Waspada! Pekerjaan Ini Nantinya Udah Gak Pakai Tenaga Manusia Lagi, Digantikan Robot

Jenis pekerjaan tergantikan robot

Dengan berkembangnya teknologi, pekerjaan-pekerjaan yang biasa dilakukan manusia menjadi lebih mudah. Namun, di balik kemudahan tersebut, ada konsekuensi yang berdampak terhadap beberapa jenis pekerjaan.

Kabarnya, ada beberapa pekerjaan yang bakal dijalankan secara otomatis alias digantikan robot.

Itu berarti, peran manusia buat menjalankan pekerjaan gak lagi dibutuhkan. Dengan kata lain, banyak orang yang nantinya bakal kehilangan pekerjaan karena penggunaan robot ini.

Bisa dibayangkan, bukan? Gambaran-gambaran yang selama ini cuma fiksi di film atau buku perlahan mulai menjadi kenyataan.

Laporan Future of Jobs Report 2018 dari World Economic Forum menunjukkan, revolusi industri keempat bakal berpengaruh besar ke pasar tenaga kerja.

Kabarnya nih, ada beberapa pekerjaan yang nantinya gak lagi membutuhkan tenaga manusia. Apa aja pekerjaan-pekerjaan tersebut? Seperti dikutip dari Finance 101, inilah daftar pekerjaan yang tergantikan robot di masa depan:

1. Kasir

Kasir
Kasir

Jenis pekerjaan yang satu ini disebut-sebut paling besar kemungkinannya digantikan robot. Kasir yang biasanya mengerjakan pemindaian barcode, menghitung total belanjaan, menagih uang belanjaan, hingga melakukan pengemasan ke depan bakal terotomatisasi.

Tenaga manusia gak dibutuhkan lagi dan kamu secara mandiri melakukan tugas yang dilakukan kasir. Mulai dari memindai hingga mengemas. Namun, pembayaran dilakukan di mesin sepenuhnya.

Contohnya, kalau kamu membeli tiket di beberapa stasiun di Jakarta. Di sana kamu melakukan transaksi di mesin-mesin tiket yang telah disediakan tanpa adanya tenaga manusia.

Baca juga:

Mengapa Banyak Orang Cari Pekerjaan Baru di Januari? Ini Alasannya

2. Administrasi kantor

Administrasi kantor
Administrasi kantor

Perkembangan software menjadi ancaman buat orang-orang yang menjalani jenis pekerjaan ini. Pasalnya, banyak kantor yang menggunakan software yang bisa mengerjakan administrasi kantor.

Tugas-tugas yang ada sangkut pautnya dengan dokumen-dokumen kini gak harus dilakukan manusia lagi. Bahkan, ada yang menganggap penggunaan software untuk urusan administrasi menciptakan efisiensi yang bisa mengurangi banyak pengeluaran.

Baca juga:

Selain Sales, 5 Bidang Pekerjaan Ini Bakal Izinkan Karyawannya Gak Ngantor

3. Akuntan dan audit

Akuntan
Akuntan

Selain pekerjaan administrasi kantor yang terdampak perkembangan teknologi, pekerjaan akuntan dan audit juga bisa dilakukan robot.

Kegiatan entri data, akuntansi, dan audit bakal dilakukan secara otomatis. Hasilnya pun disebut-sebut lebih akurat.

Prediksinya, jenis pekerjaan ini bakal diotomatisasi dalam waktu lima hingga 10 tahun mendatang.

Dengan penggunaan software akuntansi dan audit, negara atau perusahaan diuntungkan karena mereka gak perlu merekrut banyak orang buat melakukan pekerjaan ini.

4. Koki

Koki
Koki

Kamu mungkin gak percaya, tapi faktanya nih ada usaha menggantikan manusia dengan robot dalam urusan masak-memasak.

Keinginan pelanggan yang ingin mendapat makanan dengan cepat mendorong upaya menciptakan teknologi yang bisa memasak dengan cepat.

Kebayang dong kamu datang ke restoran kemudian melakukan pemesanan, dan dalam waktu kurang dari 3 menit, pesanan udah siap. Kamu pun gak perlu buang-buang waktu buat menunggu lama.

4. Resepsionis

Resepsionis
Resepsionis

Jenis pekerjaan ini juga disebut-sebut akan tergantikan oleh robot. Tugas menyambut tamu, menjawab panggilan telepon, hingga menjawab pertanyaan-pertanyaan ternyata bisa diotomatisasi.

Kekurangannya, mungkin kamu gak bakal mendapat ekspresi sehangat ekspresi manusia. Pasalnya, kamu berhadapan dengan robot yang siap menjawab pertanyaan-pertanyaanmu secara sistematis.

5. Teller

Teller
Teller

Begitu pun dengan jenis pekerjaan satu ini. Pekerjaan teller bank juga pelan-pelan diotomatisasi.

Kalau kamu biasanya melakukan penarikan, penukaran mata uang, tarik tunai, hingga memeriksa setoran, semua itu kini bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi.

Penggunaan ATM, mobile banking, hingga internet banking menjadi permulaan dari penggantian peran yang selalu dilakukan teller. Suatu saat gak menutup kemungkinan kamu bakal gak melihat orang-orang di balik meja teller.

Itu tadi beberapa jenis pekerjaan yang diramalkan gak lagi dikerjakan manusia. Dengan adanya rencana tersebut, bukannya berarti kamu berdiam diri aja. Perkembangan teknologi juga melahirkan pekerjaan-pekerjaan baru yang membutuhkan skill-skill baru.

Di sinilah kamu harus bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan mempelajari skill-skill yang dibutuhkan di masa depan. Dengan begitu, kamu gak harus takut terhadap perubahan zaman. Justru kamu dapat memetik keuntungan dari perubahan zaman tersebut. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →