Lipstik Impor Disetop, Gincu Lokal Ini Gak Kalah Bagus dari Luar Negeri

Pakai lipstik lokal

Nilai tukar rupiah yang menyentuh hampir Rp 15 ribu per satu dolar membuat pemerintah memutuskan menyetop barang impor, salah satunya lipstik. Dengan disetopnya peredaran lipstik impor, pemerintah mengimbau masyarakat memakai lipstik lokal.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengungkapkan salah satu pemicu melemahnya rupiah karena kegiatan impor barang dari luar negeri. Pemerintah pun menyetop 900 barang impor, salah satunya kosmetik seperti lipstik.

Karena kebijakan itu, pemerintah kini memutuskan menggantikan barang-barang impor tersebut dengan buatan dalam negeri.

Langkah itu terasa tidak terlalu menakutkan buat kamu kan? Pasalnya, kosmetik Indonesia di beberapa tahun terakhir ini memang lagi berjaya.

Selain mempercantik penampilan dengan kualitas bagus dan aman dipakai, sederet lipstik buatan lokal ini juga memiliki beberapa nilai tambah lain mulai dari pesan sosial, hingga menyerupai produk Korea.

Berikut, beberapa lipstik lokal dengan kualitas gak kalah buatan luar negeri yang MoneySmart himpun dari berbagai sumber:

Rollover Reaction

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rollover Reaction Official (@rollover.reaction) on Aug 13, 2018 at 1:11am PDT

Meski memakai Bahasa Inggris, kosmetik ini asli Indonesia lho. Produk ini hadir berkat kegusaran sang CEO, Naya Tinada, yang ingin mendapatkan kosmetik berkualitas di Indonesia.

Atas kondisi itu, dia bersama teman-temannya mendirikan local cosmetic brand yang sukses dengan produk lip and cheek cream. Produk kosmetik ini pun semakin banyak item-nya karena memproduksi produk make up lain.

ESQA

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Glamorously Natural (@esqacosmetics) on Sep 5, 2018 at 3:45am PDT

Di awal kemunculannya, ESQA yang nama dan website-nya didesain sekelas brand kosmetik internasional, langsung laris manis lewat produk Matte Lip Liquid milik mereka.

Selain pewarna bibir, cheek palette melengkapi produk ESQA lain dengan kualitas yang tidak kalah bagus.

GOBAN

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Goban Cosmetics (@gobancosmetics) on Jul 11, 2018 at 1:54am PDT

Brand yang satu ini sempat dikira berasal dari luar negeri karena namanya yang terdengar asing.

Selain punya produk Melted Matte Lip, illuminating highlighter Goban juga menjadi salah satu item andalan para pencinta make up.

BLP Beauty (By Lizzie Parra) 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by BLP Beauty (@blpbeauty) on Aug 28, 2018 at 8:45pm PDT

Saat mendengar nama merek kosmetik yang satu ini, kamu merasa kayak buatan luar negeri gak?

Didukung kemasan produk tube kaca transparan yang tebal dan buram serta tutup warna putih, desain BLP Beauty semakin membuatnya seperti produk luar negeri.

Brand milik beauty vlogger asal Indonesia, Lizzie Parra, ini gak hanya sukses dengan BLP Lip Coat yang terdiri dari 12 shades, tapi juga eye collection yang terdiri dari eyeshadow pen, eye definer (eyeliner), brow powder dan brow definer.

Mineral Botanica

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Official Mineral Botanica (@mineralbotanica) on Aug 24, 2018 at 10:08pm PDT

Mengusung tema ramah lingkungan, Mineral Botanica yang penampilan dan produknya seperti milik luar negeri ini sangat bersaing di kancah internasional.

Brand yang dikembangkan di Los Angeles, Amerika Serikat, ini berhasil bersaing di pasar internasional. Pasalnya, kini masyarakat semakin sadar akan pentingnya kelestarian lingkungan dan penggunaan bahan-bahan aman.

Mineral Botanica berhasil menjadi produsen make up dan skincare terjangkau yang tak hanya aman dipakai, tapi juga memberikan benefit terhadap penggunanya.

Polka Cosmetics

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Polka Cosmetics (@polkacosmetics) on Dec 12, 2017 at 2:18am PST

Dengan desain pop culture yang ceria, pesan keberanian dan optimisme tampaknya sengaja menjadi nilai jual produk kosmetik ini.

Kosmetik dengan kualitas internasional ini juga melayani international shipping ke USA, Malaysia, dan Australia. Kamu bisa juga beli di online shop dan ecommerce lho!

SASC

 

View this post on Instagram

 

A post shared by SOCIALLY AWARE SEXY COSMETICS (@sascofficial) on Aug 29, 2018 at 9:06pm PDT

Tidak hanya peduli kecantikan, merek kosmetik lokal yang satu ini juga punya tujuan sosial.

Singkatan dari Socially Aware Sexy Cosmetics (SASC) memiliki misi empower women untuk lebih peduli dengan local community.

Memasukkan frasa socialy aware sebagai nama merek kosmetiknya, SASC menyumbangkan sebagian keuntungan penjualannya ke badan amal yang tersebar di seluruh Indonesia.

Meski harga SASC liquid lipstick terjangkau, produk yang satu ini diklaim free-paraben dan tidak pernah melalui proses animal tester.

Social Cosmetics

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Social Cosmetics (@socialcosmetics) on Aug 29, 2018 at 10:23pm PDT

Setipe dengan SASC, Social Cosmetics juga mengusung tema sosial dalam brand-nya. Didirikan oleh sekelompok perempuan yang memiliki mimpi yang sama, lini kosmetik yang satu ini memiliki tiga nilai penting, yaitu friendliness, sincerity, dan caring.

Social Cosmetics berhasil menyadarkan wanita untuk menonjolkan kecantikan luar dalam melalui sumbangan Rp5 ribu ke Bandung Cancer Society dalam setiap pembelian lipstik milik mereka.

Emina Cosmetics

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Emina Cosmetics (@eminacosmetics) on Jul 6, 2018 at 11:00pm PDT

Bagi pencinta segala hal yang berbau Korea, pasti akan jatuh cinta sama kosmetik berlogo hati warna nude pink ini.

Meski desain packaging dan outlet-nya menggemaskan, harga Emina Cosmetics masih sesuai kantong pelajar.

Beauty Story

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Beauty Story Cosmetic Official (@mybeautystoryid) on Aug 31, 2018 at 3:23am PDT

Dengan desain produk berwarna nude, Beauty Story memiliki produk sangat lengkap mulai dari make up, cat kuku, sampai brush tools.

Salah satu set kosmetiknya diberi nama Once Upon a Time Package yang terdiri dari lipstik, eye shadow, bedak, blush on, eyeliner, dan hand mirror.

MAKE OVER

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MAKE OVER Cosmetics (@makeoverid) on Aug 24, 2018 at 8:10pm PDT

Namanya memang sepintas mirip seperti brand asal Paris, Make Up For Ever, high-end cosmetic yang juga dipakai dalam berbagai fashion show. Produk yang satu ini tidak kalah bagus dari Make Up For Ever.

Jika melihat MAKE OVER, kemasan berbagai produk kecantikannya juga simple dengan dominasi warna hitam sehingga membuatnya tampak elegan. Kualitasnya juga tidak kalah bagus dari Make Up For Ever.

PAC

 

View this post on Instagram

 

A post shared by PAC Martha Tilaar (@pac_mt) on Sep 4, 2018 at 4:28am PDT

Make up untuk para profesional PAC bukan sister company dari make up brand M.A.C (Make-up Art Cosmetic) yang didirikan di Toronto Kanada dan saat ini memiliki headquarter di New York.

Sedangkan PAC (Profesional Artist Cosmetics) buatan dari Martha Tilaar yang dirancang untuk profesional dengan kualitas internasional.

PAC juga menggandeng penyanyi jazz kawakan asal Jepang Monday Michiru sebagai Brand Ambassador-nya.

Jadi, kamu mau pilih lipstik lokal yang mana?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →