Tips Sukses Theodore Rachmat, Mantan Sales yang Kini Jadi Konglomerat

Theodore Rachmat (daya5.squareteam.co)

Dari sales menjadi pengusaha lalu sukses dan kini dikenal sebagai konglomerat. Begitulah kisah Theodore Rachmat, pemilik kerajaan bisnis Triputra Group.

Meski telah berada di puncak kesuksesan, dia tidak meraihnya dengan instan. Ia mulai membangun fondasi kesuksesannya dengan menjalani lebih dulu menjalani karier sebagai seorang sales alat-alat berat di Astra International.

Selama menjadi sales, Theodore Rachmat berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Ia pun mendapat kepercayaan buat membangun anak perusahaan Astra International yang berfokus pada penjualan alat berat, yaitu United Tractor.

Kepercayaan yang diberikan kepadanya gak disia-siakan begitu aja. Hasil kerjanya dalam menjalankan United Tractor ternyata memuaskan, dan mendapat apresiasi.

Dari sinilah karier Theodore Rachmat moncer. Karena prestasinya itu, ia dapat predikat pegawai nomor satu di Astra.

Belakangan, ia mendapat kepercayaan lebih dengan menjabat Presiden Direktur Utama di Astra International tahun 1984. Selama di bawah kepemimpinannya Astra berkembang pesat. Anak perusahaannya pun bertambah menjadi 235 perusahaan pada 1989.

Theodore Rachmat pun mendapat promosi kembali. Dari yang tadinya Presiden Direktur Utama, lalu menjadi komisaris di Astra dari tahun 1998 hingga 2000.

Meski mendapat posisi bagus di Astra, tidak membuat Theodore puas gitu aja. Ia memilih membangun kerajaan bisnisnya sendiri. Grup bisnis yang bernama Triputra Group tersebut berkembang pesat dan membuatnya jadi konglomerat dengan kekayaan US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 22 triliun.

Sekalipun udah berada di posisi atas, Theodore Rachmat gak segan membagikan tips suksesnya seperti yang tersaji dalam ulasan berikut ini.

1. Punya tujuan yang jelas

Theodore Rachmat (leadership.com)
Theodore Rachmat (leadership.com)

Menurut Theodore Rachmat, setiap orang harus punya tujuan kalau pengin menjadi sukses. Dan tujuan yang pengin dicapai itu harus jelas. Jangan nantinya cuma menjadi wacana semata. Itulah tips sukses pertama yang diyakini Theodore.

Meski akhirnya hanya beberapa yang tercapai, minimal kita udah berusaha buat mewujudkannya jadi nyata. Seenggaknya beberapa tujuan udah tercapai.

Bagi pria kelahiran 15 Desember 1943 ini memiliki tujuan itu sangat penting. Apalagi, waktu yang kita miliki ini sangat terbatas. Karena itu, waktu begitu berharga.

Karena itu, pria yang disapa Teddy ini menekankan pentingnya memastikan kalau apa yang dilakukan dari hari ke hari bisa mendekatkan kepada tujuan. Segala kemampuan, dan kekuatan harus dikerahkan agar tujuan tersebut bisa tercapai.

Satu dari sekian banyak tujuan Teddy yang udah diwujudkannya adalah membantu negara dalam mengurangi kemiskinan. Lewat Yayasan Pelayanan Kasih (PK) A & A Rachmat, Teddy membagikan beasiswa senilai Rp 10 juta per tahun buat 10 ribu mahasiswa.

2. Memiliki komitmen

Theodore Rachmat (brightcove04pmdo-a.akamaihd.net)
Theodore Rachmat 

Tips sukses lainnya dari Theodore Rachmat adalah, memiliki komitmen. Adanya komitmen dapat mengubah segala sesuatunya menjadi lebih baik. Selain dalam karier dan bisnis, juga membangun negara.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Sebab setiap orang pastinya mengemban amanah. Entah itu amanah menjalankan pekerjaan, bisnis, ataupun menjadi kepala negara. Menurut Teddy, menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya bisa membawa kesuksesan.

Bisa jadi inilah yang diyakininya waktu memimpin Astra International. Ia berhasil membawa kemajuan dalam perusahaan milik William Soeryadjaya ini.

Bahkan, orang-orang memiliki komitmen adalah orang-orang yang bisa menempatkan kepentingan yang lebih penting di atas kepentingan dirinya sendiri. Dalam hal ini, Teddy mengambil contoh Bunda Teresa yang berkomitmen bagi kemanusiaan.

3. Mempunyai nilai

Theodore Rachmat (daya5.squareteam.co)
Theodore Rachmat (daya5.squareteam.co)

Menurut Teddy, perusahaan bisa terus berjalan karena mereka menyakini nilai (values) yang ada dalam diri mereka.

Nilai ini gak ubah harga diri yang bisa dilihat dari konsistensi atau kesesuaian kata dengan perbuatan. Siapapun yang mengemban amanah menjadi pemimpin, baik pemimpin dalam tim kerja, pemimpin perusahaan, atau pemimpin negara, harus menjunjung nilai dalam dirinya agar bisa jadi anutan.

Kata Teddy, membangun bisnis itu sama aja dengan membangun nilai. Bisnis yang gak dibangun tanpa nilai dijamin gak bakal bertahan lama.

Nah, itu tadi tiga tips sukses dari Theodore Rachmat yang dulunya sales kini jadi konglomerat. Semoga dengan menjalankan tips-tips tersebut, kamu juga menyusul Teddy jadi pengusaha sukses.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →