Kekayaan Bersih 5 Orang Terkaya Sejagat Ini Meroket Selama 10 Tahun

Kekayaan bersih milik orang terkaya di dunia Jeff Bezos bertambah

Siapa orang terkaya di dunia saat ini yang punya kekayaan bersih ratusan hingga ribuan triliun rupiah? Jawabannya masih orang sama, yaitu pendiri Amazon Jeff Bezos, pendiri Microsoft Bill Gates, CEO LMVH Bernard Arnault, Warren Buffett, dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg.  

Jumlah kekayaan bersih mereka memang berhasil membuat kita geleng-geleng kepala. Namun, ketika perbandingan antara kekayaan bersih mereka di tahun ini dengan 10 tahun lalu, bisa jadi kita pun akan kaget mengetahuinya. 

Pasalnya, dalam 10 tahun, nilai tersebut melonjak dengan sangat luar biasa. 

Penasaran seperti apa perbandingan kekayaan bersih para orang-orang terkaya sejagat versi Forbes ini? Yuk cari tahu di bawah sini.

1. Mark Zuckerberg – dulu Rp 36 triliun, sekarang Rp 1.515 triliun

Mark Zuckerberg salah satu orang terkaya sejagat yang memiliki kekayaan bersih bertambah
(Instagram/@zuck)

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengambil contoh lima orang terkaya di dunia yang kekayaannya tembus ribuan triliun rupiah.

Pertama, pendiri Facebook yang di tahun 2010 punya kekayaan bersih US$ 4 miliar atau Rp 57 triliun. Saat ini, dia memiliki kekayaan US$ 80 miliar atau Rp 1.515 triliun. Kok bisa?

Gak bisa dipungkiri, setelah Facebook melantai di bursa saham di tahun 2012, kekayaan Zuck terus bertambah. 

Salah satu hal fenomenal yang pernah dilakukan Zuck di tahun 2013 adalah memangkas gaji secara drastis. Bahkan, kabarnya cuma Rp 13 ribu saja dalam setahun! Hal ini dilakukan Zuck setelah saham Facebook anjlok. 

Meski digaji segitu, investasi Zuck di Facebook tetap besar.

2. Warren Buffett – dulu Rp 432 triliun, sekarang Rp 1.279 triliun

Warren Buffett salah satu orang terkaya sejagat yang kekayaan bersih miliknya bertambah

CEO Berkshire Hathaway ini adalah seorang investor ulung yang kerap jadi panutan banyak orang. Sama seperti Zuck, Buffett juga terkenal dengan gaya hidupnya yang sederhana. 

Berkshire memang punya portofolio luar biasa bagus. Tiga saham yang berkontribusi dalam kesuksesan Berkshire Hathaway antara lain adalah, Coca Cola, American Express, dan Moody. 

Siapa sih yang gak tahu Coca Cola. Perusahaan minuman ini produknya ada di mana-mana, dari kita kecil sampai dewasa, Coca Cola tetap digemari.

Sementara itu, American Express (Amex), perusahaan multinasional di Amerika Serikat yang bergerak di bidang keuangan. Sedangkan Moody, sebuah perusahaan pemeringkat kredit di dunia yang menyediakan jasa analisa keuangan.

3. Bernard Arnault – dulu Rp 247 triliun, sekarang Rp 1.583 triliun

Bernard Arnault salah satu orang terkaya sejagat yang nilai kekayaan bersih miliknya bertambah

Bos Louis Vuitton Moet Hennessy ini pernah menyalip Bill Gates menjadi orang terkaya di dunia urutan kedua. Di tahun 2010, kekayaan Arnault masih US$ 27,5 miliar tapi sekarang sudah US$ 110 miliar. 

Bukan rahasia lagi, salah satu faktor yang membuat kekayaan Arnault melejit adalah naiknya harga saham LVMH tahun lalu. Investor memborong saham itu karena laba LVMH di 2018 melejit US$ 53 miliar alias Rp 748 triliun. 

Usai menyalip Buffett, dia pun menyalip Bill Gates. Namun, akhirnya di tahun 2020, Bill Gates menyalip Arnalut dengan jumlah kekayaan yang terbilang tipis.

4. Bill Gates – dulu Rp 477 triliun, sekarang Rp 1.594 triliun

Bill Gates salah satu orang terkaya sejagat yang nilai kekayaan bersih miliknya bertambah
(Instagram/@thisisbillgates)

Pendiri Microsoft ini memang gak pernah bosan untuk berada di urutan lima besar orang terkaya di dunia. Bahkan, pernah menjadi nomor satu.

Di tahun 2010, kekayaan bersih Gates adalah US$ 53 miliar. Tapi sekarang sudah jadi US$ 110 miliar!

Bukan cuma jago dalam inovasi, Gates pun merupakan seorang pegiat filantropi yang gencar berdonasi. Belakangan ini, dia juga terlihat asyik dengan akun YouTube-nya, hingga akhirnya mendapat penghargaan Gold Play Button. 

5. Jeff Bezos – dulu Rp 110 triliun, sekarang Rp 1.813 triliun

Jeff Bezos salah satu orang terkaya sejagat yang nilai kekayaan bersih miliknya bertambah
(Instagram/@jeffbezos)

Inilah orang terkaya di dunia. Saat ini, kekayaan Bezos sudah bertambah jadi US$ 126 miliar atau Rp 1.813 triliun! Empat orang di atas tentu kalah tajir dengan Bezos.

Salah satu sumber kekayaan Bezos adalah Amazon, sebuah perusahaan yang didirikan di garasinya pada tahun 2004 silam. 

E-commerce tersebut awalnya cuma jualan buku, namun sekarang sudah menjual banyak barang.

Harga saham Amazon memang terus mengalami peningkatan, layaknya saham-saham blue chip. Market cap Amazon sudah lebih dari US$ 900 miliar!

Tepat pada Februari 2020, pria berkepala plontos ini telah menggelontorkan donasi sebesar US$ 10 miliar atau Rp 143 triliun untuk memerangi perubahan iklim.

Bagaimana bisa kekayaan bersih mereka naik drastis?

Itulah fakta-fakta kekayaan bersih para orang terkaya di dunia yang terus naik dalam 10 tahun. Pertanyaannya, kok bisa ya? Apakah cuma orang kaya yang bisa jadi tambah kaya? Jawabannya, tentu saja tidak!

Nilai kekayaan bersih didapat dari nilai total aset yang kita miliki dikurangi dengan total utang. Itu artinya, semakin banyak aset yang kita miliki semakin besar juga nilai kekayaan kita. Sementara itu, semakin besar utang, maka semakin berkurang juga kekayaan kita. 

Satu aset investasi mereka yang cukup terlihat dalam meningkatkan kekayaan mereka adalah saham.

Mereka memegang saham milik perusahaan mereka dalam jumlah yang cukup besar. So, wajar saja kalau di kemudian hari kekayaan mereka bisa meningkat ketika harga saham mereka ikut naik.

Tertarik punya kekayaan yang terus naik selama 10 tahun seperti mereka? Berinvestasilah sejak dini, dengan membeli saham-saham blue chip. Jangan takut dengan volatilitas harga, karena investasi ini kita tujukan untuk jangka panjang.

Kamu mungkin menyimpan uang tunai di rekening bank dalam jumlah banyak. Namun, kekayaan bersihmu gak akan pernah bertambah jika kamu gak berinvestasi dan mengandalkan gaji saja untuk tabungan. 

Jadi, sudah tahu kan gimana caranya memperkaya diri? Dengan berinvestasi baik itu di pasar modal, logam mulia, properti, nilai kekayaanmu akan bertambah.

Tapi, kalau kamu masih bingung bagaimana caranya mulai berinvestasi, artikel Lifepal berikut bisa membantumu memberi gambaran. Selamat menambah kekayaan dengan berinvestasi! (Editor: Chaerunnisa)