Jadi Ketum PSSI, Ini Fakta Iwan Bule yang Jarang Diekspos ke Publik

iwan bule

Komjen Pol. Mochamad Iriawan alias Iwan Bule resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI melalui pemilihan pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, (2/11/2019). Semua tentu tahu bahwa pria yang satu ini memang merupakan perwira tingkat tinggi Polri.

Iwan mengalahkan dua kandidat lain yaitu Arif Putra Wicaksono dan Rahim Soekasah. Sementara itu, tujuh kandidat lain dikabarkan sudah mundur sebelum pemilihan berlangsung.

Tujuh orang itu adalah Aven Hinelo, Benny Erwin, Fary Djemy Francis, Sarman, Vijaya Fitriyasa, dan Yesayas Oktavianus.

Ingin tahu sekilas fakta mengenai Jenderal Polisi bintang tiga ini? Yuk simak ulasannya.

Baca juga: Fakta-fakta Ajudan Ma’ruf Amin, Polisi Religius Berharta Rp 15 Miliar!

1. Mantan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya

iwan bule
Mochamad Iriawan dalam setelan jas hitam. (Instagram/@mochamadiriawan84)

Iwan Bule sempat menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal di Polda Metro Jaya pada tahun 2008 silam. Memang, sejak berkarier sebagai aparat keamanan, pria kelahiran 1962 ini lama bergelut di bidang reserse kriminal.

Kasus terkenal yang ditangani Iwan adalah kasus yang melibatkan mantan Ketua KPK Antasari Azhar. Lebih tepatnya adalah kasus pembunuhan kontroversial pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen.

Iwan sendiri adalah lulusan akpol tahun 1984 silam. Dia memulai kariernya dari nol hingga jadi Kapolda NTB, Jabar, Metro Jaya, hingga jadi salah satu pejabat dan publik figur ternama seperti saat ini.

Baca juga: KPK dan 6 Institusi Ini Dipimpin Jenderal Polisi, Berapa Kekayaan Mereka?

2. Pernah jadi Gubernur Jawa Barat

iwan bule
Pernah duduk di kursi Gubernur Jawa Barat selama beberapa bulan. (Instagram/@mochamadiriawan84)

Siapa sangka, Iwan Bule ternyata pernah menduduki kursi Gubernur Jawa Barat lho. Lebih tepatnya sebelum Kang Emil alias Ridwan Kamil naik jabatan. Bersamaan dengan itu, Iwan juga menduduki posisi Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

Di tahun 2018, Iwan ditunjuk oleh Tjahjo Kumolo yang saat itu menduduki posisi Mendagri untuk menggantikan Ahmad Heryawan. Namun jabatan gubernur itu cuma berlangsung pada Juni hingga September 2018 saja karena sifatnya untuk mengisi kekosongan di kursi gubernur jelang Pilgub.

Baca juga: Ada yang Berpangkat Jenderal, 5 Artis Indonesia Ini Dulunya Polisi dan Tentara!

3. Penasihat Persib

iwan bule
Mochamad Iriawan (tengah). (Instagram/@mochamadiriawan84)

Di dunia sepakbola, Iwan Bule ternyata punya andil lho. Di tahun 2009, nama Iwan masuk dalam jajaran dewan penasihat Persib Bandung.

Selain itu, dia juga aktif sebagai pelindung di kepengurusan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Barat.

Iwan pun pernah menegaskan bahwa harus ada modernisasi pembinaan dalam sepakbola Indonesia, agar Indonesia bisa berlaga di Piala Dunia. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Bicara soal strategi di PSSI, Iwan tentunya sudah punya berbagai jurus untuk menghadapi tantangan ini. Kita nantikan saja sepak terjangnya. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →