Jangan Mimpi Bisa Sukses Kalau Masih Sering Mengucapkan 6 Kalimat Ini!

Jangan Mimpi Bisa Sukses

Semakin sering kamu menghabiskan waktu bersama orang-orang sukses, maka semakin jarang kamu mendengar enam kalimat ini.

Orang-orang sukses paling gak suka mengucapkan kalimat ini, karena efeknya bakal negatif buat diri sendiri dan orang sekitar yang mendengarnya. Kebanyakan dari mereka pun selalu memotivasi orang lain untuk menghindari enam kalimat ini.

Nah, penasaran kan apa saja enam kalimat yang gak akan pernah diucapkan sama orang sukses? Yuk cari tahu!

1. “Saya gak bisa”

Kamu pasti pernah merasa bahwa kamu gak sanggup melakukan apa yang diperintahkan bos karena sulit. Pokoknya pesimis banget kalau apa yang diminta bos itu bisa terwujud.

jangan mimpi bisa sukses
Waduh jangan lantas bunuh diri kalau belum bisa menyelesaikan tugas yang ini (patah arang/jesusjazzbuddhism)

Tapi mengatakan kalau “Saya gak bisa” sebelum mencoba, bukanlah hal yang bijak. Bangunlah sebuah keyakinan bahwa sesulit apapun tugas yang dikerjakan, kamu tetap bisa melakukannya.

Dengan mengatakan kalau kamu gak bisa, maka semakin sulit juga buatmu untuk menyelesaikan tugas itu. Berusahalah dengan maksimal, dan lihat hasilnya. Yakinlah kalau pikiran positif, hasilnya juga pasti positif kok!

2. “Saya gak tahu caranya”

Dari gak tahu menjadi tahu, tentu butuh proses yang namanya belajar. Bayi pun belajar untuk bisa tidur tengkurap, duduk, berdiri, berjalan, hingga bicara. Kamu juga mengalami fase itu kan?

Ketika bos memberimu tugas yang belum pernah kamu kerjakan sebelumnya, jangan lantas kamu komat kamit menyebut mantra andalan, “Saya gak tahu caranya.” Bila kalimat itu seringkali terucap, sang bos pasti menilai bahwa kamu adalah orang yang gak mau belajar.

Bila kamu bingung, mintalah arahan darinya dan cobalah untuk menyelesaikan tugas tersebut dengan maksimal. Ingat lho, ini adalah proses belajar.

3. “Saya gak ada waktu”

Jangan pernah katakan hal ini ketika rekan kerja meminta sedikit waktumu untuk kepentingan pekerjaan. Misalnya, setiap kali diajakin membantu event kantor, kamu selalu bilang gak ada waktu karena sibuklah, lagi hectic, atau banyak deadline. Lah, yang kerja di kantor kan bukan kamu doang to? Rekan-rekanmu yang lain juga kerja lho.

jangan mimpi bisa sukses
Udah deeehh.. jangan bohong mulu soal waktu (waktu/byrslf)

Kamu bakal dianggap sebagai orang yang gak bisa diandalkan kalau kalimat kayak gini sering keluar dari mulutmu. Ujung-ujungnya, kamu gak hanya akan kehilangan kepercayaan, melainkan juga kesempatan emas dalam hal karier atau yang lain.

4. “Saya gak sempat mempelajarinya”

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Berhentilah membohongi diri sendiri dan orang lain dengan mengatakan hal ini. Terutama ketika kamu diminta bos mempelajari sesuatu untuk kepentingan riset yang agak rumit.

Waktu kosongmu itu banyak. Biasanya ada di saat kamu baru saja menyelesaikan pekerjaan rutin, di sela istirahat makan siang, atau sore hari menjelang pulang. Cara belajar pun beragam. Sekarang sudah ada webinar atau audiobook di Internet kok.

So, jangan pernah mengatakan hal ini lagi ya. Nanti yang ada kamu gak akan pernah belajar dan meng-upgrade kemampuanmu.

5. “Kalau saya punya banyak duit, saya pun bisa sukses seperti dia”

Yang satu ini erat kaitannya dengan mereka yang mau buka usaha tapi galau. Gak sedikit lho pengusaha galau mengatakan hal ini, terutama ketika bicara masalah promosi.

Bila memang gak ada duit, maka pikirkanlah cara promosi yang kreatif dengan modal terbatas. Atau, kamu pun bisa mengajukan pinjaman dana ke bank dalam bentuk kredit tanpa agunan, atau pinjaman dengan jaminan.

jangan mimpi bisa sukses
Gak ada duit buat bisnis, ya bisa pinjam dana atau cari investor kan? (duit/cuinsight)

Banyak jalan menuju Roma, bro! Jangan langsung berprasangka kalau orang yang bisa sukses menjalankan bisnis itu cuma mereka yang modalnya kuat. Banyak lho pengusaha sukses yang mulai dari nol dan gak punya modal sama sekali. Semua itu tergantung niat dan komitmen.

6. “Kompetitor kita payah”

Sejatinya, walaupun kita selalu berkompetisi dalam dunia kerja atau bisnis, tidak etis meremehkan atau menjelekkan lawan-lawan kita. Apalagi sampai melakukan black campaign terhadap produk mereka.

Hormatilah kompetitor-kompetitormu, dan pelajari langkah mereka dengan baik. Jika mereka sukses, pelajari strategi bisnis mereka. Kalau mereka gagal, belajarlah dari kesalahan mereka. Gak perlulah pakai jelek-jelekin mereka segala. Ini sih tandanya kita yang gak mampu bersaing sehat.

So, sudah paham ya dengan enam kalimat yang bisa menjegalmu dari kesuksesan? Pokoknya, bila sewaktu-waktu kamu menerima perintah atau tantangan baru, tetap yakin bahwa kamu akan bisa melaluinya sesulit apapun hal itu.

Selalu ingat bahwa gak ada proses yang instan di dunia ini. Semua butuh pembelajaran dan kesabaran. Semangat ya!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Sukses dalam Berkarier Itu Hak Semua Orang, Termasuk Si Introvert]

[Baca: Kerjamu Bakal Santai dan Jauh dari Stres Kalau Ada 6 Hal Ini di Kantormu]

[Baca: Kerjaan Sudah Selesai, tapi Jam Kantor Belum Berakhir. Ngapain Ya?]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →