Kalkulator Nilai Hidup Manusia dalam Asuransi Jiwa

Kalkulator nilai hidup manusia adalah alat yang bisa kamu gunakan untuk mengukur berapa banyak uang pertanggungan asuransi jiwa yang diperlukan. Mengetahui jumlah uang pertanggungan adalah langkah terpenting dalam membeli asuransi jiwa agar tujuan produk tersebut bisa maksimal di kemudian hari.

Perlu kita pahami bahwa objek yang ditanggung dalam produk asuransi jiwa adalah nilai hidup manusia (human life value ). Oleh karena itu, saat akan menentukan besaran uang pertanggungan (UP), kamu perlu menggunakan kalkulator nilai hidup manusia supaya lebih praktis.

Mengapa disebut nilai hidup manusia? Sebab, saat kamu hidup sebenarnya memiliki “nilai ekonomi” hasil dari pekerjaan yang menghasilkan nilai (uang) tertentu. Orang yang hidup dari nilai tersebut gak cuma kamu saja, tapi juga keluarga tercinta.

Berhubung keluargamu bergantung pada nilai hidup tersebut, maka penting banget buat menghitungnya agar jika kamu tiada, keluarga atau orang bergantung pada kamu tetap bisa hidup layak.

Hitung UP dengan Kalkulator Nilai Hidup Manusia

Untuk mengetahui berapa nilai hidup kamu, yuk isi data di bawah, mulai dari usia saat ini, usia pensiun, pendapatan perbulan saat ini, dan perkiraan kenaikan gaji atau pendapatan tahunan dalam persen. 

Metode perhitungan kalkulator nilai hidup manusia ini menggunakan cara yang hampir mirip dengan kalkulator uang pertanggungan sesuai pendapatan. Jadi, uang pertanggungan asuransi jiwa haruslah sesuai dengan pendapatan kamu saat ini sampai dengan usia pensiun.

Jadi, misalkan, kamu menghasilkan Rp10 juta per bulan, maka kalikanlah nominal tersebut dengan sisa masa kerja kamu (usia saat ini dikurangi usia pensiun). Setelah itu, jangan lupa kalikan dengan persentase kenaikan gaji per tahunnya, asumsikan 5 persen. Lalu, kamu akan mendapatkan jumlah nilai hidup manusia.

Kalkulator nilai hidup manusia ini memprediksikan berapa banyak uang yang bakal seseorang kumpulkan apabila terus bekerja dan mendapatkan penghasilan sampai usia pensiun. Jika menggunakan alat ini, kita mengukur nilai hidup manusia dari perspektif pendapatan yang dihasilkan.

Fungsi Kalkulator Nilai Hidup Manusia

Kalkulator nilai hidup manusia berfungsi untuk mengukur berapa sih penghasilan seseorang selama usia produktifnya. Nah, apabila ia berumur panjang maka orang tersebut akan bisa menafkahi keluarganya.

Namun jika terjadi musibah dan ia gak lagi bisa memberikan nafkah, harapannya uang pertanggungan asuransi jiwa yang dihitung dengan kalkulator nilai hidup manusia cukup buat menggantikan potensi penghasilan tersebut.

Jadi, gak ada cerita uang pertanggungan kamu akan gak cukup bagi keluarga yang ditinggalkan. Bahkan, keluarga akan tetap bisa menabung atau investasi meskipun tulang punggung keluarga telah tiada.

Tips Memilih Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa umumnya menerapkan masa asuransi yang panjang, mulai dari 5 tahun sampai seumur hidup. Oleh sebab itu, memberi asuransi jiwa sama dengan komitmen jangka panjang kita dalam membayar premi rutin.

Makanya, kita harus sangat teliti sebelum membelinya supaya gak salah pilih polis. Yuk simak beberapa tips memilih asuransi jiwa berikut ini.

Tentukan uang pertanggungan dengan tepat

Uang pertanggungan adalah dana yang bakal cair jika terjadi klaim dalam asuransi jiwa. Nah, dana ini juga bakal menentukan berapa premi yang harus kamu bayar kepada perusahaan asuransi.

Uang pertanggungan nantinya bakal dimanfaatkan oleh ahli waris untuk membiayai hidup sepeninggal tulang punggung keluarga. Oleh sebab itu, penting untuk menentukan nominal yang tepat agar cukup.

Kamu bisa menggunakan kalkulator hidup manusia di atas untuk menghitung berapa sih uang pertanggungan yang kamu butuhkan? Sehingga, manfaat asuransi jiwa yang kamu miliki bakal maksimal di kemudian hari.

Cek rekam jejak perusahaan asuransi

Kredibilitas perusahaan asuransi sangat menentukan komitmennya dalam membayar klaim asuransi jiwa. Jangan sampai deh, perusahaan yang kita pilih mengalami gagal bayar seperti Jiwasraya! 

Cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan melakukan pencarian perusahaan asuransi di Google, terutama pada kolom berita. Nah, kamu bakal menemukan perkembangan berita terbaru tentang perusahaan tersebut. 

Selain itu, kamu juga perlu memastikan bahwa perusahaan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ya! Sehingga legalitas dan aktivitasnya jelas dan diawasi.

Pastikan laporan keuangan perusahaan sehat

Cara paling akurat buat mengukur kredibilitas sebuah perusahaan adalah dengan melihat laporan keuangannya. Kalau tujuan kita buat memastikan bahwa klaim asuransi jiwa kita bakal dibayar pada saatnya nanti, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

Pertama, buka laporan keuangan terbaru dari perusahaan asuransi pilihan kamu. Kedua, cari “Rasio Pencapaian Solvabilitas”. Ketiga, cek apakah angkanya di atas 120 persen? Jika iya, maka perusahaan tersebut bisa dibilang memiliki kesehatan keuangan yang sehat. Sehingga kamu bisa dibilang aman saja jika ingin membeli asuransi jiwa di sana.

Lantas, apa sih rasio pencapaian solvabiltias. Rasio dengan nama lain Risk Based Capital (RBC) ini mengukur seberapa sanggup perusahaan membayar utangnya dengan total aset yang ia miliki.

Nah, utang di sini termasuk sama klaim dari nasabah, ya! Angka 120 persen adalah batas ketentuan minimal rasio solvabilitas untuk perusahaan asuransi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pertanyaan Seputar Nilai Hidup Manusia

Asuransi jiwa adalah produk yang bakal memberikan uang santunan jika tertanggung meninggal dunia. Umumnya produk ini digunakan untuk mengganti penghasilan keluarga yang hilang sepeninggal pencari nafkah.
Uang pertanggungan adalah sejumlah dana yang bakal dibayarkan oleh perusahaan asuransi apabila terjadi klaim asuransi jiwa (meninggal dunia atau cacat tetap).
Ada tiga metode yang bisa kamu gunakan untuk menghitung asuransi jiwa, yaitu human based value (berdasarkan nilai hidup manusia), income based value (berdasarkan penghasilan), dan financial needs based value (berdasarkan kebutuhan finansial).

Nah, kita bisa menggunakan kalkulator hidup manusia untuk menghitung uang pertanggungan metode human based value. Sementara itu, income based value sedikit berbeda karena kita perlu memperkirakan besarnya bunga apabila kita menempatkannya pada produk perbankan.

Untuk menghitung income based value, gunakan Kalkulator Uang Pertanggungan - Pendapatan.

Terakhir, metode financial needs value menggunakan kebutuhan dan pengeluaran hidup keluarga sebagai alat mengukur uang pertanggungan. Untuk menghitungnya, gunakan Kalkulator Uang Pertanggungan - Pengeluaran.

Premi asuransi jiwa adalah sejumlah iuran yang dibayarkan oleh nasabah kepada perusahaan asuransi sebagai biaya pengalihan risiko milik nasabah. Dalam hal asuransi jiwa, risiko tersebut adalah potensi hilangnya penghasilan keluarga akibat meninggalnya tulang punggung.
Nilai hidup manusia adalah “nilai ekonomi” yang kamu hasilkan selama karena bekerja dan menghasilkan uang. Nilai ini bisa kita pakai untuk mengukur uang pertanggungan yang diperlukan dalam membeli asuransi jiwa.
Nilai hidup manusia adalah nilai ekonomi seorang manusia. Menilai hidup manusia berdasarkan nilai ekonominya bermanfaat untuk membantu perusahaan asuransi jiwa untuk menentukan besaran uang yang diperlukan keluarga nasabah apabila kehilangan tulang punggung keluarga.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →