Budi Gunawan Kepala BIN Berharta Rp 10 M, tapi Cuma Punya Dua Mobil Ini

budi gunawan

Pertemuan Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto di MRT usai Pemilu 2019, serta pertemuan Prabowo dan Megawati Soekarno Putri disebut-sebut terjadi berkat peran Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Budi Gunawan.

Sosok Komjen Pol Budi Gunawan ikut berada di tengah-tengah acara makan siang di Kediaman Megawati, Rabu 24 Juli 2019.

BIN saat dimintai keterangan soal pertemuan tersebut membenarkan peran Budi Gunawan di pertemuan yang berlangsung di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta. Apa yang dilakukan Bapak Kepala BIN itu sebagai upaya menjaga keutuhan bangsa.

Tentu saja, peran pria yang akrab disapa BG itu dalam pertemuan-pertemuan beberapa tokoh demi terciptanya rekonsiliasi emang layak dapat apresiasi. Apalagi, tanggung jawab BG sebagai ketua BIN untuk menjaga Indonesia tetap aman tanpa adanya konflik yang bisa saja terjadi.

Lepas dari perannya itu, perjalanan karier Budi Gunawan cukup menarik lho buat diulas. Seperti apa kisahnya? Berikut, ulasan lengkapnya:

Dulunya ajudan presiden kini jadi Ketua BIN dengan kekayaan Rp 10 miliar lebih

budi gunawan
Budi Gunawan (Wikimedia)

Budi Gunawan telah menetapkan pilihan kariernya di kepolisian dengan menempuh pendidikan Akademi Kepolisian. Lulusan Akpol tahun 1983 ini bertugas dari Bandar Lampung ke Palembang kemudian ke Bogor. Dia juga pernah ditempatkan di Korps Lalu Lintas Polri.

Kariernya mulai cemerlang saat Budi Gunawan mendapat kesempatan sebagai ajudan Wakil Presiden Indonesia yang ketika itu dijabat Megawati Soekarnoputri. Pada 2001, Megawati naik menjadi presiden dan BG masih menjadi ajudan hingga tahun 2004.

Setelah gak lagi menjadi ajudan Megawati, BG menempati beberapa posisi penting di kepolisian. Mulai dari Kapolda Jambi, Kapolda Bali, hingga Wakapolri. 

Kesempatan menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia datang menghampiri Budi Gunawan saat masa Pemerintahan Presiden Jokowi. 

Baca juga: Berharta Rp 189 M, Dirut Krakatau Steel Silmy Karim Punya Utang Rp 9,6 M!

Semua proses telah dilaluinya dan persetujuan DPR pun sudah didapat. Namun, BG ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

KPK di bawah kepemimpinan Abraham Samad menyebut adanya keterlibatan Budi Gunawan dalam kasus korupsi saat Bapak Budi menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karier Deputi Sumber Daya Manusia Polri (2003 – 2006).

Budi Gunawan yang dijadikan tersangka gak tinggal diam begitu saja. Dia pun melakukan gugatan pra peradilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Hasilnya, dia memenangkan gugatan tersebut, dan bersih dari sangkaan apapun.

Budi Gunawan yang gagal jadi Kapolri lantas ditawari kesempatan menjadi Kepala BIN oleh Presiden Jokowi. Dia menerima jabatan tersebut pada tahun 2016, dan masih menjabat hingga sekarang.

Sebagai bagian dari penyelenggara negara, Budi Gunawan melaporkan harta kekayaannya secara periodik. Seperti sekarang ini, BG yang menjabat Kepala BIN melaporkan kekayaannya dalam LHKPN 2016 yang mencapai Rp 10.104.909.555. Banyak banget ya?

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Meski memiliki kekayaan hingga menembus puluhan miliar rupiah, BG cuma memiliki dua mobil bernilai ratusan juta rupiah saja. Apa saja mobil-mobilnya?

Dua mobil dengan total nilai Rp 600 juta

Walaupun kekayaannya mencapai Rp 10 miliar lebih, Budi Gunawan cuma memiliki dua mobil lho

Mobil yang dimilikinya pun nilainya saat ini gak sampai Rp 1 miliar. Penasaran mobil-mobil apa aja yang dimiliki BG? Ini dia daftarnya:

Mitsubishi Pajero

Budi Gunawan memiliki mobil Mitsubishi Pajero (mitsubishi-motors.co.id)

Dalam LHKPN 2016 yang dilaporkannya, BG memiliki mobil Mitsubishi Pajero keluaran tahun 2011. Nilai mobil Sport Utility Vehicle (SUV) tersebut dalam laporan tersebut sekitar Rp 200 juta.

Di situs jual beli mobil bekas, Mitsubishi Pajero masih dijual dengan kisaran harga Rp 200 jutaan. Sepertinya penurunan nilai mobil berkapasitas mesin 2.500 cc ini gak terlalu dalam-dalam amat. 

Toyota Vellfire

Budi Gunawan
Budi Gunawan memiliki mobil Toyota Velffire (toyota.astra.co.id)

BG juga memiliki mobil mewah seperti yang dimiliki anak Presiden SBY, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY. Bedanya, kalau Toyota Vellfire BG keluaran tahun 2010, sedangkan Toyota Vellfire milik AHY keluaran tahun 2012.

Dalam laporan LHKPN miliknya, Toyota Vellfire yang dikendarai Budi Gunawan bernilai Rp 400 juta. Mobil dengan kapasitas mesin 2.500 cc ini sekarang dijual dengan harga lebih dari Rp 1 miliar. Pastinya orang-orang berpenghasilan tiga digit saja nih yang bisa beli mobil ini!

Itulah perjalanan karier Budi Gunawan hingga ia bisa memiliki kekayaan lebih dari Rp 10 miliar dan cuma memiliki dua mobil. Gimana menurut kamu? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →