimal 5 inch. Selain layar di bawah itu sudah jarang, layar minimal 5 inch juga sudah lebih mudah dioperasikan, terutama dalam mengetik pesan.

Satu hal lain yang mesti diperhatikan adalah resolusinya, di mana resolusi layar yang digunakan setidaknya harus sudah 1080p atau full HD yang dianggap resolusi layar paling ideal saat ini.

5. Kamera

Jika memiliki budget 2 sampai 3 jutaan, kualitas kamera smartphone yang bisa didapat di kelas tersebut sebenarnya sudah mumpuni. Baik untuk pengambilan gambar konvensional, juga memiliki fitur yang lengkap.

Bahkan hp-hp murah berkualitas sekarang sudah banyak yang dilengkapi fitur dual kamera untuk meningkatkan hasil memotret kok. Kalau kamu suka merekam video, disarankan untuk memilih hp yang kameranya sudah dilengkapi fitur OIS ya dan mampu merekam video berkualitas 4K.

Nah itu tadi bagaimana cara memilih hp 1 jutaan. Meski murah, ingat ya kualitas juga penting lho!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →