Sederhana dan Gak Punya Mobil, Ini Fakta Karman Karim Juragan Mal di Sulsel

Karman Karim (FB Karman Karim)

Tahu gak siapa Karman Karim? Beliau adalah salah satu pengusaha sukses Indonesia yang berasal dari Sulawesi Selatan.

Karman merupakan pengusaha yang memiliki tiga mal di Sulawesi. Salah satunya, Tatura yang sempat dijarah pascagempa dan tsunami.

Karman Karim merupakan pengusaha yang sukses di kotanya, dan figur yang religius. Karman juga dipandang sebagai orang yang dipercaya.

Dia sukses di dunia bisnis berkat pengalamannya memberesi tempat usaha milik pejabat setempat yang terlilit utang.

Pengin tahu fakta-fakta menarik pengusaha sukses di Indonesia yang satu ini? Yuk, simak ulasannya di bawah ini:

1. Gak punya mobil dan atap rumahnya dari seng?

Karman Karim (FB Karman Karim)
Karman Karim (FB Karman Karim)

Karman Pada tahun 2017 lalu sempat mengatakan di media sering dianggap tajir karena punya tiga mal. Padahal, Karman gak punya mobil dan atap rumahnya juga terbuat dari seng.Entah bercanda atau serius, tapi itulah yang diuatarakannya.

Tapi, ketika melihat foto rumah beliau di Facebook, desain interior rumahnya memang sederhana. Terlihat tidak mungkin kalau rumahnya hanya beratapkan seng. Tapi, bisa jadi dia pernah tinggal di rumah yang beratapkan seng itu di masa lalunya.

Karman sebelum sukses menjadi pebisnis berprofesi sebagai advokat yang sudah bergulat di panggung hukum selama 25 tahun. Dia sempat berpikir pensiun dari aktivitasnya. Namun, dia ditunjuk untuk jadi direktur pemda setempat.

Dari situlah, Karman Karim mulai aktif di dunia bisnis.

2. Sukses gara-gara materai

Karman Karim (FB Karman Karim)
Karman Karim (FB Karman Karim)

Ketika kamu mengetik nama Karman Karim di mesin pencari Google. Maka, artikel yang akan muncul justru tentang pengusaha sukses di Indonesia yang berhasil karena materai Rp 6 ribu. Kok bisa sih? Gimana ceritanya?

Pria asal Pinrang, Sulsel, ini dipanggil oleh Wali Kota Palu untuk menyelamatkan Mal Tatura yang merupakan mal pemerintah. Mal pada saat itu memiliki utang Rp 57 miliar, Karman malah diangkat sebagai direktur. Karena itu, bermodal materai Rp 6 ribu dia sukses jadi bos di sana.

Ajaibnya, dia berhasil memimpin mal tersebut lepas dari jeratan utang. Dari utang sebanyak Rp 57 miliar, mal itu akhirnya punya aset Rp 150 miliar. Keren banget kan!

Setelah sukses dengan Tatura, dia ditawari Matahari untuk membangun mal yang lebih besar. Dan Hypermart juga menghubungi Karman untuk menjalin kerja sama.

Singkat cerita, Karman berhasil mendirikan Grand Mal di Pantai Teluk, Poso City Mal, dan dia pun berhasil mendirikan Hypermart yang paling modern di Sulwesi. Juara banget ya!

3. Sosok sederhana

Karman Karim sosok sederhana (FB Karman Karim)
Karman Karim sosok sederhana (FB Karman Karim)

Total jumlah kekayaan Karman Karim memang gak pernah dipublikasikan. Namun, sebagai seorang pengusaha sukses di Indonesia, Karman wajib dicontoh karena kesederhanaannya.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Dia gak pernah terlihat memakai setelah jas mahal, dan sebagainya. Pria berjanggut putih ini dalam kesehariannya sangat sederhana.

Selain sederhana, dia juga kabarnya supel dan rendah hati. Kesan pertama itu seringkali muncul ketika seseorang baru saja berinteraksi dengannya.

Dan memang benar, saat MoneySmart menelusuri akun Facebooknya, dan melihat foto-foto kesehariannya, Karman memang sangat sederhana. Di beberapa feed, tampak foto Karman tengah belanja ikan di pasar, masak di dapur, dan sebagainya.

Sebagai pengusaha, Karman juga cukup aktif dalam kegiatan sosial.

4. Membangun bisnis dengan konsep “GILA”

Karman Karim (FB Karman Karim)
Karman Karim (FB Karman Karim)

Konsep Karman membangun bisnisnya adalah GILA. Apa itu GILA? Tentu bukan gila beneran ya, melainkan, “gali ilmunya, lakukan aktivitasnya.”

Dalam pernyataannya di media, keberhasilan yang diperolehnya berasal dari kepercayaan orang. Bisa dibilang, dia memulai usaha itu tanpa keluar modal gede, atau bahkan sama sekali gak pakai modal.

5. Tidak arogan

Karman Karim (FB Karman Karim)
Karman Karim (FB Karman Karim)

Meski termasuk salah satu publik figur di daerahnya, Karman sama sekali gak arogan. Komentar-komentar netizen di Facebooknya pun tetap dibalas satu persatu.

Dan terlihat sekali akun itu memang dipegang langsung oleh Karman. Sebagian komentar di foto-foto Facebook Karman juga positif, itu tandanya dia disukai banyak netizen.

Gak gampang tentunya jadi orang yang bisa dipercaya banyak orang. Tentunya kamu harus punya portfolio yang bagus dulu dalam bidangmu biar orang lain bisa percaya. (Editor: Chaerunnisa)

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →