Mundur dari Alibaba, Jack Ma si Manusia 40 Miliar Dolar Bakal Lakukan Ini

https://tekno.kompas.com/read/2017/11/14/11410047/lihat-aksi-bos-alibaba-main-film-kungfu-lawan-jet-li

Pendiri Alibaba, Jack Ma, menyatakan mundur dari perusahaannya, Alibaba. Lantas, apa rencana manusia bernilai US$ 40 miliar atau sekitar Rp 595 triliun (kurs Rp 14.878/US$)  itu setelah mundur dari Alibaba?

Crocodile In The Yangtze atau Si Buaya dari Sungai Yangtze. Begitulah Jack Ma dijuluki. Bukan maksud menjelek-jelekkan, nama tersebut merupakan judul film dokumenter yang berkisah tentang perjalanan hidupnya.

Dalam film tersebut, Jack Ma berkata,”eBay adalah hiu di lautan. Kami adalah buaya di Sungai Yangtze. Kalau kita bertemu di laut, pasti kami kalah. Tapi kalau kita bertemu di sungai, kami yang akan menang.”

Nyatanya, apa yang dikatakannya tersebut terbukti. Jack Ma sukses membesarkan Alibaba sebagai e-commerce raksasa di Cina. Semakin besarnya Alibaba turut memengaruhi besarnya kekayaan si buaya dari Sungai Yangtze ini.

Jack Ma tercatat memiliki kekayaan hingga US$ 40 miliar atau sekitar Rp 595 triliun. Dengan kekayaan sebanyak itu, Ma masuk daftar 20 orang terkaya di dunia. Bahkan, nilai kekayaannya tersebut melampaui kekayaan Hartono bersaudara.

Namun, ada kabar terbaru dari Jack Ma yang bikin terkejut banyak orang. Seperti diberitakan Liputan6, Ma memutuskan mundur dari posisinya sebagai Chairman of the Board di Alibaba. Ia menunjuk Daniel Zhang yang akan menggantikannya, tahun depan.

Jack Ma udah mempersiapkan beberapa rencana yang bakal dilakukan selepas mundur nanti. Kira-kira apa aja rencana si manusia 40 miliar dolar ini? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Mengikuti jejak Bill Gates, Jack Ma pengin beramal

Jack Ma (Shutterstock)

Mengikuti jejak Bill Gates, miliuner asal Cina ini pengin mendedikasikan hidupnya dan memanfaatkan hartanya buat beramal. Seperti yang diberitakan The Guardian, Ma ingin mencurahkan hidupnya sebagai seorang filantropis.

Asal tahu aja nih. Di balik kepribadiannya yang visioner dan ambisius, Ma punya jiwa sosial yang gak perlu diragukan lagi. Salah satu contohnya, Ma membangun yayasan yang diberi nama Jack Ma Foundation, pada 2014 lalu.

2. Mengabdikan diri di bidang pendidikan

Jack Ma (Shutterstock)

Gak seperti orang-orang pada umumnya yang tinggal menikmati kekayaan yang dikumpulkannya, Jack Ma memilih mengabdikan diri di bidang pendidikan.

Sebenarnya, pilihan yang diambil Ma ini bukanlah hal yang mengejutkan. Pasalnya, Ma punya latar belakang di dunia pendidikan sebelum dulunya mendirikan Alibaba.

Ma menjadi guru bahasa Inggris setelah lulus Universitas Keguruan Hangzhou saat usianya 20 tahun. Saat itu, ia cuma menerima gaji Rp 140 ribu tiap bulan.

3. Menjadi pembicara

Jack Ma (Shutterstock)

Selain bakal beramal, dan melakukan gerakan sosial di bidang pendidikan, Jack Ma sepertinya akan aktif sebagai pembicara. Setelah kesuksesan yang diraih Alibaba, Ma menerima banyak undangan sebagai pembicara, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Misalnya aja, Ma menjadi acara World Economic Forum 2018 di Davos, Swiss. Ia menyampaikan pandangannya mengenai pekerja perempuan lewat live streaming Facebook.

Kepiawaiannya berbicara berhasil memukau banyak orang. Wajar aja kalau banyak orang menantikan dirinya buat berbagi kisah dan pandangan.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Kebolehannya tersebut gak lepas dari kedua orangtuanya yang memilih darah seni. Hasilnya, Ma begitu lihai memainkan perannya di depan umum.

Itu tadi tiga rencana yang bakal dilakukan Jack Ma setelah mundur tahun depan. Namun, hal tersebut bukan berarti ia bakal meninggalkan Alibaba selamanya ya.

Ma nantinya mengambil peran sebagai mitra pendiri dalam Alibaba Partnership. Moga-moga rencananya setelah mundur berjalan lancar ya Ma!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →