Jangan Sampai Gagal Interview Kerja Karena Pertanyaan Sepele Ini

Interview kerja

Interview kerja sering bikin grogi meski segala persiapan telah dilakukan. Pertanyaan yang diajukan orang HRD kerap kali sudah diduga, namun tetap saja ada kemungkinan gagal dalam wawancara.

Satu pertanyaan yang hampir selalu dilontarkan adalah “ceritakan tentang diri Anda”. Sepele kan?

Tapi jawabannya bisa jadi njlimet dan justru bikin kita gagal interview kerja.

Bila menjawab panjang-lebar tentang riwayat keluarga sampai pengalaman menuju lokasi wawancara, segera lupakan lowongan yang tersedia.

Sembilan puluh sembilan persen orang HRD bakal il-feel karena menerima jawaban yang gak relevan. Tapi apa kira-kira jawaban yang diharapkan HRD?

Gak sulit sebenarnya. Berikut ini tips menjawab pertanyaan sepele “ceritakan tentang diri Anda” agar gak gagal interview kerja:

1. Ini yang telah saya capai

interview kerja
Prestasi perlu ditunjukkan, tapi jangan lebay (tantec.swiss)

Mulailah dengan menyebutkan soal pendidikan terakhirmu, sertifikat kompetensi, sampai pengalaman kerja. Gak perlu menyebutkan semua yang telah dicapai. Udah ada tempatnya buat itu, yakni CV.

Tonjolkan yang kira-kira sangat penting saja, misalnya kamu lulusan sarjana dengan status cum laude. Atau pernah menjadi karyawan teladan berturut-turut dalam pekerjaan sebelumnya.

Segala capaian itu akan membuat manajer HRD menaruh perhatian pada awal wawancara. Terlebih bila banyak prestasi yang bisa kamu informasikan. Dijamin dalam proses wawancara selanjutnya orang HRD tersebut akan lebih tertarik menggali lebih dalam soal dirimu.

[Baca: Mau Sukses Wawancara Kerja? Jangan Katakan 7 Hal Ini]

2. Ini yang sedang saya lakukan

interview kerja
Pastikan manajer HRD terus tertarik mendengarkan jawabanmu (gobankingrates)

Berikutnya, ceritakan apa sih yang sedang kamu kerjakan saat ini. Misalnya lagi banyak ikut pelatihan demi kemajuan karier atau cari peluang kerja yang sesuai dengan passion dan talenta.

Jelaskan dengan detail alasanmu melamar kerja di situ dan apa kelebihanmu yang bisa jadi poin plus bila diterima kerja di sana. Dalam poin ini, kamu bisa bercerita lebih luas.

Penjelasanmu haruslah memperlihatkan komitmen kerja yang tinggi. Bila saat ini kamu lagi jomblo dan cari pacar, gak perlu diceritakan.

3. Ini target saya

interview kerja
Tunjukkan anak tangga yang hendak kamu lewati hingga ke puncak (nuclio)

Dalam poin terakhir ini, ceritakan targetmu dalam karier dan apa yang akan kamu lakukan untuk mencapainya. Hal tersebut akan memperlihatkan semangat dan ambisi dalam pekerjaan.

Orang yang gak punya ambisi kemungkinan besar bakal jadi orang yang pasif, stagnan, dan gak bisa berkembang. Manajer HRD gak bakal mau merekrut pegawai seperti itu.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Namun perlu digarisbawahi, target boleh ambisius, tapi tetap harus relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar dan kemampuanmu. Target bisa dibagi menjadi jangka pendek dan jangka panjang.

Misalnya dalam tiga hingga lima tahun ke depan hendak jadi kepala bagian. Lalu dalam 10 tahun berikutnya mengejar target menjadi manajer.

Optimisme perlu dikeluarkan. Namun, jika kemudian diterima kerja, jangan lupakan segala hal yang kamu ceritakan dalam wawancara ini. Kamu bakal ditandai kalau ternyata omonganmu dalam interview kerja gak sesuai dengan praktik di lapangan.

[Baca: Wawancara Kerja? Pertanyaan Sepele Ini Nyatanya Jadi Penentu Besar Lho!]

Jawaban atas pertanyaan “ceritakan tentang diri Anda” dengan poin-poin di atas sebaiknya dijelaskan dalam durasi 4-5 menit. Waktu selama itu dianggap cukup untuk menceritakan semuanya tanpa membuat manajer HRD bosan.

Menurut Patricia Yuanila, psikolog konsultan yang kerap membantu interview kerja di kantor tersohor, konsistensi dibutuhkan dalam menjawab pertanyaan manajer HRD.

Bila ternyata jawaban yang kamu berikan berubah-ubah, terutama soal kelebihanmu, HRD bakal curiga. Gak perlu lebay dalam menceritakan poin plus.

Ceritakan saja apa adanya dan konsistenlah. Dengan begitu, kamu bisa optimistis menatap kemungkinan merintis karier yang kamu dambakan.

[Baca: 6 Hal Sepele tapi Penting Dilakukan Sebelum Interview Kerja]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →