Ini Dia 6 Sekolah Termahal di Dunia. Tertarik Nyekolahin Anakmu di Sana?

Biaya pendidikan emang gak murah. Demi pendidikan, kadang orangtua bisa nekat pinjam dana atau jual aset. Wajar sih, karena pendidikan yang baik kerap seiring sejalan dengan peningkatan taraf hidup seseorang.

Mahalnya biaya pendidikan gak hanya disebabkan oleh kelengkapan fasilitas sekolah yang bersangkutan. Namun juga berkaitan sama tenaga pengajar dan metode pengajaran yang diberikan.

Di Jakarta aja, banyak ditemukan sekolah-sekolah yang biaya per semesternya kurang lebih Rp 300 jutaan. Itu jelas nominal yang gak sedikit buat biaya pendidikan.

Tapi jangan salah, jumlah itu belum seberapa ketimbang sekolah-sekolah mahal di luar negeri. Berikut adalah urutan enam sekolah termahal di dunia. Untuk nomor satu adalah yang termurah dan yang terakhir adalah yang paling mahal.

1. Idyllwild Arts Academy, California

Kalau asrama sekolah kayak gini sih siapa yang gak betah (Idyllwild Arts Academy/ idyllwildarts)
Kalau asrama sekolah kayak gini sih siapa yang gak betah (Idyllwild Arts Academy/ idyllwildarts)

Sebenarnya, Yayasan Idyllwild sudah ada pada 1946, tapi sekolahnya baru didirikan pada 1986. Pendirinya adalah Max Krone, dan sejauh ini Idyllwild punya 300 orang siswa kelas sembilan hingga 12.

Biaya pendidikannya untuk setahun mencapai Rp 712 juta. Sekolah ini mengajarkan siswa soal seni, di antaranya sinematografi, musik, teater, visual, hingga menulis kreatif.

Sekolah ini mahal karena mendapat ranking dua untuk sekolah seni terbaik di California. Murid-murid pun memiliki banyak kesempatan untuk mengikuti program karya wisata, seperti ke museum, nonton konser musik terkenal, dan lainnya.

2. Applebie College, Ontario

Sekolah termahal ke-5 di dunia ini biaya pendidikannya mencapai Rp 717.016.300. Sekolah ini punya asrama, tapi jika siswanya gak mau memanfaatkan fasilitas ini, maka mereka hanya perlu membayar Rp 478 jutaan.

Applebie adalah sekolah internasional yang ada di Kanada, dan melayani siswa kelas tujuh sampai 12. Sekolah ini didirikan pada 1911 dengan bantuan seorang bangsawan Sir Byron Edmund Walker.

3. Woodside Priory School, California

Sekolah termahal ke-4 di dunia ini didirikan oleh biarawan Hungaria bernama Fr. Egon Javor, pada 1957. Setiap tahunnya, mereka menerima 370 siswa kelas enam sampai 12.

Biaya pendidikan per tahun mencapai Rp 717.202.500, dengan setiap kelas cuma berisi 15 hingga 18 siswa saja. Sekolah Katolik ini merupakan sekolah boarding satu-satunya yang ada di Silicon Valley.

Beberapa ulasan juga menyebutkan bahwa lingkungan spiritual di sekolah ini cukup baik. Sekolah ini juga sudah mendapat penghargaan atas berbagai prestasi murid di bidang akademik.

Enak banget ya lingkungan sekolah kayak gini (Woodside Priory School/ mkthink)
Enak banget ya lingkungan sekolah kayak gini (Woodside Priory School/ mkthink)

4. St. Alabans School, Washington DC

Sekolah ini diberi nama oleh seorang pahlawan perang Inggris, Harriet Lane Johnston. Lokasinya ada di ibu kota Negeri Paman Sam dan melayani siswa kelas empat hingga 12.

Biaya pendidikan dalam setahun mencapai Rp 720 juta. Sekolah bergengsi ini didirikan pada 1909, dan memiliki 100 orang staf pengajar dengan gelar lanjutan.

Saat ini St. Albans juga mendapat ranking satu untuk kategori sekolah khusus laki-laki terbaik di Distrik Columbia, Washington. Di sekolah ini siswa bisa mendapatkan proses belajar yang benar-benar berkualitas.

Mereka akan ditempatkan di kelas dalam jumlah murid yang sangat sedikit. Satu per satu siswa akan mendapat pengarahan khusus dari departemen studinya dengan sangat maksimal. Dua departemen studi yang terkenal dan terfavorit di sekolah tersebut adalah Matematika dan Bahasa Inggris.

5. College Apin International Beau Soleil, Swiss

Sekolah termahal yang kedua ternyata ada di Swiss. Sekolah ini didirikan pada 1910 di Gstaad Villa sebelum akhirnya pindah ke lokasi saat ini pada 1920.

Ada yang unik di sekolah yang biaya pendidikannya mencapai Rp 1,2 miliar per tahun ini. Salah satunya adalah ada 50 kebangsaan di sekolah mahal itu. Dan kebanyakan dari siswanya berasal dari Eropa atau anak-anak orang terkenal di dunia.

Sekolah ini merupakan sekolah boarding tertua di Swiss. Seluruh siswa punya kesempatan untuk mengikuti studi tur keliling dunia. Gak heran kalau biaya sekolahnya bisa mahal sekali.

Selain itu, lokasi College Alpin International Beau Soleil juga sangat kondusif untuk belajar dan mengajar. Sekolah tersebut terletak di pedesaan asri bernama Villars Sur Ollon. Oleh karena itu pemandangan di sekitar sekolah tersebut adalah perpaduan unsur tradisional dan modern yang sangat cantik.

Mereka punya fasilitas olahraga berupa tembok yang setinggi tiga tingkat untuk latihan panjat tebing, ruang fitness, studio tari, yoga, ring ice skating, kolam renang, lapangan tenis, dan lainnya. Lengkap deh.

6. Institut Le Rosey, Rolle, Swiss

Megah banget ya komplek sekolahnya (Le Rossey/ businessinsider)
Megah banget ya komplek sekolahnya (Le Rosey/ businessinsider)

Nah ini dia sekolah termahal di dunia, dan ternyata letaknya di Swiss juga. Biaya per tahunnya luar biasa mahal, yaitu Rp 13 miliar!

Sekolah ini adalah sekolah asrama yang didirikan oleh Emile Carnal pada 1880. Sekolah ini juga disebut-sebut sebagai sekolah raja, karena ada banyak keluarga kerajaan yang lulus dari sini.

Beberapa bangsawan yang pernah bersekolah di Le Rosey adalah Shah Iran, Pangeran Rainier dari Monaco, dan Raja Farouk dari Mesir. Jadi jangan heran kalau tiba-tiba ada helikopter mendarat di lapangan bola dan ternyata itu kendaraan pribadi antar-jemput si murid.

Untuk metode belajarnya, satu guru hanya melayani lima orang siswa. Setiap tahun, Institut Le Rosey juga hanya menerima 400 siswa.

Sekolah ini menawarkan program pembelajaran bahasa yang bisa dipilih sendiri oleh murid. Ada 20 bahasa lho yang bisa dipelajari, dan staf pengajarnya sangat mumpuni. Bahasa pengantar sekolah ini ada dua, yaitu Inggris dan Prancis.

Le Rosey juga menjadi surganya anak-anak pencinta olahraga. Di sana ada fasilitas bermain basket, rugby, lari atletik, menunggang kuda, menembak, dan lainnya. Selain itu, di dalam Le Rosey juga ada ruangan konser orkestra yang bisa menampung hingga seribu orang!

Pada intinya, semua metode pendidikan akan kembali lagi pada sang anak. Apabila sang anak memiliki kompetensi yang mumpuni di bidang akademik, gak masalah bagi mereka untuk bersaing di sekolah manapun.

Namun sebaliknya, sebagus apapun sekolahnya tapi bila dia malas-malasan, hasilnya pun gak akan bagus. Mubazir malahan, sudah bayar mahal tapi gak dapat apa-apa.

Tapi kalau kamu mampu dan yakin mau nyekolahin anakmu di salah satu dari enam sekolah ini, nabung dari sekarang. Biaya sekolahnya mahal banget kan tuh. Semangat!

Yang terkait artikel ini:

Mau Pilih Sekolah Buat si Kecil? Perhatikan 12 Hal ini

Menyekolahkan Anak di Sekolah Alam, Ketahui Dulu Untung-Ruginya

Pendidikan Memang Gak Harus di Sekolah. Kenapa Pendidikan Formal itu Penting

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →