Kamu Bukan Teman Kerja yang Baik Jika Punya 4 Sikap Ini

Rekan kerja yang baik sangat menunjang kinerja di perusahaan (Shutterstock)

Apakah kamu teman kerja yang baik bagi seluruh karyawan di kantor? Atau malah yang paling toxic alias negatif? 

Kadang kita gak sadar bahwa apa yang kita lakukan di tempat kerja, ternyata membawa dampak buruk bagi rekan-rekan kerja kita. 

Bisa saja kehadiran kita bisa membuat mereka mereka demotivasi, malas, atau yang lebih parah lagi adalah kehilangan pekerjaan. Parah kan!

Merugikan seseorang dalam karier dan finansial adalah perbuatan yang tercela. Karena hal ini sama saja dengan menghalangi rezeki seseorang. Setuju gak?

Psikolog ternama Dr. Jeremy E. Sherman Ph.D., MPP di situs Psychology Today, mengatakan bahwa ada beberapa kriteria yang menandakan bahwa teman kerja sekantor atau mungkin kamu sendiri, adalah seorang dengan aura negatif yang wajib dijauhi. Ingin tahu kriteria yang dimaksud? Yuk simak ulasannya.

1. Selalu mengatakan ke banyak orang tentang “kelebihan diri sendiri”

Sombong merupakan sifat yang akan dijauhi banyak orang.
Menyombongkan diri di depan rekan kerja sangat menyebalkan (Shutterstock).

Menjelaskan kelebihanmu dalam urusan kerja saat wawancara kerja itu wajar. Tapi kalau menceritakan hal ini setiap hari ke teman kerja itu aneh.

Cerita seperti ini tentunya gak menarik untuk disimak orang lain. Ibarat kamu memasang iklan billboard pinggir jalan, untuk mempromosikan dirimu sendiri. 

Tanyakan saja pada diri sendiri, apa gunanya menceritakan kelebihan-kelebihan itu ke orang lain? Apakah dengan hal ini mereka bakal ngefans sama kamu atau makin percaya? 

2. Berpikir bahwa semua orang berutang budi padanya

Saling mengklaim benar satu sama lain.
Utang Budi jangan sampai mengganggu rutinitas kerja (Shutterstock)

“Coba kalau gak ada saya di sini? Apa jadinya nih perusahaan. Paling juga terjun payung omzetnya.” 

Pernah mengatakan hal ini ke rekan kerja? Kalau memang pernah dan kamu merasa bahwa “ini adalah hal umum yang boleh dibicarakan,” maka kamu harus berhati-hati.

Ucapan ini sama halnya dengan meminta orang lain untuk menghormati diri kita sendiri. Rasa hormat itu bukan “diminta” namun didapatkan dengan sebuah perjuangan. 

3. Menganggap orang “yang gak setuju” adalah seorang yang “gagal paham”

Seorang laki-laki menyatakan setuju pada pernyataan rekannya.
Tidak menyetujui pendapat orang lain adalah wajar (Shutterstock).

Dalam dunia kerja, gak setuju dengan satu pendapat satu sama lain adalah hal yang wajar. Namun salah besar jika kita malah berpikir kalau mereka adalah orang yang cuma salah pengertian atau gagal paham dengan yang kamu ucapkan.

Hal ini sama saja dengan menganggap seluruh perkataanmu adalah yang paling benar.

Belum tentu seluruh masukan atau opini kita adalah benar. Memaksa orang lain untuk menuruti apa yang kita mau, tentunya gak baik dan bisa membuat lingkungan kerja semakin gak kondusif.

4. Membenarkan tindakan yang jelas-jelas merugikan perusahaan dan orang lain

Berjalan di atas penderitaan orang lain.
Merugikan perusahaan adalah perbuatan yang salah (Shutterstock).

Mau sampai kapan pun, merugikan perusahaan atau teman kerja adalah perbuatan yang salah. Gak ada bisa membenarkan hal ini.

Perbuatan merugikan itu bisa saja seperti sengaja datang telat ke kantor, sengaja gak mencapai target dalam bekerja, atau memanfaatkan fasilitas perusahaan untuk kepentingan pribadi.

Ketika kita “membenarkan” tindakan-tindakan ini dengan alasan apapun, dan mempengaruhi rekan kerja untuk melakukannya, maka jelas sekali bahwa kita sudah jadi sumber masalah di lingkungan kerja. Apakah kamu pernah melakukan hal ini?

Itulah empat tanda-tanda yang menjadi sinyal bahwa kamu bukanlah seorang teman kerja yang baik, dan selalu membawa aura negatif di lingkungan kerja. 
Pokoknya, ketika kamu merasa pernah melakukan atau membenarkan empat tindakan ini secara gak sengaja, sadarlah bahwa ada pihak lain yang dirugikan. Segera minta maaf, dan ubah sikap buruk itu secepatnya. Gak ada kata terlambat kok untuk bisa berubah. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →