Kalkulator Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa

metode anuitas

Kalkulator uang pertanggungan berguna untuk menghitung nilai manfaat uang pertanggungan (UP) saat kamu membeli asuransi jiwa. Dengan demikian, UP tidak akan terlalu sedikit sehingga tidak cukup bagi ahli waris kamu. Sementara itu, nilainya juga tidak “berlebihan” sehingga memberatkan premi yang kamu bayarkan.

Ada dua cara yang bisa dipilih dalam menentukan nilai uang pertanggungan asuransi jiwa yang ideal bagi setiap nasabah, yaitu berdasarkan pengeluaran dan penghasilan. 

Pendekatan dalam perhitungan uang pertanggungan di atas menggunakan metode akumulasi pengeluaran bulanan. Jadi, nilai uang pertanggungan di akhir masa polis asuransi akan berjumlah sesuai pengeluaran selama beberapa bulan dan dikalikan dengan kenaikan inflasi per tahun.

Dengan angka tersebut, diharapkan keluarga akan tetap bisa mendapatkan hidup yang layak meski tulang punggung telah tiada.

Cara menghitung menggunakan kalkulator UP berdasarkan pengeluaran

Pada dasarnya terdapat tiga faktor yang diperlukan dalam menghitung uang pertanggungan asuransi jiwa ideal menggunakan kalkulator Lifepal, yakni:

  • Pengeluaran bulanan saat ini: baik pengeluaran primer dan sekunder. 
  • Pertanggungan untuk mencukup selama: UP mampu memenuhi kebutuhan/pengeluaran dalam jangka waktu tertentu. 
  • Inflasi tahunan: umumnya 3 hingga 4 persen per tahun

Artinya, jika pengeluaran nasabah saat ini adalah Rp10 juta dan diharap uang pertanggungan mampu menutupi pengeluaran keluarga yang ditinggalkan selama lima tahun. Maka jika diakumulasikan beserta inflasi tahunan, nasabah membutuhkan uang pertanggungan asuransi jiwa tidak kurang dari Rp637 jutaan. 

2. Kalkulator Uang Pertanggungan Berdasarkan Pendapatan

Selain berdasarkan pengeluaran, terdapat pula metode perhitungan UP menggunakan perkalian jumlah pendapatan per bulan kamu. Dengan cara ini, keluarga yang ditinggalkan akan memperoleh dana sesuai gaji yang diperoleh oleh tulang punggung.

Keunggulan cara ini adalah keluarga tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan mereka tetapi juga menyisihkan sebagian dana tersebut untuk ditabung atau investasi. Hanya saja, UP yang semakin besar tentu berdampak pada premi yang lebih mahal.

Selain berdasarkan pengeluaran, terdapat pula metode perhitungan UP menggunakan perkalian jumlah pendapatan per bulan kamu. Dengan cara ini, keluarga yang ditinggalkan akan memperoleh dana sesuai gaji yang diperoleh oleh tulang punggung.

Keunggulan cara ini adalah keluarga tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan mereka tetapi juga menyisihkan sebagian dana tersebut untuk ditabung atau investasi. Hanya saja, UP yang semakin besar tentu berdampak pada premi yang lebih mahal.

Cara menghitung menggunakan kalkulator UP berdasarkan pendapatan

Sama halnya dengan kalkulator sebelumnya, dalam menghitung uang pertanggungan berdasarkan pendapatan juga perlu mempertimbangkan 3 faktor serupa seperti berikut ini:

  • Pendapatan bulanan saat ini: baik pendapatan utama maupun tambahan.
  • Pertanggungan untuk mencukup selama: UP mampu memenuhi kebutuhan/pengeluaran dalam jangka waktu tertentu. 
  • Kenaikan gaji tahunan: umumnya 2 hingga 5 persen per tahun.

Dengan demikian, jika pendapatan nasabah saat ini adalah Rp10 juta, maka uang pertanggungan yang dibutuhkan untuk menutupi pendapatan selama lima tahun apabila nasabah meninggal dunia adalah sekitar Rp663 juta. Anggka tersebut dengan anggapan kenaikan gaji tahunan adalah lima persen ya. 

Mengapa Perlu Mengetahui Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa? 

Mengetahui uang pertanggungan  yang sesuai dengan kebutuhan sangatlah penting, bahkan menjadi faktor krusial dalam memilih polis asuransi jiwa yang tepat. Berikut ini adalah lima alasannya: 

1. Premi yang dibayarkan tidak sia-sia

Ketika memenuhi kewajiban sebagai nasabah dalam bayar premi asuransi jiwa secara teratur, tentu kita mengharapkan agar polis yang dibeli dapat benar-benar menjadi solusi finansial ketika terjadi risiko yang tidak diinginkan. 

Karena itu, pentingnya mengetahui uang pertanggungan asuransi jiwa yang ideal untuk setiap nasabah dan menyesuaikannya dengan polis yang dipilih. Jadi, tidak hanya berfokus pada premi murah saja, tapi juga uang pertanggungan yang sesuai ya. 

2. Solusi finansial untuk keluarga yang ditinggalkan

Saat terjadi risiko meninggal dunia, tentu  yang ditinggalkan harus berhadapan dengan rasa duka dan juga tantangan finansial. Akan muncul pertanyaan bagaimana melanjutkan hidup jika kepala keluarga meninggal dunia. 

Di sinilah fungsi asuransi jiwa untuk memberikan solusi finansial bagi keluarga yang ditinggalkan. Karena itu, penting untuk memanfaatkan kalkulator uang pertanggungan di atas sebelum memutuskan beli asuransi jiwa agar dapat menjadi solusi finansial yang tepat saat terjadi kerugian atau risiko meninggal dunia. 

3. Pendidikan anak dapat terus berlanjut

Sudah sangat sering kita lihat kasus di mana pendidikan anak harus dikorbankan akibat kepala keluarga mengalami risiko meninggal dunia. Bahkan, beberapa kasus di antaranya telah memiliki asuransi jiwa. Hanya UP hanya mampu menutupi kebutuhan sehari-hari seperti biaya makan dan listrik. 

Nah, ketika telah menggunakan kalkulator uang pertanggungan berdasarkan pengeluaran, nasabah akan menghitung kebutuhan pengeluaran primer dan sekunder yang artinya termasuk biaya pendidikan anak. 

4. Menghindari risiko utang

Ketika memilih polis asuransi jiwa dengan uang pertanggungan yang tidak ideal, maka solusi finansial yang diberikan oleh perusahaan asuransi hanya dapat bertahan dalam jangka waktu pendek saja. Misal, dalam waktu satu tahun, uang pertanggungan sudah habis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Sementara ketika telah menghitung secara teliti menggunakan kalkulator uang pertanggungan Lifepal, kita dapat mengetahui dengan pasti nilai uang pertanggungan yang ideal untuk jangka waktu yang telah ditentukan. 

5. Memenuhi fungsi asuransi jiwa secara tepat

Asuransi jiwa pada dasarnya diciptakan untuk memberikan solusi finansial kepada keluarga yang ditinggalkan. Artinya, jika uang pertanggungan yang diberikan tidak sesuai dengan kebutuhan nasabah, maka polis yang dipilih akan meleset dari fungsi asuransi jiwa sebenarnya. 

Karena itu pentingnya menggunakan kalkulator uang pertanggungan asuransi jiwa untuk mengetahui berapa nilai ideal yang dibutuhkan. Dengan begitu, asuransi jiwa yang dipilih dapat benar-benar memenuhi fungsi sebagai mana mestinya. 

Pertanyaan Seputar Kalkulator Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa

Kalkulator uang pertanggungan asuransi jiwa adalah perhitungan untuk membantu calon nasabah dalam menentukan nilai uang pertanggungan asuransi jiwa yang ideal.

Mengetahui berapa nilai uang pertanggungan asuransi jiwa yang ideal. Artinya, dapat memenuhi kebutuhan atau pengeluaran keluarga yang ditinggalkan dalam jangka waktu tertentu.

Kalkulator ini menggunakan tiga faktor penentu dalam menghitung nilai uang pertanggungan asuransi jiwa yang ideal, di antaranya adalah

  • Nilai pendapatan atau pengeluaran saat ini
  • Pertanggungan untuk mencukupi selama jangka waktu yang ditentukan
  • Inflasi tahunan atau rasio kenaikan gaji tahunan