Indonesia Dikabarkan Masuk dalam Daftar Negara-negara Miskin?

Seperti yang kita ketahui bahwa negara kita Indonesia merupakan salah satu tempat yang akan kaya budaya dan sumber alam. Namun, kabar gak enak bahwa negara kita Indonesia masuk dalam daftar negara-negara miskin? Apa iya?

Siapa yang gak kenal dengan Indonesia? Negara kita ini udah dikenal banget lho di seluruh. Mulai dari sektor pariwisatanya yang kaya sekali, Indonesia banyak banget tujuan destinasi liburan menyenangkan.

Seperti dikutip dari Okezone.com, Selasa, (22/1/2019), Indonesia kabarnya masuk dalam daftar negara miskin lho, gimana kamu kaget mendengarnya? Namun, hal tersebut dibantah lho oleh mantan Menteri Keuangan Chatib Basri menyatakan bahwa gak perlu adanya perdebatan soal negara kita termasuk negara yang miskin atau gak.

Chatib Basri mengungkapkan nih kalau semua itu ada standarnya lho buat menilai dan mengetahui kemampuan ekonomi suatu negara.

“Ada definisinya, kalau pendapatan per kapita di bawah USD995 itu disebut sebagai low income (berpendapatan rendah), negara yang tergolong miskin,” jelasnya seperti dikutip dari Okezone.com.

Ia mengungkapkan nih suatu negara dnegan pendapatan per kapita US$ 995 hingga US$ 3800 masuk dalam kategori menengah atau lower midlle income. Nah, sedangkan kalau suatu negara dengan pendapatan per kapita yang masuk dalam kategori menengah tinggi atau upper middle income itu kisaran US$ 3800 hingga US$ 12 ribu lho.

Baca juga: Kementerian Perdagangan Fasilitasi Pengusaha Indonesia Hijrah ke Amerika

“Indonesia jelas pendapatan per kapita itu USD3.800 hampir ke USD4.000. Jadi kita itu upper middle country,” tambahnya.

Chatib Basri menjelaskan nih kalau saat ini di tengah kondisi gejolak ekonomi dunia, banyak nih yang penghasil sumber daya alam berjuang buat mendorong ekonomi setidaknya tumbuh 3 persen. Asal kamu tahu nih kalau harga komoditas saat ini emang tengah mengalami penurunan.

Negara kita yang cukup luas dan banyak sumber daya alam nyatanya mampu lho mendorong perekonomian hingga 5 persen. Kamu sebagai anak bangsa semestinya bangga dengan negara kita yang banyak banget menghasilkan sumber daya alam dan kaya banget.

Menteri Keuangan Nigeria iri melihat perkembangan ekonomi Indonesia hingga 5 persen 

Menteri Keuangan Nigeria iri melihat perkembangan ekonomi Indonesia hingga 5 persen, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bahkan Menteri Keuangan Nigeria pernah lho bertutur ke Chatib Basri kalau dirinya iri dengan keadaan Indonesia yang maju pesat. Jadi jangan pernah khawatir nih kalau negara kita Indonesia masuk ke dalam daftar negara miskin.

“Menteri Keuangan Nigeria pernah ngajak saya ngobrol, mereka iri Indonesia pertumbuhan ekonominya bisa 5%. Tentu kita enggak bisa berpuas dengan ini, kita harus percepat. Tapi memang masa depannya (Indonesia) begitu cerah,” tambahnya.

Gak cuma itu lho, banyak masyarakat kita yang kerap berkunjung ke luar negeri. Salah satunya dengan mengunjungi Negeri Kanguru, Australia. Pergi ke Negeri Kanguru hanya buat nonton konser musik aja lho ternyata.

Baca juga: Hadapi Tahun Politik, Ini 5 Strategi OJK Jaga Ekonomi Indonesia

Jadi jangan heran, ternyata masih banyak lho orang Jakarta yang punya banyak uang buat pergi ke luar negeri buat cuma nonton konser.

“Makain banyak yang ke Perth di Februari karena mau nonton Phil Collins. Saya enggak bisa membayangkan 10 tahun yang lalu orang Indonesia datang ke Perth hanya untuk nonton Phil Collins, enggak mungkin. Jaman kita itu ngantri hanya nonton Persija lawan Persib, enggak mungkin Phil Collins,” pungkasnya.

Jadi buat kamu yang mendengar kabar ini gak mesti ketakutan atau kecil hati kalau negara kita masuk dalam deretan negara miskin. Hal tersebut udah dibantah lho oleh mantan Menteri Keuangan Republik Indonesia Chatib Basri. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).