Kartu SIM Hilang? Yuk Ketahui Biaya dan Cara Mengurusnya

Jenis Surat Izin Mengemudi

Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan dokumen penting yang harus dibawa kemana-mana oleh pengemudi kendaraan bermotor. Jika SIM hilang, maka sebaiknya kamu mengurusnya dengan cepat sebelum ditilang oleh pihak Kepolisian.

Udah jadi rahasia umum kalau sistem birokrasi di Indonesia dipandang sebagian masyarakat sangat berbelit-belit. Itulah yang bikin orang malas mengurus dokumen kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga, STNK hingga SIM.

Meskipun demikian, kita harus tetap mengurus semua dokumen tersebut, apalagi kalau hilang. Langsung aja yuk kita simak ulasan singkat mengenai cara mengurus SIM hilang berikut ini beserta dengan biayanya.

Biaya mengurus SIM hilang

Umumnya, masyarakat di Indonesia memiliki 2 jenis SIM yakni SIM A untuk kendaraan roda 4 dan Sim C untuk kendaraan roda 2. Jika hilang, kamu harus mengganti biaya mengurusnya dengan rincian biaya penggantian, biaya asuransi, dan biaya tes kesehatan sebagai berikut:

Keterangan SIM A SIM C
Biaya penggantian Rp 80 ribu Rp 75 ribu
Biaya asuransi Rp 30 ribu Rp 30 ribu
Biaya tes kesehatan Rp 20 ribu Rp 20 ribu
Total Rp 130 ribu Rp 125 ribu

Itulah daftar biaya yang harus kamu keluarkan jika ingin mengurus SIM yang hilang. Selanjutnya kamu juga harus mengikuti beberapa tahapan dari awal hingga akhir proses selesai. Yuk simak poin-poinnya di bagian berikut.

Syarat dan cara mengurus SIM hilang

Menurut aturannya, berikut ini adalah syarat dan tahapan-tahapan mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) yang hilang.

Syarat mengurus SIM yang hilang

Siapkan dokumen-dokumen di bawah ini.

  • KTP pemilik kendaraan, baik asli maupun fotokopi.
  • Fotokopi SIM yang hilang.
  • Surat keterangan SIM hilang dari Polsek atau Polres setempat.

Cara mengurus SIM yang hilang

Sesudah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diminta, datang ke Samsat atau Satpas terdekat dan mengikuti prosedur berikut ini:

  • Mengurus surat keterangan kesehatan di bagian pemeriksaan kesehatan.
  • Mengisi formulir pendaftaran loket SIM hilang.
  • Mengurus Asuransi Kecelakaan Diri Pengemudi (AKDP) di loket asuransi.
  • Mendaftar di loket pendaftaran.
  • Mengikuti proses foto, sidik jari, dan mengkonfirmasi data pribadi yang tercantum di formulir pendaftaran.
  • Mengambil SIM dan kartu Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD).

Tips mengurus SIM yang hilang

Supaya proses pembuatan SIM hilang lebih cepat dan gak ribet, kamu perlu memperhatikan beberapa tips berikut yang sangat berguna.

Datang ke Samsat atau Satpas pagi hari

Mengantri mungkin menjadi alasan banyak orang datang ke Samsat atau Satpas guna mengurus SIM. Solusinya, kamu harus datang pagi hari agar antrian yang didapat paling awal. Usahakan jam 7 pagi sudah datang di lokasi agar tidak terlambat mengambil antrian.

Tips ini juga sangat berguna buat kamu yang mengambil kerja setengah hari dan siangnya harus kembali kerja ke kantor.

Kondisi fisik harus prima

Mengurus SIM yang hilang bukanlah perkara yang cepat dan bisa dilakukan dalam hitungan beberapa jam saja. Jadi pastikan kondisi tubuh kamu prima untuk mengikuti serangkaian proses administrasi yang diperlukan.

Sarapan yang cukup dan membawa botol air putih adalah ide yang bagus sembari menunggu proses penerbitan SIM yang baru.

Pastikan membawa uang cukup

Setelah datang pagi hari dan memastikan kondisi tubuh cukup prima, hal yang gak boleh ketinggalan yakni membawa uang yang cukup untuk membayar biaya penerbitan SIM baru. Untuk SIM A paling tidak membawa uang sebesar Rp 130 ribu, sedangkan SIM C sebesar Rp 125 ribu seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Mengenal Smart SIM

Untuk masyarakat Tanah Air yang ingin menerbitkan SIM baru, pihak Kepolisian Republik Indonesia baru-baru ini menerbitkan Smart SIM sebagai pengganti kartu SIM yang lama.

Smart SIM sendiri adalah Surat Izin Mengemudi yang udah dilengkapi oleh teknologi chip di dalamnya untuk merekam data pribadi. Jadi bisa dibilang ini adalah langkah inovatif dari Kepolisian untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat.

Di dalam Smart SIM ini nantinya akan tersimpan data forensik pengemudi, daftar pelanggaran lalu lintas yang pernah dilakukan, layanan edukasi lalu lintas bahkan bisa digunakan untuk uang elektronik lho! Kece banget, kan?

Nah, itulah nominal biaya dan cara mengurus SIM yang hilang yang penting kamu ketahui. Sebaiknya kamu cepat mengurusnya daripada terkena tilang di tengah jalan akibat gak membawa SIM.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →