Puluhan Tanah Sampai Mobil Mewah, Ini Deretan Harta Fadli Zon

Fadli Zon. (Tempo/Nurdiansyah)

Nama Fadli Zon kembali muncul ke ‘permukaan’ beberapa hari belakangan ini. Ya, selain harus membantah kabar tak sedap soal putrinya yang studi di Amerika, Fadli Zon juga mengeluarkan statement yang mengundang kontroversi.

Wakil ketua DPR itu menaruh simpati pada para aktivis gerakan #2019GantiPresiden yang belakangan jadi headline pemberitaan. Usai menerima aduan soal dugaan penghadangan dalam kegiatan aktivis oposisi itu, Selasa 28 Agustus kemarin, Fadli berpendapat DPR perlu diundang dalam aksi-aksi serupa di kemudian hari.

Tapi, MoneySmart gak mau membahas lebih jauh soal panasnya perpolitikan tanah air belakangan ini. Kita lebih tertarik buat kasih informasi ke kamu soal kekayaan Fadli Zon yang ternyata, berdasarkan data dari Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), mencapai Rp 32,5 miliar dan US$ 53.300!

Memang, bisa jadi kekayaan kader Partai Gerindra ini sekarang sudah bertambah. Pasalnya, angka tersebut adalah jumlah harta Fadli per November 2014, di masa-masa awal dirinya menjabat sebagai Wakil Ketua DPR. Perlu kamu tahu lho, angka itu cuma sedikit lebih banyak dari total kekayaan Presiden Jokowi pada tahun 2014. Kala itu, total kekayaan Jokowi ada di angka Rp 30 miliar dan US$ 30.000.

Sekarang, harta Jokowi tercatat sudah di angka Rp 50,2 miliar. Pastinya, kekayaan Fadli Zon juga udah bertambah meski kita gak tahu nominalnya. Ya masa jadi wakil ketua DPR hampir empat tahun gak ada penambahan kekayaan.

Penasaran apa aja harta kekayaan Fadli Zon? Yuk simak rincian lengkapnya dalam ulasan di bawah ini.

Tanah dan bangunan

Fadli Zon boleh dibilang tuan tanah. Kenapa? Ya gimana gak, dari LHKPN terakhirnya, sahabat Prabowo ini tercatat punya 34 bidang tanah yang tersebar di berbagai daerah, yakni Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bogor, Depok, Tangerang, dan Tanah Datar. Sebanyak 13 lahan di antaranya memiliki bangunan di atasnya.

Bidang tanah yang paling luas ada di Kota Bogor, yakni seluas 4.430 meter persegi yang diperolehnya pada tahun 2013. Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tanah tersebut adalah Rp 212.640.000. Sementara itu, bangunan terluas yang Fadli miliki berada di atas lahan seluas 1.110 meter persegi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Bangunan tersebut memiliki luas 500 meter persegi dengan nilai mencapai Rp 927.700.000.

Nah, total nilai tanah dan bangunan yang Fadli miliki ini mencapai Rp 11,8 miliar.

Mobil dan motor

Sebelum lanjut bahas mobil dan motornya, kamu perlu tahu bahwa Fadli Zon ini emang tajir sih. Lulusan London School of Economics and Political Science ini pernah jadi anggota dewan direksi di sejumlah perusahaan energi dan perkebunan.

Fadli punya deretan mobil yang tergolong mewah. Selain Toyota Fortuner tahun 2014 dan Toyota Vellfire tahun 2013, Fadli juga punya mobil keren Range Rover Evoque 2 yang nilainya Rp 499.000.000.

Di samping mobil-mobil mewah itu, Fadli juga punya beberapa mobil lain seperti Toyota Camry, Toyota Hilux, dan Daihatsu Gran Max. Motornya, juga bukan motor gede. Selain Honda Beat, ada Suzuki Smash dan Honda Kharisma.

Total harta bergerak Fadli tercatat bernilai Rp 1.699.500.000.

Barang seni dan antik

https://www.instagram.com/p/BYGcx_CF2ci/?taken-by=fadlizon

Wakil rakyat yang terkenal vokal mengkritik pemerintah ini juga punya hobi mengkoleksi barang-barang seni nan antik, terutama keris. Yup, dilansir dari Detik, Fadli kabarnya punya sekitar 1.000 bilah keris berbagai jenis dan usia.

Harganya berkisar antara Rp 200 ribu sampai Rp 15 juta. Total barang koleksi seni dan antik Fadli Zon mencapai Rp 6,5 miliar!

Fadli Zon memang termasuk sosok yang peduli pada pendidikan dan budaya nusantara. Buktinya, ia juga mempunyai perpustakaan yang diberi nama Fadli Zon Library.

Surat berharga

Pandai mencari uang, pandai pula Fadli menginvestasikan uangnya supaya bertambah banyak. Ya, dedengkot Partai Gerindra ini punya investasi surat berharga yang nilainya Rp 6,4 miliar.

Hmm, itu kan tahun 2014. Pasti sekarang nilainya udah bertambah tuh.

Selain deretan harta yang udah disebut tadi, Fadli juga memiliki perkebunan palawija senilai Rp 1 miliar serta giro dan setara kas lain senilai Rp 7,7 miliar dan US$ 53.300.

Nah, total angka kekayaan Fadli Zon Rp 35,2 miliar di atas belum termasuk hutang yang tercatat sebesar Rp 5,4 miliar. Jadi kalau dikurangi dengan hutangnya, maka kekayaan bersih Fadli ada di angka Rp 29,8 miliar.