Cara Mudah dan Unik Membuat Ucapan di Kartu Lebaran

Wanita mengajar

Setiap tahun kita pasti melalui yang namanya hari raya seperti Natal dan Lebaran. Khusus bagi umat muslim Lebaran terdiri atas dua hari raya yakni Idulfitri dan Iduladha. Tidak lupa, dalam setiap kesempatan baik tersebut, kita terbiasa untuk berbagi ucapan atau pesan untuk menyelamati mereka yang merayakan maupun kebiasaan saling memaafkan.

Nah, proses ini biasanya kita lakukan melalui aktivitas berbagi kartu Lebaran. Kartu Lebaran merupakan salah satu ciri khas Indonesia dengan saling berkirim salam dan ucapan secara tertulis di Hari Raya. 

Kini aktivitas tersebut lebih banyak dilakukan secara digital dengan berkirim gambar dan pesan melalui berbagai aplikasi kirim pesan dan media sosial, seperti WA, LINE, FB, Twitter, dan Instagram. 

Supaya kita lebih mengenal ucapan hari raya dan kartu Lebaran, mari simak tulisan berikut ini!

Perkembangan Kartu Lebaran dari Fisik hingga Digital

Wanita memakai kartu

Dari waktu ke waktu kartu Lebaran pun berkembang seiring pesatnya pertumbuhan teknologi. Nah, kebiasaan berkirim kartu ucapan ini sudah berlangsung sejak lama, bahkan sejak Indonesia belum merdeka.

1. Kirim fisik

Kartu ucapan atau greeting card seperti kartu Lebaran sebenarnya berkembang cukup pesat sejak adanya postcard atau kartu pos yang mulai diperkenalkan melalui aktivitas pos di dunia.

Kartu pos adalah selembar kertas tebal atau karton tipis berbentuk persegi panjang yang digunakan untuk menulis dan pengiriman tanpa amplop dan dengan harga yang lebih murah daripada surat.

Kartu pos yang pertama di dunia diterbitkan di Austria pada 1 Oktober 1869 dengan nama Correspondenz-Karte. Kartu pos biasanya dikirimkan orang-orang saat berkunjung ke luar negeri sebagai semacam kenang-kenangan yang menandai bahwa mereka telah berkunjung ke negara tersebut.

Mengacu pada pembentukan kartu pos tersebut, kartu ucapan yang lebih umum seperti ucapan hari raya Natal dan Lebaran menjadi populer.

Pada masa ini, ucapan perayaan hari raya dikirim melalui kartu Lebaran berupa pengiriman fisik menjadi populer dan sebenarnya terus dipakai hingga saat ini.

2. Pelengkap pengiriman parsel

Nah, kartu ucapan ini sebenarnya biasa menjadi pelengkap dari aktivitas saling berkirim parsel atau barang berupa bingkisan yang berisi berbagai hadiah, seperti aneka kue, makanan dan minuman dalam kaleng, barang pecah belah, yang ditata apik dalam keranjang dan dikirimkan kepada orang-orang tertentu pada hari raya.

Parsel tersebut biasanya disertai ucapan yang paling sederhana dapat sekadar ucapan selamat hari raya.

3. Kirim digital

Seiring perkembangan zaman, teknologi mulai berkembang, setelah kemunculan teknologi berkirim pesan seperti short message service (SMS) dan surat elektronik (surel) aktivitas pengiriman kartu ucapan ini bergeser menjadi tidak berbentuk fisik, melainkan berupa tulisan dalam fitur berbagi pesan tersebut.

Bahkan, acap kali kita berlomba-lomba membuat tulisan yang paling unik dan kreatif dalam menyampaikan ucapan hari raya.

Teknologi berkembang terus hingga saat ini, dimana aktivitas berkirim ucapan dilakukan melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan aplikasi berkirim pesan macam Line, serta WhatsApp.

Terdapat karakteristik yang sangat berbeda antara pengiriman ucapan di media sosial dan melalui aplikasi berkirim pesan.

  • Pengiriman ucapan melalui media sosial cenderung bersifat umum dan diberikan kepada seluruh khalayak, kalau diibaratkan seperti mengucapkan selamat hari raya di tengah taman yang dipenuhi manusia.
  • Sementara, ucapan melalui aplikasi berkirim pesan lebih terkesan intim dan personal, walaupun beberapa aplikasi pengirim pesan dapat melakukan blast (pengiriman sekaligus) ke banyak penerima pesan.

Berbagai Aplikasi Membuat Kartu Lebaran Lebih Mudah

Dengan semakin trennya berkirim pesan menggunakan media berbagi informasi secara digital, kita dapat membuat kartu ucapan berupa gambar maupun tulisan menggunakan aplikasi yang terdapat di telepon genggam kita.

1. Fitur edit foto bawaan

Setiap ponsel umumnya memiliki fitur bawaan untuk mengedit foto, misalnya untuk memotong foto. Cara melihat fitur ini, buka foto dari galeri dan cari opsi atau ikon untuk mengedit.

Gunakan foto yang ingin dijadikan latar kartu digital, misalnya foto sekeluarga usai shalat Ied, dan beri teks ucapan Lebaran.

2. PicsArt

Aplikasi PicsArt sebenarnya ditujukan untuk menyunting gambar, namun, mereka memiliki opsi membuat gambar dari kanvas kosong. Pengguna bisa memasukkan template dan background yang diinginkan lalu diberi teks. PicsArt juga memiliki fitur kuas sehingga pengguna bisa membuat gambar sendiri atau tulisan tangan.

3. Canva

Aplikasi ini dapat dipakai untuk membuat kartu ucapan, flyer hingga poster hanya dengan menggunakan ponsel. Canva menyediakan template kartu ucapan untuk berbagai momen, termasuk Idulfitri.

Template ucapan Lebaran yang disediakan Canva seluruhnya berbahasa Inggris, namun, pengguna bisa mengedit teks tersebut dan menggantinya dengan ucapan yang diinginkan.

4. Overlay

Aplikasi mengedit foto ini memiliki fitur untuk menambahkan teks ke foto yang diinginkan. Ucapan “Selamat Lebaran” yang dibuat lewat aplikasi ini juga dapat dihiasi bingkai yang lucu.

5. Snapseed

Aplikasi edit foto buatan Google ini memiliki banyak pilihan untuk filter dan tone warna untuk mengatur kecerahan gambar. Selain itu, Snapseed dibekali fitur teks yang dapat digunakan untuk menulis ucapan Lebaran. Teks dari Snapseed sudah dihiasi dengan bingkai atau balon ucapan seperti di komik.

6. Pinterest

Aplikasi ini merupakan aplikasi media sosial berbagi gambar yang cukup komplet, melalui aplikasi ini kita dapat mencari inspirasi berbagai ucapan Lebaran, gambar dan teks biasanya sudah tersedia dalam satu gambar yang utuh. Kita hanya perlu mencari gambar yang paling unik dan membagikannya di media sosial kita.

7. Muslim Cards Pro: Ied & Ramadan

Salah satu aplikasi yang bisa dicoba lainnya adalah aplikasi Muslim Card ini. Berbeda dengan aplikasi kartu ucapan Lebaran, aplikasi ini hanya menyediakan template dengan design yang cocok untuk Lebaran.

Jika Canva harus mendesain sendiri, aplikasi ini sudah menyediakan template yang sesuai dengan tema. Kita tinggal menambahkan tulisan di dalam template tersebut dan kartu digital siap dikirim.

8. Kartu Ucapan Lebaran 2019 (Android)

Bagi kita pengguna Android, mungkin bisa mencoba langkah ini. Ketik ‘kartu ucapan Lebaran’ di Google Play Store dan puluhan aplikasi yang menyediakan kartu ucapan Lebaran instan sudah tersedia.

Dari sekian banyak aplikasi, Kartu Ucapan Lebaran 2019 buatan Ledja Studio menjadi salah satu terfavorit. Aplikasi ini menjadi aplikasi ke 7 terfavorit di kategori aplikasi gratis gudang aplikasi Android.

Kita cuma perlu memiliki template yang disuka tanpa perlu menambah foto atau ucapan lagi. Sayangnya pengguna iOS tidak bisa menggunakan aplikasi ini.

Bentuk-Bentuk Ucapan di Kartu Lebaran

Kalau kita sudah memiliki aplikasi untuk mengolah gambar dan ucapan menjadi kartu Lebaran digital ini, maka selanjutnya yang diperlukan adalah ucapan yang berkesan dan kreatif yang dapat diberikan kepada orang-orang terkasih kita. Berikut ini referensi ucapan Lebaran dalam berbagai bahasa.

Ucapan berbahasa Inggris beserta terjemahannya

komunikasi ke bule

Bagi kita yang hendak menambahkan ucapan dalam Bahasa Inggris, berikut adalah ucapan Idulfitri dalam Bahasa Inggris beserta terjemahannya:

  1. Happy Eid Mubarak. Let us forget our mistake in the past with all the forgiveness and may God gives us abundantly of happiness and prosperity ahead. 

(Selamat hari raya Idulfitri. Mari kita lupakan kesalahan di masa lalu dengan maaf memaafkan dan semoga Allah memberikan kita kebahagiaan dan kemakmuran yang melimpah ke depannya).

  1. Happy Idulfitri. Wishing you an Eid that brings you a lot of cheerful, happiness and affluence. 

(Selamat hari raya Idulfitri. Semoga di hari raya ini membawa mu banyak keceriaan, kebahagiaan dan kemakmuran).

  1. Sorry for all of my bad manners. Happy Eid Al-Fitr for you. Hope we get the best inspiration from this Ramadhan.

(Maaf untuk semua kebiasaan-kebiasaan burukku. Selamat Hari Raya Idulfitri. Semoga kita mendapatkan inspirasi terbaik dari Ramadan kali ini).

  1. It’s more than a wish, more than a message too, for it comes with warm and loving thoughts because it’s meant for you. Happy Eid!

(Bukan hanya sekadar harapan, bukan juga pesan, melainkan dengan segala pikiran dan cinta karena kamu layak mendapatkannya. Selamat Idulfitri!).

  1. The time has come for every soul to purify heart. For every man to begin a new life. For us to let all mistakes forgiven, forgotten. Amen. Happy Eid Mubarak!

(Telah tiba saatnya bagi setiap jiwa untuk menyucikan hati. Bagi setiap umat untuk memulai hidup baru. Bagi kita semua untuk saling memaafkan dan melupakan setiap kesalahan. Amin. Selamat Idulfitri!).

  1. Happy Eid Mubarak, hope we see Ramadan again next year.

(Selamat Hari Raya, semoga kita menjumpai Ramadan lagi tahun depan).

  1. Sending you best wishes on Eid and wishing that it brings you joy and blessings.

(Aku mengirimimu doa-doa baik di Hari Raya dan semoga bahagia dan berkah).

  1. May God give you happiness of heaven above. Happy Eid Mubarak to you all.

(Semoga Tuhan memberimu kebahagiaan surga. Selamat Hari Raya yang berbahagia untuk kalian).

  1. May this special day bring peace, happiness and prosperity to everyone. Eid Mubarak. (Semoga hari spesial ini membawa kedamaian, kebahagiaan, dan kesejahteraan untuk semua. Selamat Hari Raya).
  2. May Allah flood your life with happiness, your heart with love, your mind with wisdom. Wishing you a very Happy Eid. 

(Semoga Allah mengaliri hidupmu dengan kebahagiaan, mengaliri hatimu dengan rasa cinta, mengaliri pikiranmu dengan kearifan. Selamat Hari Raya yang berbahagia).

Ucapan berbahasa Arab beserta terjemahannya

Ketulusan ucapan doa dan selamat tetap bermakna meski disampaikan dalam berbagai bahasa. Supaya terasa lebih unik, bagaimana jika kita coba jadikan dalam bahasa Arab seperti contoh-contoh di bawah ini? 

 1) Berkah Ied untukmu dan keluargamu!

!عيد مبارك لكم ولعائلاتكم

      Eid Mubarak lakum wa-li-‘a’ilatakum!

2) Semoga berkah Allah tercurah kepadamu di hari raya Idulfitri ini.

.لتنزل عليكم بركات الله في عيد الفطر هذا

Litanzil ‘alaykum barakat Allah fi Eid al-Fitr hatha.

3) Semoga engkau merayakan ini setiap tahunnya, keberkahan Ied untukmu!

!كل عام وانتم بخير. عيد مبارك

Kul ‘am wa-antum bi-khayr. Eid Mubarak!

4) Bersama seluruh kasih sayang, berkah dan kedamaian di hari yang membahagiakan ini. Selamat Idulfitri.

.مع كل الحب، البركات، والسلام في هذا اليوم المجيد. عيد فطر سعيد

Ma‘ kull al-hubb, al-barakat, wa-l-salam fi hatha al-yawm al-majid. Eid Fitr sa‘id!

5) Saya doakan untukmu Idulfitri yang sangat berbahagia, dan semoga semua perbuatan baikmu diterima oleh Allah.

.أتمنى لكم عيد سعيد جداً! لتكن كل أعمالكم الخيرة مقبولة عند الله

Atamanna lakum Eid sa‘id jiddan! Litakun kul a‘malakum al-khayyira maqbula ‘ind Allah.

Jadi bagaimana desain kartu Lebaran pilihanmu? Jangan lupa berikan kata-kata ucapan yang bagus, ya, sebagaimana ucapan kita kepada orang lain merupakan doa juga bagi mereka dan kita sendiri.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →