Kamu Pasti Kaget Lihat 7 Kiat Sukses Indra Nooyi Besarkan PepsiCo Ini

Indra Nooyi. (Instagram)

Kabar mengejutkan datang dari PepsiCo. Indra Nooyi, CEO perusahaan yang terkenal dengan minuman sodanya itu diberitakan mengakhiri kariernya setelah 24 tahun bekerja di sana.

Wanita kelahiran 28 Oktober 1955 ini tercatat udah memegang jabatan sebagai CEO selama 12 tahun. Berkat tangan dinginnya, tingkat penjualan PepsiCo meningkat hingga 80 persen.

Sebagai salah perusahaan multinasional yang berdiri sejak 1919 di Amerika Serikat, PepsiCo telah memperkenalkan beragam brand makanan dan minuman yang kini populer di seluruh dunia.

Tercatat ada beberapa brand ternama yang berada di bawah naungan PepsiCo. Mulai dari minuman bersoda biru Pepsi, keripik Lay’s, minuman Mountain Dew, minuman isotonik Gatorade, minuman bervitamin Tropicana, hingga makanan Quaker.

Malahan nih kabar terakhir PepsiCo menjalin kerja sama dengan Starbucks. Jadi, PepsiCo menjual Starbucks dalam botol kemasan.

Di balik perjalanan kariernya dalam memimpin perusahaan sebesar PepsiCo, ternyata ada kiat-kiat yang mengantarnya pada kesuksesan. Pengin tahu apa aja kiat-kiat sukses Indra Nooyi? Ini dia ulasannya.

1. Setiap orang harus punya visi

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Accenture (@accenture) on Oct 13, 2016 at 12:33pm PDT

Menurut Indra Nooyi, visi itu penting sekali dimiliki seorang pemimpin perusahaan. Dengan adanya visi, setiap harinya selalu ada upaya buat tampil lebih baik dari sebelumnya.

Visi akan membuat si pemimpin dan orang-orang yang dipimpinnya termotivasi dalam menjalani karier. Karena visi pula lah, ada target yang ditetapkan dari waktu ke waktu. Dan kalau target tersebut bisa dicapai, visi yang dibayangkan menjadi nyata.

2. Berpikir jangka panjang

 

View this post on Instagram

 

A post shared by PepsiCo (@pepsico) on Sep 14, 2018 at 6:19pm PDT

Indra Nooyi berpandangan perlunya berpikir jangka panjang dalam menjalankan perusahaan. Oleh karena itu, setiap rencana yang dibuat harus dipikirkan gimana dampak ke depannya. Apakah mendatangkan keuntungan atau gak?

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

3. Pentingnya menyakinkan banyak orang

 

View this post on Instagram

 

A post shared by PepsiCo (@pepsico) on Sep 7, 2018 at 1:54pm PDT

PepsiCo gak bakal sebesar sekarang tanpa adanya kepercayaan dari para pelanggan. Indra Nooyi berusaha bikin perusahaannya terlihat menyakinkan di mata banyak orang.

Saat memimpin PepsiCo, ia selalu menekankan betapa pentingnya Performance With Purpose. Sebagai contoh PepsiCo menjual minuman bersoda dan keripik tanpa melupakan nutrisi yang dikandungnya.

Nah, Idra pengin menyakinkan pelanggan kalau PepsiCo menjual minuman dan makanan dengan membatasi jumlah kalorinya. PepsiCo mewujudkannya dengan mengurangi kalori pada minuman dan makanannya hingga 6,4 triliun kalori.

4. Selalu mendengarkan dan sedikit berbicara

 

View this post on Instagram

 

A post shared by PepsiCo (@pepsico) on Aug 31, 2018 at 9:48am PDT

Indra Nooyi pernah mendapat saran dari instruktur tarinya. Kalau ia belajar mengikuti sang instruktur, ia bisa menjadi pemimpin yang baik. Bahkan, itu bisa membuatnya menjadi penari yang baik.

Sejak itulah Indra Nooyi mematuhi apa yang dikatakan instrukturnya. Ia lebih memilih banyak mendengar ketimbang banyak bicara.

5. Terus belajar

 

View this post on Instagram

 

A post shared by PepsiCo (@pepsico) on Aug 13, 2018 at 11:45am PDT

Jangan pernah berhenti belajar. Ini yang menjadi kiat sukses Indra Nooyi saat menakhodai PepsiCo. Meskipun udah berada di posisi tertinggi, Indra gak pernah lelah buat terus belajar.

Selama di PepsiCo, Indra suka berbicara dengan pelanggan, tenaga penjualan, dan semua karyawannya. Baginya, mengumpulkan informasi sebanyak-banyak penting sekali sebelum mengambil keputusan.

6. Jangan lupakan tim

 

View this post on Instagram

 

A post shared by PepsiCo (@pepsico) on Aug 3, 2018 at 8:53am PDT

Kemajuan perusahaan bukan semata-mata kerja CEO, tapi juga berkat kerja tim. Inilah yang gak dilupakan Indra Nooyi.

Buat menghargai kerja keras yang udah dilakukan tim kerjanya, ia mengirimkan surat ke orang tua karyawannya. Ia mengucapkan terima kasih dan mengaku bangga atas kontribusi yang diberikan anak-anak mereka.

7. Kamu adalah CEO di kantor, bukan di rumah

 

View this post on Instagram

 

A post shared by PepsiCo (@pepsico) on Mar 23, 2018 at 1:00pm PDT

Bagi Indra Nooyi, jabatan CEO cuma berlaku saat ia bekerja. Tapi, di keluarga ia tetaplah berlaku sebagai seorang ibu. Begitu juga dalam lingkup pertemanan. Gak peduli seberapa tinggi jabatan yang dipegangnya, selain di kantor ia bukanlah bos.

Dari uraian di atas, udah jelas bahwa kalau pengin sukses menjalankan bisnis seperti Indra Nooyi, kamu harus berpatokan pada poin-poin yang disebutkan tadi di atas. Moga-moga dengan mengikuti kiat-kiat sukses dari Indra Nooyi, usaha kamu bisa berhasil dan bertambah besar ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →