Cara Jualan di Facebook, Pasti Laris Kalau Terapkan 5 Hal Berikut Ini

Jualan di Facebook

Cara jualan di Facebook menjadi kegiatan yang gampang banget dilakukan di era yang serba online seperti sekarang ini. Coba deh kamu perhatikan, makin banyak kan orang-orang yang jualan di Facebook?

Padahal, awalnya Facebook itu merupakan media sosial di mana semua orang bisa berkomunikasi dan saling berbagi satu sama lain. Seiring perkembangannya, banyak orang memanfaatkan peluang dengan cara jualan di Facebook.

Walaupun cara jualan di Facebook itu juga ada pesaingnya, dibandingkan dengan jualan di platform e-commerce, persaingan di Facebook gak ketat-ketat amat. Makanya, cukup banyak orang yang cenderung berjualan di media sosial ini.

Nah, biar jualan di Facebook itu selalu laris manis, ada beberapa tips yang bisa dilakukan nih, termasuk jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan selama berjualan. Buat menambah proteksi untuk risiko kerugian finansial akibat sakit, kamu bisa menyisihkan sebagian dana untuk asuransi kesehatan terbaik.

Jualan gak melulu harus dengan pasang iklan, karena kamu bisa jualan di FB gratis atau jualan di Facebook tanpa iklan. Simak yuk tips-tipsnya berikut ini.

Cara mulai jualan di Facebook

Sangat mudah untuk bisa mulai cara jualan di Facebook. Kalau kamu berpikir Facebook itu cuma tempat buat update status hingga berdebat pilihan politik, itu berarti kamu belum update perkembangan media sosial ini.

Kamu bisa punya halaman bisnis khusus untuk bisnis yang kamu jalankan. Tak cuma menampilkan produk jualan kamu, halaman bisnis juga akan membuat pelanggan mengetahui secara lengkap tentang profil bisnis yang kamu jalankan. Sehingga membuat halaman bisnis ini sangat penting untuk mulai cara jualan di Facebook.

Cara membuat facebook bisnis

Langkah awal untuk mulai jualan di Facebook bisa dilakukan dengan membuat halaman Facebook dengan tipe akun bisnis. 

Berikut ini cara membuat Facebook Bisnis:

  1. Login ke akun Facebook kamu
  2. Pilih menu ‘Halaman’ dan klik ‘Buat Halaman Baru’ atau kamu bisa langsung menuju ke laman
  3. Isikan secara lengkap informasi halaman yang terdiri dari:
    – Nama halaman (nama bisnis, merek, atau organisasi)
    – Kategori (pilih kategori yang menjelaskan jenis bisnis kamu)
    – Keterangan (apa yang kamu jual, layanan yang diberikan, atau tujuan bisnis)Klik Buat Halaman
  4. Lengkapi halaman dengan foto profil dan foto sampul/banner yang menggambarkan bisnis yang kamu jalankan lalu klik ‘Simpan’.
  5. Selesai. Kini kamu punya halaman bisnis untuk produk yang akan kamu jual di Facebook.

Selanjutnya, lengkapi halaman bisnis kamu dengan info kontak WA, email, dan website jika ada. Siapkan pula username brand yang akan digunakan dalam link (facebook.com/usernamebrand).

Gunakan Call-to-Action (CTA)

Menariknya, dengan halaman bisnis ini kamu juga bisa membuat pelanggan terhubung langsung pada berbagai produk jualanmu jika kamu juga menjualnya di marketplace tertentu, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, JD.ID, Lazada dan sebagainya.

Di halaman bisnis yang sudah kamu buat, klik ‘Tambahkan Tombol’ yang terdapat di bawah foto profil.

Kemudian akan muncul halaman pop-up dan kamu bisa memilih mana tombol yang ingin kamu tambahkan agar pembeli lebih mudah untuk mendapatkan produk jualanmu.

  • Pesan Makanan mengarah langsung ke GoFood / GrabFood
  • Pesan Sekarang bisa langsung ke ke halaman pemesanan toko online
  • Beli Sekarang bisa mengarah ke toko online / marketplace 
  • Daftar mengarah langsung ke halaman pendaftaran membership
  • Gunakan Aplikasi untuk langsung ke halaman PlayStore / AppStore
  • Tonton Video untuk pelanggan bisa menyaksikan video produkmu di YouTube
  • Mainkan Game untuk mengarah langsung ke situs game
  • Tak hanya itu, tombol CTA ini juga bisa memudahkan calon pembeli untuk menghubungi kamu jika ingin bertanya atau untuk melakukan pemesanan.

  • Telepon Sekarang bisa tersambung ke nomor kontak atau WhatsApp
  • Hubungi Kami akan mengarahkan ke halaman kontak toko
  • Kirim Pesan untuk lanjut ke chat Messenger
  • Kirim Email untuk lanjut ke pembuatan email
  • Pelajari Selengkapnya bisa mengarah ke halaman tentang produk
  • Tips bagaimana cara jualan di Facebook

    Sudah memiliki halaman bisnis, kini saatnya kamu menerapkan strategi cara jualan di Facebook agar mendatangkan untung. Seperti yang diungkapkan Love Money, inilah tips-tips cara jualan di Facebook bagi pemula supaya laris manis.

    1. Jualan di Facebook pakai fitur marketplace

    Cara jualan di Facebook menggunakan fitur marketplace akan memudahkan orang untuk mengetahui barang apa saja yang kamu jual lengkap dengan spesifikasinya. Ya, media sosial besutan Mark Zuckerberg ini menyediakan fitur Marketplace yang mirip-mirip dengan Tokopedia atau Bukalapak.

    Fitur Marketplace dari Facebook disajikan secara sederhana. Nama penjual, gambar barang, lokasi, deskripsi, hingga harga termuat dengan jelas. Fitur ini terletak di kiri halaman saat kamu login di Facebook lewat desktop.

    Penting diperhatikan, lewat fitur ini kamu diharuskan bertemu langsung dengan si pembeli buat melakukan transaksi dan pembayaran alias menggunakan metode Cash On Delivery (COD). Tujuannya untuk menghindarkan penjual dan pembeli dari penipuan.

    Namun, sebelum itu, kamu bisa ngobrol dulu dan melakukan negosiasi dengan si pembeli buat menyepakati harga barangnya. Kalau kamu cepat dalam membalas pesan si pembeli, Facebook bakal memberi kamu lencana “Sangat Responsif” di profil marketplace.

    2. Manfaatkan grup jualan

    Fitur grup di Facebook emang udah lama disediakan. Namun, dari sekian banyak grup yang bermunculan, cukup banyak lho yang mengkhususkan diri sebagai tempatnya para penjual.

    Adanya grup tersebut tentu saja bisa kamu manfaatkan sebagai cara jualan di Facebook. Terlebih, grup tersebut memang dibikin buat berjualan semata, gak sulit rasanya bagi kamu buat menemukan pembeli.

    Gabunglah ke grup jualan di Facebook sebanyak-banyaklah. Lalu posting-lah apa yang kamu ingin jual. Dengan begitu, kamu memperbesar peluang agar barang yang dijual cepat laku.

    3. Tampilkan foto yang orisinal dan bagus

    Agar cara jualan di Facebook laris manis dan cepat dapat pembeli, pasanglah foto-foto yang benar-benar orisinal dan bagus. Biasanya, salah satu alasan kenapa pembeli tertarik buat membeli adalah karena gambar yang terpajang itu terlihat orisinal, sehingga bisa dipercaya keasliannya.

    Coba aja posisikan dirimu sebagai pembeli. Kamu emangnya percaya gitu aja dengan foto-foto barang yang kelihatannya dicomot dari Google? Pastinya gak kan?

    Makanya usahakan benar-benar buat memotret barang-barang yang ingin kamu jual. Hasilkan foto yang banyak dan upload semuanya di marketplace.

    4. Gunakan layanan Facebook ads

    Facebook juga menyediakan layanan Facebook ads yang pastinya memberi hasil yang lebih optimal dari cara jualan di Facebook lainnya. Selama punya modal yang cukup, selama itu pula kamu bisa cetak untung dengan menggunakan layanan Facebook ads.

    Biayanya sendiri bervariasi, tergantung dari Facebook. Biasanya penetapan biaya bergantung pada audiens yang disasar dan biaya per klik atau cost per click (CPC). Makin banyak yang klik, makin murah biaya yang dikeluarkan.

    5. Selalu respons pesan-pesan dari pembeli

    Jangan pilih-pilih dalam menanggapi pesan-pesan yang masuk ke inbox akun Facebook kamu. Selalu balas tiap pesan yang masuk sekalipun ujung-ujungnya cuma tanya doang.

    Seperti yang dijelaskan tadi, cepatnya kamu dalam membalas respons bakal dihargai Facebook dengan pemberian lencana “Sangat Responsif”. Ini tentunya bagus buat usaha jualan kamu. Sebab nantinya pembeli cenderung membeli barang ke kamu karena cepat merespons.

    Nah, itu tadi tips-tips yang bisa kamu gunakan saat jualan di Facebook. Dengan menggunakan tips-tips tersebut, kamu bisa memaksimalkan penjualan di Facebook. Asalkan benar-benar dilakukan ya tips-tipsnya.

    Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang bisnis? Lihat pertanyaan populer seputar bisnis di Tanya Lifepal.

    Pertanyaan seputar cara jualan di Facebook

    Kamu dapat melakukan strategi jualan di FB gratis alias jualan di Facebook tanpa iklan dengan cara:

    1. Posting barang atau jasa yang dijual di fitur Marketplace
    2. Posting barang atau jasa di grup-grup jualan, semakin spesifik grupnya semakin efektif
    CTA atau call to action adalah istilah dalam pemasaran yang tujuannya mengajak pembaca atau calon pembeli mencari tahu profil produk lebih jauh dengan harapan bisa membeli atau memakai produk yang dijual. Selain membeli produk, teknik CTA bisa digunakan untuk mengajak pembaca untuk mendaftarkan email atau profil pribadi lainnya.
    Asuransi kesehatan adalah produk pengelolaan keuangan yang memberi pertanggungan biaya berobat di klinik dan rumah sakit. Utamakan untuk memilih asuransi kesehatan cashless sehingga kamu bisa langsung mendapatkan jaminan perawatan medis secara instan.