Bikin Kariermu Jadi Kinclong dengan Terapkan Tips-Tips Kerja Berikut Ini

Tips kerja yang harus dijalankan kalau pengin karier lebih kinclong. (Pexels)

Siapa sih yang gak bermimpi punya karier bagus dalam pekerjaan? Pasalnya, karier yang bagus itu kasih banyak untung lho. Mulai dari jabatan yang tinggi hingga gaji besar, bisa diperoleh kalau punya karier bagus. Nah, ada beberapa tips kerja nih yang bantu kamu wujudkan impian tersebut.

Asal tahu aja nih, gak sedikit orang yang udah bekerja keras, tapi bingung kenapa perkembangan kariernya gitu-gitu aja. Di dunia kerja, kesuksesan itu gak cukup didapat dengan kerja keras. Lakukan juga yang namanya kerja pintar.

Kerja keras plus kerja pintar bisa membuahkan hasil yang diinginkan. Sayangnya nih, masih banyak yang bingung gimana kerja yang pintar. Dikutip dari LiveCareer, berikut ini tips-tips kerja yang bantu kamu jadi pekerja pintar dan bisa datangkan kesuksesan dalam karier.

Baca juga: Siapkan Diri Hadapi Perubahan Zaman dengan Pelajari Kemampuan-Kemampuan Ini

1. Bangun reputasi sebagai seorang yang profesional

Tips kerja pertama, bangun reputasi sebagai orang yang profesional. (Pexels)
Tips kerja pertama, bangun reputasi sebagai orang yang profesional. (Pexels)

Jangan cepat merasa kalau kamu udah bahagia bekerja di tempat kerjamu yang sekarang. Perlu kamu tahu, kebanyakan perusahaan cenderung gak peduli dengan perasaan kamu yang bahagia karena bisa bekerja di sana.

Perusahaan lebih menaruh perhatian kepada hasil yang kamu capai selama bekerja. Kalau kamu memberikan hasil yang memuaskan, perusahaan happy. Sebaliknya, kalau kamu memberikan hasil yang mengecewakan, jangan harap deh dapat peningkatan.

Makanya, dalam bekerja, kamu sebaiknya fokus pada apa yang bisa kamu capai selama berkarier. Pencapaian-pencapaian yang kamu raih dengan sendirinya membagun reputasimu sebagai seorang pekerja yang profesional. Itulah tips kerja pertama yang harus kamu ingat.

Baca juga: Berkarier Tanpa Ijazah, 3 Anak Muda Ini Sukses Bersaing dengan Sarjana

2. Jangan coba-coba menjadi seorang pekerja yang loyal

Tips kerja kedua, jangan coba-coba jadi karyawan loyal. (Pexels)
Tips kerja kedua, jangan coba-coba jadi karyawan loyal. (Pexels)

Hari ini masih berpikir kalau menjadi pekerja yang loyal itu ada harganya? Singkirkan jauh-jauh deh pemikiran tersebut. Perlu kamu tahu perusahaan cuma loyal pada kamu selama kamu menghasilkan nilai yang mereka inginkan.

Jangan diartikan gak loyal sama dengan gak hormat ya. Kalau kamu dapat peluang bagus yang menguntungkan kariermu, ambillah dan jangan sia-siakan. Kesempatan jarang sekali datang dua kali.

Namun, kamu tetap harus menaruh rasa hormat kepada atasan ketika mengundurkan diri nanti. Di sinilah kamu bakal dipandang sebagai seorang profesional yang berintegritas.

Poinnya dari tips kerja ini adalah fokuslah pada kemajuan dirimu sendiri. Ingatlah, perusahaan masih bisa menemukan orang seperti dirimu. Jadi, berhentilah menjadi orang naif yang memandang loyalitas itu ada harganya.

Baca juga: 6 Cara untuk Kamu yang Introvert Biar Betah Kerja di Kantor, Gampang!

3. Teruslah cari pekerjaan dan jangan cepat puas

Tips kerja ketiga, jangan menyerah cari kerja. (Pexels)
Tips kerja ketiga, jangan menyerah cari kerja. (Pexels)

Cepat merasa puas? Itu gak bakal bikin kariermu jadi bagus. Carilah terus pekerjaan hingga akhirnya pekerjaan itulah yang menjadi pencapaian tertinggi kariermu.

Berpikir bahwa peningkatan karier didapat setelah bekerja dalam waktu yang lama sama aja dengan berpikir loyalitas itu ada harganya. Kamu perlu sadari bahwa kemajuan karier itu didapat dengan kamu berganti pekerjaan atau tempat kerja.

Supaya dapat pekerjaan dengan cepat, kamu harus membangun reputasi yang baik. Pelajari banyak hal dari tempat kerjamu sekarang dan perbanyak pengalaman. Sebab dengan modal itulah, kamu bakal dihargai tinggi di tempat baru.

4. Cari tahu apakah partner atau atasan kamu bisa diandalkan atau gak

Tips kerja keempat, cari tahu apakah partner atau atasanmu bisa diandalkan. (Pexels)
Tips kerja keempat, cari tahu apakah partner atau atasanmu bisa diandalkan. (Pexels)

Sukses atau gagalnya kariermu bukan semata-mata tergantung pada dirimu, melainkan juga tergantung pada partner dan atasanmu. Partner kerja yang cocok denganmu membawa efek positif pada pembentukan tim kerja yang solid.

Sementara atasan yang pintar bantu kamu dalam memenuhi sumber daya yang kamu butuhkan buat meningkatkan kinerja. Inilah kenapa kamu harus cari tahu apakah partner atau atasanmu bisa diandalkan atau gak.

5. Gak usah khawatir di-lay-off

Tips kerja kelima, jangan khawatir di lay-off. (Pexels)
Tips kerja kelima, jangan khawatir di lay-off. (Pexels)

Lay-off atau pemberhentian kerja bisa aja terjadi. Sebagai pekerja, mau gak mau kamu udah harus siap menerima konsekuensi tersebut.

Kamu gak usah khawatir buat menghadapi hal buruk tersebut. Justru kamu harus yakin bahwa bisa mendapatkan yang lebih baik lagi.

Selama kamu memanfaatkan waktu bekerja sebaik-baiknya dengan mempelajari banyak hal dan menyelesaikan tugas dengan baik, itu bisa menjadi portfolio kamu buat bikin perusahaan berikutnya yakin kalau kamu adalah kandidat terbaik.

Nah, itu tadi tips-tips kerja yang bisa bantu kamu datangkan kesuksesan. Tinggal terapkan dan laksanakan dengan sungguh-sungguh, dijamin deh bisa impian kamu punya karier bagus cepat. Semoga informasi barusan bermanfaat ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →