Syarat dan Cara Mendaftar Kartu Prakerja

Pada pertengahan April 2020 lalu, Pemerintah Indonesia menggulirkan program bantuan untuk para pekerja usia muda yang diberi nama Kartu Prakerja. Program ini merupakan bantuan pembiayaan bagi masyarakat untuk bisa mengakses berbagai pelatihan online yang tersedia.

Demi meningkatkan kualitas SDM Indonesia, pemerintah tidak main-main, total sebesar Rp20 triliun dialokasikan dari APBN 2020 untuk bantuan ini. Satu orang peserta akan mendapatkan bantuan sebesar lebih dari Rp3 juta.

Apa itu kartu prakerja?

prakerja

Kartu Prakerja adalah bantuan dari pemerintah Indonesia dalam bentuk pembiayaan pelatihan bagi masyarakat yang ingin memiliki dan meningkatkan keterampilannya. Diharapkan, melalui bantuan ini, jumlah sumber daya unggul di Indonesia bisa bertambah. 

Sumber daya manusia yang unggul adalah sebuah keharusan di era industri 4.0. Semua yang konvensional telah beralih ke tahap yang lebih canggih dengan menggunakan teknologi. Oleh sebabnya, kreativitas dan kemampuan untuk beradaptasi masyarakat sangat dibutuhkan apabila ingin bersaing di era ini. 

Dampak jangka panjangnya, pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Indonesia pun akan semakin mudah dicapai. 

Kartu bantuan ini tidak hanya diberikan kepada mereka yang sedang mencari pekerjaan saja, tetapi juga buruh dan pegawai. Intinya, mereka harus berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang menjalani pendidikan sekolah maupun kuliah. 

Namun, pemerintah sendiri memprioritaskan kelompok pencari kerja usia muda dahulu dibandingkan kelompok yang lainnya. 

Bentuk bantuannya pun adalah berupa dana yang bisa digunakan untuk pembiayaan pelatihan online di mitra Kartu Prakerja. Besarnya bantuan mencapai Rp3.550.000 per peserta. 

Manfaat Kartu Prakerja 

Keberadaan bantuan ini turut menjadi solusi atas masalah-masalah sumber daya manusia yang sering dialami oleh perusahaan maupun individu itu sendiri. Berikut ini beberapa masalah-masalah yang teratasi berkat Kartu Prakerja.

  • Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung ke pihak pekerja dan perusahaan.
  • Membantu meringankan biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan.
  • Mendorong kebekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch.
  • Menjadi komplemen dari pendidikan formal.

Syarat untuk mendapatkan Kartu Prakerja 

Persyaratan untuk mendapatkan bantuan ini cukup mudah, bahkan kamu gak perlu repot-repot mempersiapkan dokumen-dokumen persyaratannya, intinya sih kamu harus memenuhi syarat berikut ini. 

  • Merupakan Warga Negara Indonesia (dibuktikan dengan KTP).
  • Minimal telah berusia 18 tahun (dibuktikan dengan KTP). 
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal baik sekolah maupun kuliah.

Cara mendaftar peserta Kartu Prakerja 

Pendaftaran menjadi peserta bantuan Kartu Prakerja tidaklah rumit, karena kamu bisa melakukan pendaftaran di mana saja dengan batuan komputer atau ponsel pintar dan jaringan internet. Berikut ini langkah-langkahnya. 

1. Daftar akun terlebih dahulu 

buat akun kartu prakerja

Pertama, kamu harus melakukan pembuatan akun Kartu Prakerja terlebih dahulu di situs prakerja.go.id. Setelah masuk ke laman tersebut, kamu bisa mengisi email pribadi yang masih aktif dan password untuk membuat akunnya, lalu klik ‘Daftar’. 

Setelah itu tunggu pesan verifikasi terkirim ke email yang didaftarkan, lalu klik link yang terdapat di dalam pesan email tersebut. Akun kamu sudah resmi terdaftar! 

2. Masuk ke akun 

Setelah itu, kamu bisa kembali ke halaman depan situs Kartu Prakerja, lalu klik pilihan ‘Masuk’. Masuk dengan email dan password akun yang telah didaftarkan sebelumnya. 

3. Lakukan pengisian data diri dan verifikasi KTP 

daftar kartu prakerja

Sehabis masuk ke dalam akunmu, kamu diminta untuk melakukan pengisian data diri, mulai dari alamat rumah, pendidikan terakhir, status pekerjaan, dan terakhir mengunggah foto KTP beserta swafoto. 

4. Masukkan nomor telepon dan mengisi pernyataan pendaftaran 

Terakhir masukkan nomor telepon yang aktif dan pesan aktivasi akan dikirimkan ke nomor tersebut. 

Setelah proses ini selesai, kamu akan diminta menjawab pernyataan pendaftaran untuk lanjut ke tahap pendaftaran selanjutnya. Salah satu pernyataannya apakah kamu pengangguran atau tidak. 

5. Tes motivasi dan kemampuan dasar 

Jika ingin menerima bantuan ini kamu harus wajib menjawab soal-soal di tes motivasi dan kemampuan dasar ini. Tes terdiri dari 18 soal dengan durasi maksimal 25 menit. Soalnya berupa matematika, pengurutan instruksi, dan pemahaman bacaan nonsastra. 

6. Pilih seleksi Gelombang 

Setelah tes selesai dilakukan, kamu bisa memilih waktu untuk seleksi Gelombang. Ini merupakan seleksi tahap akhir untuk mendapatkan manfaat dari bantuan Prakerja sepenuhnya. 

Tapi, sebelum kamu mengikuti seleksi Gelombang, kamu akan diberitahukan dahulu apakah kamu lolos atau tidak dalam pendaftaran ini. Jika lolos, kamu dipersilakan untuk mengikuti seleksi Gelombang. 

Namun, jika kamu tidak lolos di Gelombang yang telah kamu pilih, kamu bisa memilih di Gelombang berikutnya.

Mitra pelatihan online Kartu Prakerja 

Setelah sukses melakukan pendaftaran, kamu bisa memulai mengikuti pelatihan-pelatihan online yang disediakan oleh mitra Kartu Prakerja. Berikut ini daftar mitra yang menyediakan kelas online untuk para peserta bantuan.

  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Skill Academy
  • Kemnaker
  • Pintaria
  • MauBelajarApa
  • Sekolah.mu
  • Pijar Mahir

Itulah informasi singkat mengenai Kartu Prakerja. Bagi kamu yang merasa telah memenuhi persyaratan, jangan sia-siakan program bantuan ini. Manfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas dirimu sendiri demi berkontribusi untuk kemajuan Indonesia.