Ini 5 Keuntungan yang Kamu Dapatkan Saat Bekerja di Posisi Entry Level

Bekerja di posisi entry level kamu bakal mendapatkan banyak keuntungan

Bekerja di perusahaan memang semua karyawan bakal menduduki posisi entry level. Apalagi bagi kamu yang fresh graduate mau gak mau mesti duduk di posisi sebagai entry level. 

Bagi karyawan memulai karier dari posisi bawah memang penuh tantangan, tapi jangan salah lho kamu bakal mendapatkan banyak keuntungan. Ya namanya posisi entry level pasti ada saja momen-momen kamu dilimpahkan pekerjaan lebih banyak oleh atasan ketimbang yang senior atau rekan kerja lainnya. 

Seperti dikutip dari Qerja.com, Kamis, (23/1/2020), banyak lho keuntungan bagi kamu fresh graduate atau karyawan yang menduduki posisi entry level di kantor. Yuk cek saja keuntungan-keuntungan yang bakal didapatkan. 

Mendapatkan pengalaman kerja yang berharga

Mendapatkan pengalaman kerja di kantor
Memulai karier dari bawah, kamu bakal mendapatkan banyak pengalaman lho, (Shutterstock).

Mengawali karier di posisi entry level, pastinya kamu bakal mendapatkan keuntungan dalam bentuk penglaman kerja. Di sini kamu bakal mendapatkan banyak ilmu dan ini menjadi pengalaman yang sangat dibutuhkan kelak nanti. 

Meski kamu gak memiliki pengalaman banyak sebagai karyawan baru, tapi di sini akan terlihat nih etos kerja mu di kantor. Mulai mendapatkan tanggung jawab pada tugas yang diberikan yang bikin kamu bisa bertahan di dunia kerja. 

Dengan bekal pengalaman kerja ini, kamu bisa lho memperbaharui curriculum vitae. Dengan memperbaharui cv, di sini kamu bisa menyantumkan prestasi yang sudah didapatkan selama bekerja di posisi ini. 

Bisa memperhatikan lingkungan kerja

Mengamati lingkungan kerja di kantor salah satu pengalaman baru kamu
Mengamati lingkungan kerja di kantor salah satu pengalaman baru kamu, (Shutterstock).

Nah biasanya nih sebagai karyawan baru, kamu bakal berhadapan dengan adaptasi. Mau gak mau kamu mesti membaur dengan karyawan lain sehingga mengamati lingkungan kerja bakal dialami. 

Belajar gimana cara kerja rekan kerja, kebiasaan teman-teman sekantor mu. Apalagi bagi kamu yang fresh graduate, ilmu yang didapatkan gak berupa teks seperti didapatkan dalam buku. 

Di sini kamu bisa menangkap alur kerja gimana seorang karyawan mendapatkan delegasi pekerjaan. Wawasan soal dunia kerja pun kamu dapatkan saat bekerja sebagai karyawan baru apalagi dari jenjang karier di bawah. 

Tekanan kerja gak sepadat level supervisor atau manajer

Tekanan di pekerjaan gak bakal dialami oleh karyawan baru
Tekanan di pekerjaan gak bakal dialami oleh karyawan baru, (Shutterstock).

Ketika kamu menjadi karyawan di entry level, tugas kamu memang gak seberat level supervisor atau manajer. 

Tekanan terhadap pekerjaan juga gak sepadat kamu duduk di level supervisor dan manajer yang memiliki tanggung jawab terhadap atasan lagi. Pada tahap ini, kamu sebagai karyawan baru bisa banyak belajar, sehingga kesalahan kecil apapun masih bisa dimaafkan. 

Tapi jangan saat kamu mendapatkan tekanan kerja rendah menbuat dirimu terlena dengan keadaan. Pasalnya nih musuh utama kamu adalah diri sendiri lho. 

Terdengar santai saat bekerja bukan berarti kamu bermalas-malasan gak menuntaskan pekerjaan. Saat kamu udah bisa menunjukkan prestasi, peluang buat naik jabatan bisa lho.  

Di sini saatnya kamu memperluas jaringan

Di sini kamu juga bakal mengalami gimana caranya memperluas jaringan
Di sini kamu juga bakal mengalami gimana caranya memperluas jaringan dengan rekan kerja, (Shutterstock).

Masih ingat gak saat kamu masih duduk di bangku kuliah, ruang lingkup pertemanan masih sekitar teman kampus. Berbeda saat kamu masuk di dunia kerja, ruang lingkup pertemanan kamu justru akan luas banget nih. 

Kenapa bisa begitu? Ya mau gak mau kamu di sini memperluas jaringan pertemanan mu di kantor atau di luar kantor. Di sini kamu bakal bertemu banyak teman mulai dari rekan kerja, level supervisor, manajer hingga atasan-atasan dari klien kantor mu. 

Dengan membuat akun media sosial profesional, kamu bakal memperluas jaringan pertemanan. Saat memilki akun media sosial profesional, kamu bisa memperbaharui kontak kamu meskipun dirimu sudah pindah kantor. 

Memiliki kesempatan buat eksplorasi ke pekerjaan lain

Kamu juga bisa mengeksplor ke pekerjaan lain lho saat mencari posisi di perusahaan baru
Kamu juga bisa mengeksplor ke pekerjaan lain lho saat mencari posisi di perusahaan baru, (Shutterstock).

Nah ini poin yang menarik banget nih bagi kamu karyawan entry level. Saatnya kamu mengeksplorasi ke pekerjaan lain lho. 

Kamu bakal memiliki nilai plus saat pindah kerja, lantaran memperbaharui cv atau riwayat kerja mu. Dengan memiliki pengalaman sebelumnya, kamu bakal mudah buat menemukan pekerjaan lain tentunya di perusahaan baru yang bakal memberikan gaji gede. 

Bagi kamu yang merasa “tersasar” di jurusan yang salah saat kuliah kala itu, nah ini waktunya buat dirimu mengembangkan kemampuan dengan eksplorasi ke pekerjaan lain. 

Itu dia keuntungan-keuntungan yang didapatkan bagi kamu fresh graduate atau karyawan dengan posisi entry level. Menarik bukan, ketika pengin memiliki posisi pekerjaan yang lebih mapan mau gak mau mesti menjalani sebuah proses! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →