5 Judul Video Games Ini Ajari Manajemen Keuangan

Siapa bilang video game hanya permainan yang buang-buang waktu? Kalau kamu jeli dan teliti, terdapat beberapa judul game yang diam-diam mengajarkan manajemen keuangan kepada gamers muda, dewasa maupun tua.

Selama ini mungkin kita hanya mengetahui kalau konsol game seperti Playstation 4, Xbox One, Nintendo Switch, komputer serta mobile gaming itu hanya salah satu cara menghilangkan kejenuhan kerja bagi penduduk kota besar.

Meski anggapan itu ada benarnya, nyatanya banyak sisi positif yang bisa diambil dari sebuah video game. Salah satunya, memberikan manfaat dari sisi finansial untuk pemainnya, kok bisa?

Yuk, kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini mengenai video game yang mengajarkan manajemen keuangan bagi para pemainnya:

Definisi Manajemen Keuangan

dua orang sedang membahas keuangan
Definisi Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan sendiri adalah ilmu yang mengajarkan individu atau kelompok mengenai cara mengelola keuangan yang sehat. 

Ini berguna untuk mengatur pendapatan ataupun pengeluaran yang pasti dialami semua orang, entah itu untuk kebutuhan hidup sehari-hari atau berbisnis.

Cepat atau lambat, kamu pasti bakal membutuhkan ilmu tersebut untuk bisa menjadi orang yang merdeka finansial alias gak takut dompet kosong.

So, baca artikel ini sampai habis karena pasti akan berguna banget dan siapa tahu video game yang masuk dalam daftar belum pernah kamu mainkan sebelumnya:

1. Monopoli

game monopoli
Monopoli

Seperti yang sudah sempat dibahas pada artikel sebelumnya, game monopoli menawarkan banyak ilmu manajemen keuangan yang penting untuk kehidupan sehari-hari seperti berinvestasi, sabar dalam mengelola arus kas serta bisa membedakan mana yang keinginan dan mana kebutuhan.

Karena itu, kamu perlu memainkan game monopoli sekali-sekali. Bisa sendiri atau bersama teman-teman menggunakan handphone.

2. The Sims

game the sims
The Sims

Permainan simulasi kehidupan yang dibuat pengembang game Electronic Arts ini pasti sudah banyak dikenal masyarakat, termasuk kaum hawa. 

Genre permainannya yang unik dan mempresentasikan kehidupan sehari-hari membuat siapa pun yang memainkannya ketagihan.

Nilai manajemen keuangan yang ada dalam game The Sims ini adalah, kamu harus pintar-pintar mengelola uang dari penghasilan yang diperoleh setiap harinya. 

Misalnya, untuk beli makanan, belanja perabotan hingga membuat pesta di halaman rumah.

Kalau uang kamu habis, bisa-bisa karakter yang kamu buat meninggal karena gak mampu membeli makanan.

3. Planet Coaster

Game Planet Coaster
Planet Coaster

Judul video game ketiga yang bisa kamu mainkan adalah Roller Coaster Tycoon. Game yang diperkenalkan di konsol komputer ini mengajarkan pemainnya tentang manajemen keuangan untuk keperluan berbisnis.

Di permainan satu ini kamu akan diberikan uang untuk bisa membangun taman bermain yang kece, dan banyak dikunjungi pemain layaknya Dufan. 

Selain menarik konsumen, di game ini kamu juga perlu mengatur manajemen keuangan untuk menyewa petugas kebersihan, keamanan hingga teknisi guna memperbaiki wahana yang rusak.

4. Harvest Moon Back to Nature

game Harvest Moon Back to Nature
Harvest Moon Back to Nature

Untuk anak milenial yang lahir tahun 80-an dan 90-an pasti familiar banget sama game satu ini. Apalagi, kalau bukan Harvest Moon. 

Game simulasi ini menceritakan seorang anak yang mendapatkan rumah dan tanah dari saudaranya untuk bisa dikelola dengan baik.

Karena jumlah uang yang kamu miliki terbatas, kamu harus bisa bertani dan berternak hewan untuk mendapatkan uang dan menggunakannya untuk kehidupan sehari-hari.

Kamu juga bisa merenovasi rumah bila uang kamu sudah cukup dan masuk dalam periode waktu tertentu. Buat yang pengin nostalgia, bisa banget nih main game satu ini.

5. Romance of The Three Kingdoms XI

Game Romance of The Three Kingdoms XI
Romance of The Three Kingdoms XI

Terakhir, ada video game Romance of The Three Kingdoms XI. Di game satu ini kamu akan menjadi seorang raja dan mengatur harta kerajaan untuk menyejahterakan rakyat.

Terdengar mudah? Eitss… jangan senang dulu! Pasalnya, kamu juga harus memiliki pasukan dan armada pertahanan yang kuat guna bertahan atau menyerang kerajaan lain yang menjadi ancaman. 

Karena itu, kamu wajib memperhatikan banyak hal sebagai cuan agar rakyatmu sejahtera. 

Itulah lima judul video game yang mengajarkan manajemen keuangan kepada para pemainnya. Jadi, sekarang kamu bisa refreshing pikiran sambil belajar mengelola dompet dengan baik. Selamat bermain sambil raih cuan! (Editor: Chaerunnisa)