Capai Rp 1 Triliun, Cuma Orang Superkaya yang Bisa Beli Kapal Selam Ini

Selain kapal laut, kapal selam menjadi alat transportasi laut yang dapat diandalkan. Kalau kapal laut cuma bisa mengapung di permukaan, kapal selam bisa mengapung sekaligus menyelam. Karena fungsinya itu, kapal selam diperlukan untuk ekspedisi bawah laut.

Hampir semua negara yang punya lautan memiliki kapal selam. Di Indonesia, kendaraan bawah laut ini dimiliki TNI Angkatan Laut sebagai alat pertahanan negara. Begitu pun di negara-negara lain, kapal selam difungsikan sebagai alat mempertahankan diri.

Rupanya, di beberapa negara ada juga orang-orang yang memiliki kapal selam dengan tujuan pribadi. Tentu aja, bukan orang sembarangan yang punya kendaraan bawah laut ini, mengingat harga kapal selam yang mahal serta perawatannya gak main-main.

Luar biasanya lagi, beberapa kapal selam di bawah ini dibeli dengan harga cukup fantastis. Seperti dikutip dari Luxatic, berikut deretan kapal selam yang cuma bisa dimiliki orang-orang superkaya:

1. Phoenix 1000 – Rp 1,13 triliun

Phoenix 1000 (cdn.luxatic.com)
Phoenix 1000 (cdn.luxatic.com)

Mewah, itulah kesan pertama yang tertangkap begitu melihat kapal selam supermahal ini. Phoenix 1000 dijual dengan harga US$ 80 juta atau Rp 1,13 triliun.

Istimewanya, kapal ini merupakan ruang interior yang sangat luas, yaitu 464 meter persegi. Begitu juga dengan area pandangnya. Orang-orang yang berada di dalamnya dijamin bakal puas dengan pemandangan yang disuguhkan.

Alat transportasi bawah laut yang serbamodern ini juga menyediakan kapal selam mini. Hebatnya, kapal selam mini ini bisa menyelam sejauh 600 meter. Lebih jauh dari Phonenix 1000 yang jarak tempuhnya menyelamnya sejauh 300 meter.

Baca juga: Cuma Orang Kaya yang Bisa Beli Makanan Seharga Mobil Ini!

2. Seattle 1000 – Rp 355 miliar

Seattle 1000 (charterworld.com)
Seattle 1000 (charterworld.com)

Kapal selam dengan tinggi 35 meter ini dijual seharga US$ 25 juta atau Rp 355 miliar. Seattle 1000 terdiri dari tiga lantai, lima staterooms, lima toilet, dua dapur, satu ruang gym, satu gudang anggur, dan portal observasi dengan lebar 4 meter.

Kendaraan bawah laut yang mahal ini bisa menyelam sejauh 3.000 mil laut atau 5.556 kilometer. Keunggulan lainnya, Seattle 1000 bisa bertahan di kedalaman tersebut selama 20 hari.

Baca juga: Ini Lho Deretan Jam Tangan yang Cuma Bisa Dipakai Orang Kaya Aja! 

3. Kapal selam kuning Paul Allen – Rp 170 miliar

Kapal selam kuning Paul Allen (kinja-img.com)
Kapal selam kuning Paul Allen (kinja-img.com)

Kapal selam termahal ini dimiliki pendiri Microsoft Paul Allen. Harga jualnya mencapai US$ 12 juta atau Rp 170 miliar.

Kapal yang identik dengan warna kuning ini memiliki tinggi 12 kaki atau 3 meter. Kapal ini juga punya bisa menyelam selama satu minggu.

Sekadar diketahui, selain menggemari The Beatles, Paul Allen juga diketahui menjadi anggota kelompok penjelajah bawah laut. Nah, anggota-anggota kelompok kecil tersebut merupakan orang-orang yang sangat kaya.

4. James Cameron’s Deepsea Challenger – Rp 113 miliar

James Cameron’s Deepsea Challenger (rolex.com)
James Cameron’s Deepsea Challenger (rolex.com)

Dengan tinggi 24 kaki atau 7 meter, James Cameron’s Deepsea Challenger dijual seharga US$ 8 juta atau Rp 113 miliar. Kapal yang diluncurkan tahun 2012 ini menjadi kapal selam kedua yang mencapai dasar Palung Mariana, yaitu salah satu palung terdalam di dunia.

Kapal ini dibiayai sutradara legendaris James Cameron. Sang sutradara membawa kapal miliknya ke Palung Mariana dalam rangka pembuatan film dokumenter berjudul “Deepsea Challenge” yang diluncurkan pada 2014.

5. Proteus – Rp 113 miliar

Proteus (cdn.luxatic.com)
Proteus (cdn.luxatic.com)

Proteus dirancang Herve Jaubert, seorang mantan komando Angkatan Laut Perancis yang kemudian menjadi CEO Exomos. Sekadar diketahui, Exomos merupakan perusahaan pembuatan kapal selam yang berbasis di Dubai.

Proteus dijual dengan harga US$ 8 juta atau Rp 113 miliar. Kapal mewah sepanjang 65 kaki ini mampu membawa 14 penumpang. Dijamin orang-orang menaiki Proteus bakalan puas dengan kenyamanannya.

Itu tadi deretan kapal selam termahal yang pernah ada. Itu aja baru harganya, belum perawatannya. Emang cuma orang yang kaya banget deh yang bisa punya kapal selam tersebut. (Editor: Chaerunnisa)