Instagram Kamu Bukan Cuma Buat Eksis Tapi Juga Buat Mulai Punya Usaha Sendiri, Gini Caranya

punya usaha sendiri

Berkat kemajuan teknologi, kini buka usaha gak harus punya kios sendiri. Bahkan gak perlu simpan stok dagangan di gudang.

Cukup dengan aplikasi Instagram di ponsel, kita sudah bisa memegang titel pengusaha. Ya, kita bisa manfaatin Instagram buat mulai punya usaha sendiri.

Instgram adalah aplikasi berbagi foto dan gambar yang paling populer. Menurut CNN, jumlah pengguna aktif Instagram di Indonesia ada 22 juta akun.

Artinya, target pasar di Instagram sangat besar. Itu cukup menjadi salah satu alasan kuat buat buka usaha di Instagram.

Eh, tapi dari tadi ngomongin bisnis di Instagram, gak dijelasin caranya. Buat yang melihat terangnya peluang bisnis di media sosial tersebut, monggo disimak berikut ini:

1. Pilih nama akun

Nama akun Instagram harus dibuat sependek dan sesimpel mungkin. Misalnya @rumahsuvenir jika bisnisnya jualan suvenir. Tinggalkan dulu kebiasaan alay di sini.

punya usaha sendiri
Ingat, kamu jualan bukan curhat jadi singkat dan unik biar gampang diingat Instagram jualanmu hehehe (Akun Instagram / Amazonaws)

Nama akun @ruM4H5uven112 jelas gak mungkin dipakai karena susah ditulis dan diingat. Yang pasti, nama akun harus sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Kalau jualan suvenir ya masak akunnya @rumahnisan, serem.

2. Perhatikan konten

Karena media promosi konten berupa gambar, pastikan rupa barang dagangan dalam kondisi terbaik. Contohnya jualan baju, akan lebih baik kalau pakai model untuk menampilkan baju itu.

Jika hanya digeletakkan atau digantung, orang yang melihat susah mau nebak, “Gimana ya kalau pakai baju itu.” Kalau ada modelnya, mereka bisa lebih jelas melihat apakah barang itu cocok dengannya.

3. Harus detail

Saat mengunggah gambar dagangan, jangan lupa sertakan caption atau keterangan foto dengan detail. Jika jualan sepatu, sertakan ukurannya plus panjang kali lebarnya. Kalau jualan elektronik, tulis bahannya apa, watt-nya berapa, garansi berapa lama, dan seterusnya.

Penjabaran detail ini mengurangi waktu yang terbuang percuma untuk menjawab pertanyaan sama yang diajukan calon pembeli berbeda. Si A tanya garansi hari ini, eh besok ada pertanyaan sama dari B. Besoknya C. Hanya karena gak ada keterangan garansi di foto.

4. Lihat waktu

Hindari mengunggah gambar dagangan secara berurutan dalam waktu berdekatan. Misalnya pukul 1 siang unggah satu gambar, setengah jam berikutnya satu lagi. Terus pukul 02.30 unggah lagi, lanjut pukul 15.30.

punya usaha sendiri
Unggah foto jangan pas orang-orang lagi tidur dong, siapa yang mau lihat hehehe (Unggah Foto Instagram / Idevangelist)

Ini namanya kanibalisme karena dagangan sebelumnya bisa tenggelam oleh produk sesudahnya. Sebaiknya atur waktunya, misalnya sehari unggah 3 barang, yakni pagi, sore, dan malam.

5. Ramah

Kalau ada calon pembeli yang cerewet nanya-nanya, layani dengan baik. Bukan malah balas mencereweti. Bagaimanapun, pepatah pembeli adalah raja tetap relevan.

Jika gak mampu menjaga hati pembeli, sudah. Apalagi kalau kita sering lama jawabnya atau malah sering gak jawab pertanyaan. Bye-bye.

6. Ikut komunitas

Biasanya, ada komunitas pedagang online tertentu. Yang jualan baju, saling follow dan saling bantu promosi. Juga saling belajar. Memang ada persaingan, tapi kerja sama lebih diutamakan.

Tapi sebisa mungkin cari kawan di Instagram yang jualannya berbeda. Kalau sama, peluang saling salip lebih besar.

7. Pasang iklan khusus

Sudah ada Instagram Ads buat mereka yang mau mempromosikan dagangan di Instagram. Jika pasang iklan di sini, peluang terjangkau oleh jutaan akun Instagram di Tanah Air lebih terbuka.

punya usaha sendiri
Instagram sekarang ada ads-nya biar jualan kamu makin banyak yang beli hehehe (Instagram Ads / Thegrovesagency)

Produk kita akan nongol di beranda mereka. Agar mereka tertarik, pasang produk andalan yang termurah. Tapi lihat juga anggaran promosi karena pasang iklan di sini bayar.

Itulah sederet tips manfaatin Instagram buat punya usaha sendiri. Bikin akun Instagram simpel, gratis lagi. Paling cuma bayar ongkos Internet.

Kalau unggah foto pakai WiFi gratisan di mal atau resto siap saji, bisa lebih irit lagi. Instagram jangan hanya dipakai buat pamer selfie, yuk buka bisnis lewat Instagram.

 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Mau Buka Bisnis, Kenalan Yuk Dengan Crowdlending]

[Baca: Teknologi Bisa Bikin Prospek Usaha Kecil Cerah, Nih Caranya]

[Baca: Pahami Jenis Kredit UKM yang Bisa Jadi Pilihan Sumber Modal]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →