6 Kata Mutiara yang Bilang Kalau Mendengarkan Itu Bisa Bikin Sukses

Percaya gak, kalau jadi pendengar yang baik itu bisa membuatmu sukses di masa yang akan datang? 

Anggapan ini mungkin pernah kamu dengar, tapi mungkin juga belum. Namun sederhananya adalah, ketika kita mendengarkan seseorang berbicara, maka banyak hal positif yang bisa kita dapat. Salah satunya adalah membangun hubungan emosional dengan lawan bicara kita.

Segelintir orang sukses di dunia ini pun setuju dengan hal itu. Mereka bahkan punya opini lain tentang manfaat menjadi pendengar yang baik.

Ingin tahu lebih lanjut? Berikut ulasannya.

1. Dalai Lama

Pendengar yang Baik
Dalai Lama

“Ketika kamu berbicara, kamu hanya mengatakan hal yang kamu tahu. Tapi dengan mendengarkan seseorang bicara, kamu dapat ilmu baru,” – Dalai Lama

Tuh, Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama juga sepakat bahwa sebagai manusia kita harus bisa menjadi pendengar yang baik. Hal itu disebabkan karena ketika kita bercerita atau bicara, kita cuma menceritakan hal yang kita tahu saja.

2. Ernest Hemingway

Pendengar yang Baik
Ernest Hemingway

“Saya suka mendengarkan orang lain bicara, saya dapat banyak pelajaran dari sana. Dan kebanyakan orang memang enggan melakukan ini” – Ernest Hemingway

Bagi novelis ternama ini, mendengarkan orang lain bicara tentu hukumnya wajib selama apa yang dibicarakan memang bisa menginspirasi kita. Hal ini mungkin sulit dilakukan oleh segelintir orang, terutama yang senang bicara.

3. Karl A. Menninger

Pendengar yang Baik
Karl A. Menninger

“Mendengar adalah hal yang cukup aneh, tapi itu adalah bentuk kekuatan yang kreatif. Teman-teman yang sudah menjadi pendengar yang baik bagi kita, umumnya selalu sukses,” – Karl A. Menninger

Sebuah kekuatan yang kreatif, unik juga ya pernyataan psikiater legendaris di Amerika ini. Namun intinya adalah, mereka yang sudah bisa menjadi pendengar yang baik bagi seseorang tentu punya pemikiran yang lebih maju dari kita. Apakah ada temanmu yang seperti ini?

4. Robert Frost

Pendengar yang Baik
Robert Frost

“Pendidikan yang sebenarnya adalah menjadi seorang pendengar tanpa menanggapinya dengan emosi” – Robert Frost

Menjadi pendengar itu bukan hal yang sederhana lho. Coba ingat saja saat kamu duduk di bangku kuliah dan berada di forum organisasi, pasti bawaannya ingin selalu menanggapi pernyataan orang yang bicara di depan. 

5. Pepatah Cina

Pendengar yang Baik
Pepatah Cina

“Kamu punya dua telinga dan satu mulut, gunakanlah sesuai dengan proporsinya” – Pepatah China

Nah, ini udah lumayan jelas. Intinya telinga kita jumlahnya memang lebih banyak ketimbang mulut, so jelas sekali bahwa telinga seyogyanya harus lebih sering digunakan. 

6. Oprah Winfrey

Oprah Winfrey (Shutterstock).

“Dengar dan perhatikan (orang yang berbicara), setiap detik kamu akan dapat manfaatnya” – Oprah Winfrey

Ini jauh lebih jelas dan padat. Intinya, dengarkan saja dulu deh mereka yang bicara. Di setiap detik kamu akan mendapatkan manfaatnya. 

Itulah deretan kata mutiara tentang pentingnya menjadi pendengar yang baik. Sudah siap jadi pendengar? Mendengar itu bukan perkara gampang lho, kadang kita memang tergoda untuk nyelak lawan bicara kita. Mendengarkan orang bicara dan menunggu waktu kamu bicara. Mendengarkan juga bukan asal diam lho ya, meski ada pepatah diam itu “emas.” (Editor: Winda Destiana Putri).