Kumpulan Kata Bijak dan Sabar tentang Manajemen Keuangan

Dalam pemenuhan kebutuhan sandang, papan dan pangan, faktor keuangan berperan penting. Kita dituntut jeli dalam mengelola keuangan untuk pemenuhan kebutuhan. 

Sumber keuangan bisa kita dapatkan melalui pekerjaan. Kita bisa sesuaikan kebutuhan dengan penghasilan yang kita dapatkan. Jangan sampai kebutuhan atau pengeluaran lebih besar dari penghasilan.

Dalam praktiknya, sering kali kita dihadapkan pada dilema masalah keuangan. Kebutuhan melambung naik sedangkan kantong kita sedang menipis. Kadang kala walaupun kita sudah bekerja keras, masalah keuangan tetap saja terjadi. Jika masalah keuangan menimpa, kita dituntut untuk sabar menghadapinya alih-alih tetap berusaha mencari jalan keluarnya.

Namun perlu diingat, seberat apa pun masalah keuangan, jangan sampai menjadikan uang sebagai prioritas dalam kehidupan karena kita hidup bukan sekadar uang dan material. Yuk, kita simak ulasan kata bijak dan sabar tentang keuangan dari sembilan tokoh terkenal dunia!

When We Have Money, We Start Making Mistakes – Jack Ma

Pesan yang Jack Ma sampaikan adalah uang bisa melalaikan manusia. Kesalahan-kesalahan dalam membelanjakan uang mungkin terjadi jika kita berlimpahan uang. Kita adalah kontrol dari diri kita, jangan sampai kita diperbudak untuk melakukan kesalahan. Ingat bahwa akan ada masa depan dan kebutuhan lain yang menanti. Kita harus lebih waspada saat punya uang.

We Don’t Build Services to Make Money; We Make Money to Build Better Services – Mark Zuckerberg

Bos Facebook ini berusaha mengingatkan kita, uang yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat. Uang bisa membuka jalan pada seribu kebaikan. 

Secara harfiah kita bisa simpulkan, memang salah satu motivasi kita bekerja adalah untuk menghasilkan uang, namun uang yang kita hasilkan akan lebih baik untuk melakukan perubahan yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Money Was Never a Big Motivation For Me, Except as a Way to Keep Score. The Real Excitement Is Playing the Game – Donald Trump

Bahkan miliuner sekelas Trump ternyata tidak meletakkan uang pada prioritas pertamanya, melainkan menjadikan uang sebagai penyeimbang dan pemenuhan atas kebutuhan. Hal yang paling penting dalam bekerja, misalnya, bukan seberapa banyak uang yang kita hasilkan, namun bagaimana memaksimalkan kerja. Dengan sendirinya, uang akan mengikuti di belakang yang mana nantinya kemampuan kita dalam mengelola akan diuji pula.

You Shouldn’t Live Your Life In Fear of Money – Ellen DeGeneres

Pernahkah kita takut akan kekurangan uang? Memang terdengar menakutkan ketika kita hidup tanpa kehadiran uang. Apakah bisa? Yuk, kita belajar dari petuah komedian kelahiran New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat ini. 

Kata bijak dan sabar dari Ellen mengajarkan bahwa kita tidak boleh selalu memikirkan uang karena efeknya hanya akan menimbulkan ketakutan saat kehilangan dan kekurangan uang. Takutlah ketika kita hanya berharap dan berpangku tangan berdiam diri mengharap uang mengalir begitu saja. 

Ingat! Uang bukanlah segalanya!

Success Isn’t About How Much Money You Make. It’s About the Difference You Make In People’s Lives – Michelle Obama

Sukses adalah ketika kita mampu membuat sebuah perubahan positif dalam kehidupan orang lain. Banyak sekali jalan untuk melakukannya. Sejalan dengan kata bijak dan sabar dari Trump, jadi, kesuksesan kita tidak diukur dari seberapa banyak uang yang kita hasilkan, namun apa yang sudah kita lakukan untuk orang lain. Itulah kiranya pesan Michelle Obama

If You Want to Become Rich, Never Waste Your Time and Money – Benjamin Franklin

Jangan pernah sia-siakan waktu dan uang yang kita miliki. Waktu sangatlah berharga. Setiap detiknya akan sangat bermanfaat apabila kita gunakan dengan bijak. Begitupun dengan uang. Menghambur-hamburkan uang akan berakibat fatal. Jadi jangan sampai waktu dan uang kita terbuang habis sia-sia. Kalau sudah begitu, bagaimana mau kaya?

Many Folks Think They Aren’t Good at Earning Money, When What They Don’t Know Is How to Use It – Frank A. Clark

Kita dituntut bijak dalam mengatur dan membelanjakan uang. Gunakan uang untuk memenuhi kebutuhan prioritas. Kesampingkan hal-hal yang sifatnya sementara. Jangan sampai kita lupa, betapa beratnya untuk sekadar mengumpulkan pundi-pundi rupiah. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Kita bisa siasati dengan melakukan budgeting, dari situ akan terlihat kebutuhan apa saja yang wajib dipenuhi. Ternyata sederhana, bukan?

A Simple Fact That Is Hard to Learn Is That the Time to Save Money Is When You Have Some – Joe Moore

Kita pasti punya rentetan barang atau hal yang ingin dibeli kelak ketika kita punya uang. Hasrat berbelanja kadang tidak bisa terkontrol apalagi saat gajian tiba. Ingatlah! Premi asuransi dan tabungan perlu diisi. Menyesal di belakang mungkin saja terjadi.

My favorite Thing In Life Don’t Cost Any Money. It’s Really Clear That the Most Precious Resource We All Have Is Time – Steve Jobs

buku kepemimpinan Steve Jobs
Sumber gambar: Npr.org

Lagi-lagi tentang waktu. Namun, tidak mengherankan sebab memang kehadirannya sangat berharga. Selagi kita masih diberikan waktu, kesempatan untuk melakukan segala sesuatu akan terbuka lebar. Bukan hanya uang yang perlu diatur, loh! Steve Jobs pun mengakui, uang bukan hal yang paling disukainya, namun waktu adalah segalanya.

Itulah kumpulan kata bijak dan sabar tentang keuangan dari sembilan tokoh dunia yang mana kita bisa ambil pelajarannya. Ingatlah bahwa uang bukanlah segalanya. Kita adalah kontrol atas diri kita sendiri. Yuk, atur uang dan waktu sebaik mungkin!

Jika masih membutuhkan inspirasi tentang kata-kata bijak untuk memotivasi diri, jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →