Kebijakan Kantong Plastik Berbayar Udah Mulai Nih, Sekarang Kantong Plastik Gak Gratis Loh!

kantong plastik berbayar thmb

Per 21 Februari lalu jadi tanggal bersejarah bagi dunia perbelanjaan di negeri tercinta ini. Karena, sejak tanggal itu, tak ada lagi yang namanya kantong plastik kresek gratis. Karena, pemerintah menerapkan aturan kantong plastik berbayar untuk wadah belanjaan.

 

Kalau yang ikutin berita pasti tahu kan aturan baru ini? Yup, betoool! Tujuannya biar menekan tumpukan sampah plastik yang selama ini paling dikenal sebagai sampah yang sulit didaur ulang. Kalau pun bisa, terurainya butuh lama banget sampai ratusan tahun.

 

Percaya kan? Silakan bayangkan saja kalau belanja di minimarket atau supermarket. Mau beli barang apapun bahkan yang terkecil sekalipun pasti diwadahi kantong plastik. Di mata pemerintah, ini biang kerok sampah plastik yang terus menggunung.

 

Dari sinilah keluar kebijakan itu. Payungnya di Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Di situ tertera ada kewenangan pemerintah daerah untuk penanggulangan sampah dengan cara mengurangi dan menangani.

 

Nah, kebijakan plastik berbayar ini masuk kategori upaya menanggulangi dengan cara mengurangi sampah plastik. Nantinya, aturan ini bakal dipertegas lagi dalam peraturan Kementerian Lingkugan Hidup.

 

kantong plastik berbayar

Sekarang kantong plastik gak gratis loh!

 

 

Harga yang ditetapkan murah sih, yakni hanya Rp.200 per kantong. Sepertinya itu harga seragam buat seluruh ukuran kantong plastik.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

 

Jadi jangan kaget yak kalau pas belanja tiba-tiba ada item tambahan untuk pembelian kantong plastik. Apalagi kalau pas belanja bulanan di mana jumlah barangnya meluber di troli. Ketika butuh 10 kantong plastik berarti anggran belanja membengkak Rp 2.000.

 

Sekilas kecil yak. Tapi coba hitung deh berapa kali dalam sebulan bolak-balik belanja di minimarket? Entah sekadar untuk beli snack, sabun colek, atau permen. Makin sering frekuensi belanja makin besar juga dong dana buat beli kantong plastik.

 

[Baca: Tempat Grosir yang Bikin Anggaran Belanja Makin Hemat]

 

 

Terus masih anggap enteng nilai segitu? Eits, tunggu dulu. Awalnya sih memang enggak memberatkan yak. Cuma itu berlaku sementara aja. Selepas bulan Juni besok lewat, peritel alias pengelola minimarket atau supermarket bebas menentukan sendiri harga kantong plastiknya.

 

Berapa? Ya suka-sukanya peritel lah. Sekarang saja harga kantong plastik yang dijual di supermarket tertentu bisa Rp 2.000-5.000 per kantong lho! Kalau butuh 10 kantong plastik, dah keluar duit Rp 50 ribu doang buat wadah barang belanjaan!

 

kantong plastik berbayar

Ayo siapin ekstra duit receh buat bayar kantong plastik pas belanja mbak, jangan pelit-pelit dong!

 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

 

Alhasil, sudah bawa barang belanjaannya berat, eh makin nyesek lagi gara-gara kasir memasukkan semua belanjaan ke kantong plastik yang terpisah-pisah. Siap-siap saja kena biaya tambahan. Padahal di tiap barang belanjaan itu sudah kena pajak pula! Haduh.

 

[Baca: Jurus Jitu Tambah Tabungan dengan Hemat Belanja Bulanan]

 

 

Praktis, kebijakan kantong plastik berbayar ini bakal memengaruhi pola belanja. Konsumen dipaksa berpikir lagi apakah ikhlas menyisihkan duit untuk beli kantong plastik? Sudah enggak zaman lagi kantong plastik jadi fasilitas cuma-cuma saat berhadapan di kasir.

 

Terlepas debat pro dan kontra sama kebijakan ini, ada baik lihat sisi lain saja. Pernahkah terpikir kalau kebijakan ini membuka peluang untuk eksra income?

 

Apa tuh? Bikin kantong belanjaan dari bahan nonplastik. Entah itu kain, karung goni, atau limbah kain bekas. Dengan kantong belanjaan model beginian, kan bisa dipakai berulang kali. Beda sama kantong plastik yang cuma sekali pakai?

 

[Baca: Bangun Usaha Rumahan yang Cocok untuk Kaum Mommies]

 

 kantong plastik berbayar Bangsa lain mah udah dari kapan tuh bro aware sama tas ramah lingkungan, kita kok baru sekarang hehehe

 

 

Pendek kata, sebaiknya jangan dilihat sebuah kebijakan itu dari satu sisi saja. Betul tidak?? #Aagymmodeon.

 

 

 

Image Credit:

  • http://cdn.rimanews.com/bank/kantong-plastik-bayar-2.jpg
  • http://equator.co.id/wp-content/uploads/2016/02/KANTONG-BELANJAAN-696×464.jpg
  • http://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/tas-belanja-dari-kaus-kerah-_130308193537-419.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →