6 Karakter Ini Dimiliki Tiap Miliarder, Salah Satunya Karaktermu?

(forbes.com)

Karakter wirausaha punya peran besar dalam kesuksesan. Sekalipun tiap pengusaha punya cara dan jalannya masing-masing, tapi mereka punya karakteristik yang serupa.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Thomas C. Corley pada 177 pebisnis sukses menunjukkan bahwa terdapat enam karakter wirausaha yang pasti dimiliki oleh mereka.

Sejumlah karakter inilah yang membedakan mereka dengan orang-orang biasa yang sulit mencapai kesuksesan.

Jadi, karakter apa yang harus kita miliki biar bisa mengikuti jejak para miliarder? Simak langsung deh.

1. Fokus

Orang-orang yang mudah terdistraksi cenderung punya manajemen waktu yang buruk. Gak heran kalau karakter wirausaha pertama yang dimiliki pengusaha adalah fokus.

Kemampuan buat tetap bisa fokus berbanding lurus dengan kemampuanmu mengabaikan berbagai distraksi, mulai dari notifikasi ponsel hingga munculnya berita atau informasi yang menarik perhatian.

Dengan fokus, manajemen waktu bisa baik. Dengan manajemen waktu yang baik, bisnis pun lancar.

Jika pengin tahu seberapa mampu dirimu buat fokus, coba ingat-ingat berapa sering konsentrasimu buyar?

Salah satu upaya buat mengukur sekaligus meningkatkan kemampuan buat bisa fokus adalah dengan bikin jurnal selama seenggaknya dua minggu. Dalam jurnal tersebut tulislah prioritas yang harus dilakukan tiap hari. Lalu catat tugas yang gak selesai beserta alasannya.

Dalam dua minggu kamu bakal melihat penyebab utama yang menghambat pekerjaan, apakah berasal dari luar diri atau ternyata kemampuan diri buat fokus yang gak mumpuni.

2. Kegigihan

Dari penelitian Corley diketahui juga bahwa dari seluruh miliarder yang benar-benar memulai bisnis dari nol, 27 persen di antaranya pernah mengalami kebangkrutan. Tapi kegigihan yang mereka punya berhasil bikin mereka bangkit kembali. Inilah karakter wirausaha kedua.

Kegigihan berarti belajar dari kegagalan yang dialami dan terus mencoba sampai menemukan cara hingga berhasil.

3. Punya passion

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Menjalani bisnis bukan proses kilat. Sebaliknya, menjalani usaha adalah komitmen jangka panjang. Tanpa mencintai apa yang dilakukan, kita bisa merasa terbebani banget. Maka karakter wirausaha selanjutnya adalah punya passion di bidang yang dijalani.

Seseorang yang memiliki passion cenderung lebih percaya diri dan bersemangat dalam beraktivitas.

Meski gitu, punya passion aja emang gak cukup jadi modal sukses. Menurut penelitian dari The University of Pennsylvania, The University of Michigan, dan The United States Military Academy at West Point, kesuksesan adalah perpaduan antara passion dan ketekunan.

4. Punya keinginan belajar yang tinggi

Menurut Corley, 88 persen miliarder meluangkan minimal 30 menit buat belajar sekalipun secara otodidak dengan membaca. Meskipun sederhana, karakter wirausaha yang satu ini dapat meningkatkan kemampuan kognisi yang jela berkontribusi terhadap kesuksesan.

Buat bisa terus berinovasi dan berkreasi, seseorang harus punya wawasan yang luas dan mendalami bidang yang ditekuninya. Di sisi lain, mempelajari bidang yang berbeda juga bisa membuka kesempatan baru yang gak terpikirkan sebelumnya.

5. Punya etos kerja yang tinggi

Delapan puluh enam persen miliarder bekerja lebih dari 50 jam dalam satu minggu dan 94 persen di antaranya mengaku menikmati pekerjaannya.

Selain itu, hampir 50 persen dari para miliarder telah bangun tiga jam sebelum mereka memulai pekerjaannya. Dengan gitu mereka masih bisa melakukan rutinitas pagi seperti sarapan atau olahraga.

Intinya, mereka punya etos kerja yang tinggi banget. Karakter wirausaha ini emang patut dicontoh siapa aja.

Ya tetap sih, kesehatan harus jadi prioritas pertama. Tanpa sehat ya kita gak bisa apa-apa toh?

6. Sabar

Para pengusaha tahu bahwa gak ada kesuksesan yang instan. Oleh sebab itu, mereka gak mudah tergiur hasil kilat tanpa mempertimbangkan dampak jangka panjangnya.

Di sisi lain, kesabaran juga gak cuma dibutuhkan dalam menghadapi kesulitan, tapi juga saat berhadapan dengan orang lain. Tiap orang memiliki karakter yang berbeda. Pengusaha yang sukses umumnya mampu membangun hubungan dengan orang lain dari beragam latar belakang, gak cuma sebagai pemimpin tapi juga rekan kerja.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Pada akhirnya, riset ini jadi bukti bahwa kesuksesan bukan karena keturunan apalagi keberuntungan, melainkan dari karakter mereka sendiri.

Jadi, gimana, udah punya 6 karakter wirausaha di atas? Kalau belum, yuk sama-sama belajar!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →