Intip Kekayaan Nurdin Abdullah, Gubernur Sulsel yang Kaya Prestasi

Selain Ridwan Kamil yang resmi jadi Gubernur Jawa Barat, ada sosok kepala daerah lain yang juga jadi sorotan. Ia adalah Nurdin Abdullah, Gubernur Sulawesi Selatan periode 2018-2023. Siapakah Nurdin?

Sebelum pimpin Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah adalah Bupati Bantaeng. Selama 9 tahun memimpin Kabupaten Bantaeng, Nurdin telah menorehkan sejumlah prestasi di berbagai sektor.

Beberapa di antaranya adalah terobosan di sektor pertanian yaitu menciptakan bibit unggul berbasis teknologi, sistem tanam 2:1 yang mampu meningkatkan produksi petani, serta melakukan budidaya durian tanpa aroma dan tanpa musim. Gak heran jika akhirnya Nurdin mampu meraih puluhan penghargaan lokal, nasional, hingga internasional atas inovasi-inovasi yang ia lakukan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Prof. Nurdin Abdullah (@nurdin.abdullah) on Aug 15, 2018 at 9:58pm PDT

Sebelum terjun ke dunia politik, Nurdin sudah dikenal sebagai akademisi dan menjabat pada posisi struktural di universitas dan perusahaan Swasta. Hal ini menjadikan Nurdin sebagai bupati pertama di Indonesia yang bergelar profesor.

Sejumlah terobosan di sektor pertanian yang ia lakukan, gak lepas dari latar pendidikannya sebagai alumni Fakultas Pertanian dan Kehutanan di Universitas Hasanuddin. Setelah itu, Ia meraih gelar Master of Agriculture dan Doktor of Agriculture di Universitas Kyushu Jepang.

Selain prestasi yang gemilang dari berbagai bidang, Nurdin juga berasal dari keluarga berdarah biru. Penerima penghargaan “Tokoh Perubahan” dari surat kabar Republika ini memiliki garis keturunan Raja Bantaeng dari sang ayah.

Wah, kira-kira berapa yah total kekayaan Nurdin sebelum dan setelah menjadi pajabat negara? Kabarnya sih meski total kekayaannya “kalah” dari Nurdin Halid, sesama calon Gubernur Sulawesi Selatan dulu, tapi tetap lebih besar dibandingkan aset milik RK alias Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Penasaran? Berikut ulasannya.

Puluhan tanah dan bangunan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Prof. Nurdin Abdullah (@nurdin.abdullah) on Aug 5, 2018 at 4:50am PDT

Sebelum terjun ke dunia politik, Nurdin telah memiliki sejumlah aset berupa tanah dan bangunan. Total tanah yang ia miliki mencapai 38 aset tanah di berbagai lokasi, seperti Makassar, Bantaeng, Badung, hingga Kota Tangerang.

Ia juga memiliki beberapa rumah mewah di Makassar, Tangerang, serta Kabupaten Badung. Jumlah aset tersebut bernilai tak kurang dari Rp 44 miliar.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Dari Speed Boat hingga Alphard

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Prof. Nurdin Abdullah (@nurdin.abdullah) on Jun 1, 2018 at 11:30pm PDT

Buat kendaraan, Nurdin memiliki mobil bermerek Toyota Alphard senilai Rp 400 juta. Mobil ini memang dikenal sebagai tunggangan favorit para pejabat dan pengusaha Indonesia. Ukurannya yang besar serta interior yang luas juga pas digunakan sebagai mobil keluarga.

Mobilnya yang lain adalah Honda Oddysey dan Toyota Crown telah dijual beberapa tahun lalu. Selain mobil, Nurdin juga memiliki jet ski dan speed boat yang masing-masing bernilai Rp 300 juta dan Rp 150 juta.

Penghasilan pasif dari investasi

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Prof. Nurdin Abdullah (@nurdin.abdullah) on Jul 27, 2018 at 12:10am PDT

Sejak menjabat sebagai guru besar, Nurdin Abdullah telah menanamkan sebagian hartanya di sejumlah instrumen investasi, seperti logam mulia dan surat berharga. Per-tahun 2015, total investasi yang ia miliki mencapai Rp 670 juta.

Jadi berapa total kekayaan Nurdin Abdullah saat ini?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Prof. Nurdin Abdullah (@nurdin.abdullah) on Jun 12, 2018 at 1:51am PDT

Dilansir dari laporan harta kekayaan Nurdin Abdullah yang bisa diunduh melalui situs KPK, kekayaan Nurdin per Desember 2015 adalah sebesar Rp 53.153.222.497.

Angka ini hanya mengalami peningkatan beberapa juta di tahun 2018. Pada halaman Pantau Pilkada Indonesia dalam situs KPK, berdasarkan laporan awal 2018 ini total kekayaan Nurdin menjadi Rp 53.156.1661.408.

Sebagai perbandingan, kekayaan NH alias Nurdin Halid pada periode yang sama mencapai Rp 167.869.362.322 sementara RK alias Ridwan Kamil sebesar Rp 13.305.083.657

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Gaji Gubernur Sulawesi Selatan

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Prof. Nurdin Abdullah (@nurdin.abdullah) on Sep 5, 2018 at 1:57am PDT

Sebagai informasi, gaji pokok seorang Gubernur Sulawesi Selatan memang tidak besar yaitu sekitar Rp 3 juta. Tapi, menurut Pasal 8 Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2000 tentang Kedudukan Keuangan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan juga akan mendapatkan biaya operasional.

Besar biaya operasional di tahun 2018 sebesar Rp 489,5 juta. Dengan begitu, total pendapatan setiap bulan Nurdin sekitar Rp 496,2 juta per bulan.

Yah, semoga penghasilan yang ia dapatkan akan sepadan dengan kinerjanya dan prestasinya nanti sebagai Gubernur yang diharapkan warga Sulawesi Selatan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →