Kalkulator Menabung Bulanan – Simulasi Kebutuhan Tabungan Berdasarkan Target Akhir

kalkulator

Kalkulator menabung bulanan digunakan untuk mengetahui berapa banyak yang harus kamu hemat setiap bulan untuk mencapai tujuan keuangan. 

Dengan kalkulator menabung bulanan, kamu tinggal memasukkan tujuan tabunganmu, saldo tabungan saat ini, dan berapa tahun sampai kamu mencapai tujuan keuangan. Kalkulator akan menghitung berapa banyak yang perlu kamu hemat setiap bulan untuk mencapai tujuan tersebut.

Jika kamu ingin mendapatkan jumlah tabungan bulanan yang diperlukan untuk mencapai tujuan pada tanggal tertentu, cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Cara menghitung dengan kalkulator menabung bulanan

Menggunakan kalkulator menabung bulanan dapat membantumu menentukan berapa jumlah tabungan yang diperlukan untuk mencapai target jumlah uang yang ingin dicapai. Dengan kalkulator ini, kita juga sudah tahu berapa besar setoran dan berapa lama untuk mencapai target tersebut.

Saldo awal kamu saat ini misalnya Rp10.000.000, jika nilai akhir tabungan yang akan dicapai dalam kurun waktu 36 bulan ke depan adalah Rp100.000.000 dan persentase bunga tahunan adalah 6%,  maka kamu harus bisa menyisihkan atau menabung senilai Rp2.237.974 setiap bulannya.

Fungsi kalkulator menabung bulanan

Tahukah kamu berapa banyak yang harus ditabung setiap bulan untuk mencapai tujuan dalam hidup?

Meski gaji kamu masih kecil dan banyak kebutuhan yang harus ditutupi, menabung harusnya menjadi salah satu prioritas utama karena tabungan bisa sewaktu-waktu dimanfaatkan sebagai pegangan atau dana darurat, modal membeli aset, usaha, bahkan modal untuk berinvestasi.

Nah, untuk itulah fungsi kalkulator menabung bulanan. Kalkulator ini dapat membantumu menghitung jumlah yang harus disisihkan untuk menabung dana darurat, menabung untuk DP rumah, atau mencari tahu berapa banyak yang perlu kamu tabung untuk mewujudkan liburan impian.

Pentingnya menabung bulanan

Ada sejumlah alasan mengapa menabung bulanan itu penting dilakukan, di antaranya:

Keamanan jangka panjang

Tanpa tabungan, bagaimana kamu bisa mengatasi badai keuangan? Tanpa investasi, bagaimana kamu bisa merencanakan dana hari tua? Jika kehilangan pekerjaan, bisakah kamu membayar tagihan?

Karena sejumlah alasan di atas, menabung adalah alasan paling tepat untuk memberi keamanan finansial. Semakin banyak kamu menabung, maka akan semakin aman kondisi finansialmu.

Keadaan darurat

Namanya hidup, tentu saja akan mendapati beberapa keadaan darurat. Mulai dari keadaan darurat keluarga, hingga kendaraan yang rusak. Memiliki sejumlah uang dapat membuatmu tidak tertekan ketika harus menghadapi kondisi tersebut.

Uang adalah hal terakhir yang perlu kamu khawatirkan dalam keadaan darurat. Jadi bantulah masa depanmu sendiri dengan mengumpulkan dana darurat.

Meninggalkan warisan finansial

Apakah kamu akan meninggalkan warisan keuangan, kebijaksanaan, dan kehormatan finansial atau kebalikannya beban utang bagi keluarga saat meninggal nanti?

Warisan keuangan penting bagi orang-orang di sekitarmu. Jadi, demi kebaikan, keluar dari utang, kurangi pengeluaranmu, dan tempatkan prioritas untuk menabung dan menginvestasikan uangmu. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menghormati keluarga dan kerabat.

Kemandirian finansial

Semakin sedikit kamu menabung, dan semakin banyak utang di sana sini, semakin sedikit kemandirian finansial yang kamu miliki.

Gak mau kan dalam kondisi seperti itu? Jika kamu ingin mandiri secara finansial, yang perlu kamu lakukan adalah menambah tabungan.

Bisa memiliki perlindungan terbaik

Agar bisa menyisihkan uang dalam tabungan di setiap bulannya, akan lebih bijaksana untuk kamu melengkapi dengan perlindungan terbaik berupa asuransi. 

Salah satunya, asuransi jiwa untuk peristiwa seperti cacat total tetap atau meninggal dunia. Ada juga produk tabungan yang memberi jaminan untuk meneruskan setoran hingga periode berakhir jika nasabah karena suatu hal tidak bisa meneruskannya.

Dengan asuransi jiwa, kamu dan keluargamu bisa mereguk manfaat terlindungi dari beban finansial akibat tidak ada pemasukan lagi.

Perlindungan lain juga bisa kamu peroleh dari beragam produk asuransi lainnya. Untuk mengetahui selengkapnya bisa lihat di Lifepal!

Berapa banyak yang harus dihemat setiap bulan?

Sebelum mulai menabung, tanyakan pada diri sendiri, “Apa alasan saya menabung?” 

Ini penting untuk mengetahui tujuan finansialmu, dan kapan kamu ingin mencapainya. Gunakan kalkulator menabung bulanan untuk mencari tahu seberapa banyak kamu harus menabung setiap bulan untuk mencapai tujuan keuanganmu.

Kapan waktu terbaik mulai menabung?

Waktu terbaik untuk mulai menabung adalah sekarang. Namun, penting untuk memiliki rencana tabungan yang tetap memungkinkanmu membayar tagihan dan kewajiban yang diperlukan. Ingatlah untuk melunasi utang, dan memangkas pengeluaran merupakan cara terbaik untuk menumbuhkan kemampuan menabung.

Seperti diketahui, menabung adalah faktor kunci untuk menciptakan kekayaan. Karena itu, mulailah sedini mungkin!

Istilah dan definisi kalkulator menabung bulanan

  • Sasaran Tabungan – Jumlah uang yang ingin kamu miliki di masa depan.
  • Saldo Tabungan Saat Ini – Uang yang sudah kamu simpan yang akan digunakan untuk tujuan tabunganmu.
  • Pertumbuhan Tingkat Persentase Tahunan – Persentase suku bunga tahunan atau laba atas investasi yang kamu harapkan dari tabunganmu.
  • Jumlah Tahun – Ini adalah jumlah tahun antara sekarang dan kapan kamu ingin mencapai tujuan keuanganmu.
  • Tabungan Saat Ini Nilai Masa Depan – Nilai tabunganmu saat ini ditambah bunga yang diperoleh.
  • Savings Shortfall – Berapa banyak penghematan yang kamu lakukan untuk mencapai tujuan berdasarkan variabel.
  • Berapa Banyak yang Harus Dihemat Setiap Bulan – Jumlah yang perlu kamu tabung setiap bulan untuk mencapai tujuan keuangan.

Pertanyaan seputar menabung bulanan