93 Istilah dalam Asuransi yang Penting Diketahui Pemilik Polis

fungsi dan istilah asuransi

Ada beberapa istilah dalam asuransi yang mungkin tidak begitu umum didengar. Padahal, memahaminya sangat penting bagi pemilik polis asuransi. 

Dengan memajami istilah-istilah dalam perasuransian, nasabah diharapkan dapat menjadi lebih memahami apa saja manfaat perlindungan sesuai produk asuransi yang paling cocok dengan kebutuhannya. Selain itu, mengenal dan memahami istilah dalam asuransi akan membantu nasabah nantinya saat mengajukan klaim manfaat asuransi.

Daftar istilah dalam asuransi yang wajib dipahami nasabah

Terdapat 93 istilah dalam dunia asuransi. Pahami pengertian selengkapnya satu demi satu dalam daftar berikut ini.

1. Agen asuransi

Agen asuransi adalah orang yang bekerja sendiri atau bekerja di badan usaha yang bertindak untuk dan atas nama perusahaan asuransi atau perusahaan asuransi syariah dan memenuhi persyaratan untuk mewakili perusahaan asuransi atau perusahaan asuransi syariah dalam memasarkan asuransi. 

2. Ahli waris

Istilah dalam asuransi jiwa yang berarti nama orang yang tercantum dalam polis untuk menerima santunan apabila terjadi kematian pada Tertanggung.

3. Ajudikasi

Tahap penyelesaian dalam konflik asuransi yang bakal menentukan apakah klaim diterima atau ditolak.

4. Akad

Istilah dalam asuransi syariah yang maksudnya perjanjian tertulis yang memuat kesepakatan tertentu dengan prinsip syariah.

5. Aktuaria

Ilmu yang menggunakan matematika, statistika, dan keuangan untuk memperhitungkan risiko yang akan timbul di masa depan.

6. All Risk/comprehensive

Luasan jaminan dalam asuransi kendaraan yang mana asuransi menanggung kerugian kecil seperti lecet sampai kerugian total seperti rusak parah atau kehilangan kendaraan.

7. Anuitas

Pembayaran berkala yang dilakukan perusahaan asuransi pada waktu tertentu.

8. Assignment

Istilah yang menjelaskan pengalihan dalam asuransi.

9. Assignor

Orang yang menunjuk hak dan manfaat asuransi dari pemilik polis kepada orang lain

10. Automatic premium loan (APL)

Nilai tunai yang otomatis yang dapat diambil jika pemegang polis belum membayar premi sampai masa tenggang berakhir.

11. Bancassurance

Bancassurance adalah produk asuransi yang dipasarkan melalui bank untuk menyasar konsumen nasabah bank.

12. Batas potong atau ekses

Biaya yang harus dibayar nasabah asuransi apabila biaya rumah sakit melebihi limit yang ditentukan perusahaan asuransi.

13. Bengkel rekanan

Bengkel mobil atau bengkel motor yang bekerja sama dengan asuransi kendaraan dalam hal memberikan pelayanan klaim perbaikan kendaraan untuk nasabah.

14. Biaya administrasi

Biaya yang dibayarkan untuk keperluan administrasi.

15. Biaya akuisisi

Biaya yang dikeluarkan pada saat penerbitan polis.

16. Biaya top-up

Istilah dalam asuransi unit link yang maksudnya adalah biaya yang dikeluarkan pemegang polis pada saat membayar premi berkala atau mengisi saldo nilai tunai pada asuransi jiwa whole life dan unit link.

17. Cash value

Jumlah uang yang dibayarkan perusahaan asuransi kepada pemilik polis atau istilahnya nilai tunai

18. Cashless

Metode pengajuan klaim cashless memungkinkan nasabah bisa segera mendapatkan perawatan medis atau perbaikan kendaraan tanpa mengeluarkan uang sedikit pun. Nasabah cukup menunjukkan kartu keanggotaan asuransi saja di rumah sakit atau bengkel rekanan asuransi.

19. Contestable period

Dikenal dengan sebutan masa percobaan, yakni periode (dua tahun) penanggung berhak mempertanyakan atau menyelidiki kebenaran informasi/data yang diberikan tertanggung atau pemegang polis. 

20. Cuti premi

Cuti premi adalah fitur yang memungkinkan nasabah asuransi berhenti membayar polis dalam beberapa waktu tertentu.

21. Dana investasi

Dalam unit link, dana investasi adalah premi yang dibayarkan setelah dipotong dengan biaya asuransi dan biaya lainnya.

22. Dana tabarru’

Istilah dalam asuransi syariah yang maksudnya adalah kumpulan dana yang berasal dari peserta yang penggunaannya dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama.

23. Endowment plan (dwiguna)

Asuransi dwiguna adalah produk pengelolaan keuangan yang menawarkan dua keunggulan sekaligus, yaitu manfaat asuransi dan tabungan. Biasanya ada pada jenis asuransi jiwa.

24. Explanation of benefits

Penjelasan tentang manfaat dari asuransi yang dikirimkan dari perusahaan ke nasabah asuransi.

25. Field underwriting

Proses seleksi akan risiko yang dimiliki nasabah asuransi.

26. Flat rate

Pembayaran premi asuransi yang sama rata sejak daftar hingga masa asuransi berakhir.

27. Free-look period

Waktu yang diberikan perusahaan kepada nasabah untuk mempelajari polis, biasanya 14 hari sejak polis terbit. Dalam periode ini, nasabah dapat membatalkan perjanjian dan gak perlu keluar biaya pembatalan.

28. Grace period

Grace period adalah masa tenggang dalam pembayaran premi asuransi, yaitu 30 hari sejak tanggal jatuh tempo.

29. Harga unit

Harga unit adalah hasil yang didapatkan dari investasi ditambah dengan nilai aset.

30. Ilustrasi polis

Perkiraan manfaat yang akan didapatkan nasabah, biasanya menggunakan kasus atau simulasi.

31. Inner Limit

Batasan jumlah klaim yang bisa diajukan nasabah untuk setiap jenis klaim, misalnya konsultasi dokter, bedah, rawat inap, sampai biaya obat-obatan.

32. Investment-linked Plan

Investment-linked plan adalah program asuransi yang dikaitkan dengan investasi. Premi yang dibayarkan untuk membeli manfaat asuransi jiwa. Plus membeli unit dalam suatu portofolio dana investasi. Harga unit-unit akan tergantung pada kinerja investasi dana.

33. Jaminan perlindungan

Jaminan yang diberikan perusahaan asuransi kepada pemegang polis agar ia bisa membeli asuransi tambahan tanpa melalui proses seleksi lagi.

34. Jaminan/pernyataan jaminan

Pernyataan yang dirilis calon pemegang polis mengenai kondisi dari hal yang diasuransikan, bisa orang maupun benda

35. Joint Life Annuity

Pembayaran asuransi akan berhenti jika pihak tertanggung meninggal dunia

36. Key Employee (Key Person)

Sosok atau ahli yang dimiliki perusahaan asuransi yang dapat menunjang keberhasilan sang perusahaan

37. Kedaluwarsa (Lapse)

Lapse adalah hilangnya manfaat/jaminan perlindungan asuransi yang disebabkan karena pembayaran premi yang terlambat atau terhenti. 

38. Klaim

Klaim asuransi adalah pengajuan resmi kepada perusahaan asuransi untuk meminta pembayaran. Selanjutnya perusahaan harus membayarkan nilainya kepada pihak tertanggung. 

Dalam asuransi jiwa klaim mengisyaratkan pengajuan uang pertanggungan oleh ahli waris apabila tertanggung meninggal dunia.

39. Klaim akhir kontrak

Pengajuan klaim pada akhir masa asuransi, biasanya klaim yang diajukan berupa pengembalian premi atau nilai tunai.

40. Klaim tertunda

Klaim yang telah diajukan namun belum dapat dipenuhi atau dibayar oleh perusahaan asuransi.

41. Klausul

Pasal dalam dokumen polis yang harus dipatuhi oleh nasabah maupun perusahaan asuransi.

42. Kontribusi

Istilah dalam asuransi syariah, yang artinya sama dengan premi, yaitu iuran yang dibayarkan peserta asuransi kepada perusahaan.

43. Late remittance offer

Penawaran terakhir yang diajukan perusahaan asuransi untuk mengembalikan polis asuransi nasabah yang hangus atau batal

44. Lapse notification

Istilah dalam asuransi yang menunjukkan pemberitahuan secara tertulis dari penanggung kepada pemegang polis jika polis hangus.

45. Law of the large numbers

Besaran persentase segala kemungkinan yang mungkin terjadi pada pemegang polis.

46. Limit tahunan

Istilah dalam asuransi kesehatan, yaitu batasan jumlah klaim dalam satu tahun yang bisa diajukan nasabah.

47. Loan of policy

Kebijakan pinjaman dengan jaminan nilai tunai polis yang diberikan pihak asuransi kepada pemegang polis.

48. Loyalty bonus

Manfaat yang ada dalam asuransi unit link, berupa alokasi tambahan terhadap persentase investasi pada tahun ke sekian masa asuransi.

49. Masa tenggang (grace period)

Batas akhir pembayaran premi yang harus dilakukan nasabah asuransi.

50. Masa tunggu (waiting period)

Masa gak adanya pembayaran premi karena suatu sebab.

51. Maturity date (tanggal jatuh tempo)

Tanggal yang telah disetujui pada saat suatu perusahaan asuransi membayarkan sejumlah tunai uang.

52. Minor

Seseorang yang masih di bawah umur, yaitu di bawah 21 tahun dan belum menikah.

53. Main reserve

Adalah cadangan premi yang dimiliki nasabah asuransi, akan dihitung pada pertengahan tahun.

54. Mail kit

Brosur penawaran dan penjualan yang dikirimkan untuk menjelaskan berbagai informasi tentang program asuransi, memudahkan calon nasabah memutuskan program asuransinya.

55. Mortalitas

Perkiraan kematian atau frekuensi waktu kematian yang tidak pasti.

56. Nilai aktiva bersih (NAB)

Nilai dasar investasi yang terdapat pada polis unit link.

57. Nilai investasi

Jumlah unit yang tercipta dalam satu periode investasi.

58. Nilai tunai (cash value)

Istilah dalam asuransi jiwa whole life atau unit link, maksudnya sejumlah uang yang terdapat pada program asuransi kamu yang bisa kamu klaim pada waktu yang sudah ditentukan.

59. Objek asuransi

Objek asuransi adalah jiwa dan raga, kesehatan manusia, tanggung jawab hukum, benda dan jasa, serta semua kepentingan lainnya yang dapat hilang, rusak, rugi, dan/atau berkurang nilainya.

60. Occupational risk/hazard

Risiko yang berasal dari pekerjaan pemegang polis.

61. Own Risk (biaya sendiri)

Own risk atau deductible adalah istilah dalam asuransi mobil, maksudnya biaya yang dikeluarkan dalam asuransi kendaraan ketika nasabah mengajukan klaim perbaikan kendaraan. Adanya biaya ini adalah agar nasabah berhati-hati dalam berkendara.

62. Payor

Payor adalah pihak yang membayar premi atau pemegang polis. Dengan kata lain, payor adalah nasabah asuransi.

63. Pemegang polis

Pemegang polis adalah pihak yang mengikatkan diri berdasarkan perjanjian dengan perusahaan asuransi, untuk mendapatkan pelindungan atau pengelolaan atas risiko bagi dirinya, tertanggung, atau peserta lain.

64. Peserta asuransi

Pihak yang menghadapi risiko sebagaimana diatur dalam perjanjian Asuransi Syariah atau perjanjian reasuransi syariah.

65. Pinjaman premi otomatis / Automatic Premium Loan (APL)

Pinjaman polis otomatis yang diambil dari Nilai Tunai Polis (selama Nilai Tunai mencukupi), untuk melunasi premi yang belum dibayar sampai akhir masa keleluasaan (tidak berlaku untuk Polis Asuransi Jiwa Unit Link).

66. Policy Lapse (polis lewat waktu)

Penghentian pertanggungan asuransi sebagai akibat dari tidak dibayarnya premi sesuai kesepakatan di dalam polis asuransi.

67. Polis aktif

Polis yang preminya sudah dibayar tepat waktu dan dibayar sepenuhnya.

68. Polis asuransi

Polis asuransi adalah kontrak tertulis antara perusahaan asuransi dengan nasabah. Isinya adalah pengalihan risiko, jenis risiko yang ditanggung hingga jangka waktu perlindungan diberikan. 

69. Pre-existing Condition

Pre-existing condition adalah kondisi di mana calon nasabah asuransi pernah atau sedang menderita penyakit tertentu, sehingga gak bisa mendaftarkan diri pada asuransi.

70. Premi atau kontribusi

Sejumlah uang yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi atau perusahaan reasuransi dan disetujui oleh pemegang polis.

Uang untuk dibayarkan berdasarkan perjanjian asuransi atau perjanjian reasuransi. Atau sejumlah uang yang ditetapkan, berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mendasari program asuransi wajib untuk mendapatkan manfaat. 

71. Premi Top Up

Premi tambahan yang dibayarkan di luar premi dasar dan premi rutin. Biasanya ada dalam asuransi unit link.

72. Quarterly Premium

Durasi pembayaran premi yang dilakukan setiap tiga bulan sekali.

73. Rate Premi

Suku premi yang ditetapkan asuransi dalam asuransi kendaraan atau properti, untuk menentukan harga premi dengan mengalikannya dengan harga objek yang ditanggung.

74. Reasuransi

Produk keuangan di mana perusahaan asuransi mengasuransikan kembali (reasuransi) risiko yang dimilikinya, yaitu klaim nasabah.

75. Regular Premium Policy (Polis Premi Reguler)

Suatu polis yang menghendaki pembayaran premi secara berkala, sebagai contoh, bulanan, setiap empat bulan, setiap enam bulan atau tahunan.

76. Reimbursement

Metode penggantian biaya dalam asuransi, yang mana nasabah asuransi membayar terlebih dahulu kerugian yang ada, setelah itu asuransi akan menggantikan uang sesuai dengan kuitansi. Umumnya diterapkan dalam asuransi kesehatan.

77. Renewal Guarantee

Sebuah komitmen perusahaan asuransi untuk memperpanjang kontrak asuransi dengan nasabah tanpa mempertimbangkan kondisi kesehatan nasabah. Jadi, meskipun sakit parah, keanggotaan nasabah akan tetap berlanjut.

78. Risiko

Arti risiko dalam asuransi adalah suatu ketidakpastian akan terjadinya suatu peristiwa yang dapat menimbulkan kerugian finansial.

79. Rider atau manfaat asuransi tambahan

Produk tambahan dari asuransi untuk menambah pertanggungan dari manfaat utama yang sudah ada. Rider juga bisa menanggung pertanggungan yang dikecualikan pada polis utama.

80. Risk Based Capital (RBC)

Istilah dalam asuransi yang bisa kamu temukan pada laporan keuangan perusahaan. Merujuk kepada rasio solvabilitas, yaitu analisis dalam mengukur kesehatan dan keamanan finansial perusahaan asuransi. Ukurannya berdasarkan kemampuan modal mereka untuk menutup seluruh kerugian yang ada.

81. Rumah sakit rekanan

Istilah dalam asuransi kesehatan, jiwa, perjalanan, atau kendaraan, maksudnya rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi, sehingga melayani klaim perawatan medis nasabah.

82. Secondary Benefit

Manfaat yang didapatkan nasabah asuransi di luar manfaat utama, biasanya berupa layanan ambulans pada asuransi kesehatan atau layanan derek pada asuransi mobil.

83. Single Premium Policy (polis dengan premi sekali bayar)

Suatu polis yang hanya menghendaki sekali pembayaran premi asuransi yang dilakukan di muka.

84. Sum Assured (jumlah uang pertanggungan)

Jumlah uang jaminan yang dipertanggungkan kepada pemegang polis.

85. Surrender

Penjualan polis kepada pihak penanggung sebesar nilai tunai yang telah terbentuk pada saat penjualan polis dilakukan.

86. Survei klaim

Istilah dalam asuransi umum yang menunjukkan aktivitas pengecekan kerusakan pada objek tertanggung oleh petugas asuransi, setelah nasabah mengajukan klaim ganti rugi.

87. Third Party Liability (TPL) / tanggung jawab pihak ketiga

Bentuk pertanggungan asuransi yang akan memberikan ganti rugi apabila tertanggung mendapatkan tuntutan hukum dari pihak ketiga, misalnya dalam kecelakaan di jalan.

88. Tertanggung

Istilah dalam asuransi yang artinya pihak yang menghadapi risiko sebagaimana diatur dalam perjanjian asuransi atau perjanjian reasuransi.

89. Total loss only (TLO)

TLO atau Total Loss Only adalah istilah dalam asuransi kendaraan yang penerapannya dikaitkan dengan nilai pertanggungan pada skala kerusakan yang lebih parah. Umumnya, pertanggungan terbatas pada kerusakan kendaraan di atas 75 persen atau kehilangan akibat pencurian.

90. Uang pertanggungan

Istilah dalam asuransi umum maupun jiwa ini biasa disingkat menjadi UP. Uang pertanggungan atau UP adalah sejumlah nominal dana yang tercantum pada halaman polis yang akan dibayar apabila terjadi kematian atau kondisi polis lain, yaitu dibayarkan pada saat masa pertanggungan berakhir sesuai dengan macam asuransi yang diambil. Tidak termasuk jumlah tambahan yang akan dibayarkan untuk ketentuan khusus lainnya.

91. Underwriting

Underwriting adalah istilah dalam asuransi yang merupakan proses mengidentifikasi dan menyeleksi risiko dan mengelompokkan tingkat risiko dari calon nasabah asuransi. Underwriting dinilai penting sebagai gambaran jumlah premi yang harus dibayarkan. 

92. Underwriter

Underwriter adalah orang atau perusahaan yang memiliki kemampuan menilai dan memprediksi berbagai risiko atas pemegang polis sebagai acuan bagi pertimbangan perusahaan asuransi dalam menerima pengajuan klaim nasabah.

93. Unit link

Varian produk asuransi jiwa yang juga memberikan manfaat timbal balik hasil investasi. Premi yang disetor tidak benar-benar hangus, tapi sebagian ditaruh di instrumen investasi.  Namun, perlu diperhatikan bahwa produk ini mengandung risiko, sama seperti jenis investasi lainnya.

Cari tahu asuransi jiwa terbaik dengan mengikuti kuis berikut ini

Asuransi jiwa memberi manfaat dalam bentuk uang pertanggungan bagi penerima manfaat atau ahli waris apabila terjadi risiko yang menimpa pemilik polis.

Temukan pilihan asuransi jiwa terbaik dengan mengikuti kuis di bawah ini.

Kalau kamu punya pertanyaan terkait manfaat asuransi lainnya sekaligus mendapatkan rekomendasi kepada berbagai produk asuransi yang ada di Indonesia, konsultasikan saja di Tanya Lifepal!

Tanya jawab seputar istilah dalam asuransi