Ingin Sukses Meniti Karier Meski gak Sesuai Jurusan Kuliah, Ini Caranya

Jurusan kuliah memang bukan penentu akhir masa depan kariermu. Apa yang kamu pelajari terkadang tidak berjalan mulus di kehidupan bekerja yang sesungguhnya.

Fenomena ini seringkali disebut salah jurusan. Sudah mati-matian menimba ilmu bisnis, eh kamu malah terjun di dunia tulis menulis.

Banyak faktor yang membuat seseorang tiba-tiba melenceng dari jurusan kuliahnya. Ini seringkali kok terjadi di dunia kerja, jadi gak perlu kamu pusingkan sebetulnya.

Jika saat ini kamu bekerja sebagai pegawai bank, meskipun ilmu pendidikanmu adalah hukum, gak usah sedih ya. Di dunia ini gak ada ilmu yang sia-sia kok, hanya saja takdir berkata lain.

Intinya dari bekerja adalah kamu mampu menjalani dan mengemban tugas dengan baik. Meskipun dari latar belakang jurusan kuliah yang berbeda, asalkan pekerjaanmu mampu membuat perusahaan berkembang lebih maju, kenapa tidak kan?

Bekerja adalah bagaimana kontribusi kamu ke perusahaan. Percuma jika kamu lulusan terbaik dari universitas ternama, tapi saat bekerja langsung, kerjaanmu gak beres.

Itu hanya membuat kamu menjadi pencoreng nama baik universitas itu sendiri. Karena dianggap lulusannya gak kompeten. Hii, malu kan? Nah, agar tetap bisa meraih sukses dengan karier cemerlang meski pekerjaan gak sesuai dengan jurusan kuliah yang diambil, berikut cara menyiasatinya:

Baca juga: Hal yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Uang, Bukan Sekadar Alat Pembayaran Semata

1. Terus semangat

Menjadi pekerja menuntut kamu untuk tetap semangat pantang menyerah (Shutterstock).

Kalau kamu terus pertahankan semangatmu saat bekerja, gak ada yang berjalan sia-sia. Hal pertama adalah terus pupuk semangat meniti karier meski gak sesuai dengan jurusan kuliah.

Yakin kamu bisa bertahan dan kariermu terus berkembang dengan baik.

Dengan semangat yang selalu membara, upaya kamu untuk sukses di karier tersebut mudah untuk dilakukan. Jangan mudah menyerah, dan selalu berpikir positif.

2. Percaya diri

Sikap kedua adalah mereka punya rasa percaya diri yang sangat kuat (Shutterstock).

Rasa percaya diri selalu muncul bagi pekerja baru, apalagi kalau bukan sesuai bidangnya. Namun rasa itu harus segera kamu singkirkan. Percaya diri saja kamu bisa menjalankan pekerjaan itu dengan baik.

Semua beban dan tanggung jawab dalam pekerjaan bisa kamu selesaikan dengan baik. Ingat bahwa manusia bisa sukses karena usahanya yang gigih, dalam bidang apapun itu.

Baca juga: Wanita Sukses Terlihat dari 7 Ciri-Ciri Ini, Kamu Termasuk Diantaranya?

3. Tunjukkan kemampuan

Memiliki kemampuan di bidang kerja (Ilustrasi).

Meskipun kamu bekerja di dalam bidang yang tidak sesuai, jangan sembunyikan kemampuan yang dimiliki. Tunjukkan kepada atasan bahwa kamu mampu melakukan pekerjaan tersebut.

Misalnya saja kamu lulusan hukum, tetapi punya bakat di bidang tulis menulis dan menjadi editor, ya kenapa tidak kan? Buktikan bahwa kamu bisa bersaing dengan mereka yang lulus dari jurusan terkait. Dengan begitu, gak akan ada yang memandang rendah kamu di kantor.

4 Terus berkomitmen

kebebasan finansial
Harus punya komitmen dong kalau mau #merdekafinansial

Ada dua pilihan yang selalu menghantui mereka yang bekerja tidak sesuai bidang. Apakah akan terus berkarier sekalipun jurusannya berbeda, atau malah lebih memilih mengundurkan diri dan mencari pekerjaan sesuai bidang.

Kalau kamu mau pilih yang mana? Bekerja sesuai passion memang menyenangkan, tetapi kalau nyatanya kariermu berbeda dari bidangmu bagaimana? Kuliah beda jurusan cenderung akan bekerja sesuai passion dan skill yang dimiliki.

Tetapi, yang terpenting dari semua hal tersebut adalah adanya komitmen yang jelas. Apapun yang kamu pilih pasti akan mengarah pada kesuksesan. Percayalah, kalau kamu bisa sukses asalkan terus berkomitmen hingga akhir.

Baca juga: Milenial, Jangan Pernah Lakukan 4 Kesalahan Pengelolaan Uang Ini Kalau Gak Mau Bokek

5. Gak ada ilmu yang percuma

Bayar kuliah atau kursus. (Unsplash)
Kuliah (Ilustrasi by Shutterstock).

Percaya deh, gak ada di dunia ini ilmu yang terbuang percuma. Semua pasti berguna sekecil apapun itu. Kamu harus tetap yakin bahwa jalan karier yang dijalani adalah terbaik dari Tuhan.

Pekerjaan apapun yang kamu jalani saat ini baik itu sesuai dengan jurusan atau tidak intinya adalah terus yakin dengan jalanmu itu. Terus lakukan yang terbaik demi membangun karier yang cemerlang.

Gak pernah ada yang sia-sia jika dilakukan dengan tulus. Raihlah kesuksesanmu apapun pekerjaan yang sedang kamu geluti saat ini. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →