Harta Anggota DPR Primus Yustisio Naik Rp 24 M dalam 4 Tahun, Ini Penyebabnya

primus yustisio

Masih ingat kan sama aktor senior Primus Yustisio? Suami Jihan Fahira ini terpilih lagi sebagai anggota dewan untuk yang ketiga kalinya. Jadi, sekarang dia sudah delapan tahun bekerja di gedung kura-kura dan akan masih di sana hingga tahun 2023.

Pada Pemilu Legislatif tahun 2009, Primus maju lewat Partai Amanat Nasional untuk Dapil Jawa Barat IX. Kemudian, di tahun 2014, Primus terpilih menjadi anggota DPD untuk Dapil Jawa Barat V. Kini, pada pemilihan legislatif 2019, Primus kembali terpilih menjadi anggota DPR RI berkat 86.983 suara yang ia dapatkan di Dapil Kabupaten Bogor.

Berdasarkan data yang tercatat di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), jumlah kekayaan pria bertubuh atletis ini bertambah Rp 24.492.375.203 selama dari tahun 2014 ke 2018. Menurut LHKPN, yang dilaporkannya ke KPK pada 11 Juni 2013, kekayaan pria ini tercatat Rp 48.719.018.227. Lantas di Desember 2018, angkanya sudah naik jadi Rp 73.221.393.403. 

Ingin tahu deretan aset apa yang dimiliki oleh Primus Yustisio dan aset apa yang membuat total hartanya bertambah Rp 24 miliaran? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Dijuluki Anggota DPR Termuda, Segini Lho Kekayaan Hillary Brigitta Lasut

1. Empat aset properti

primus yustisio
Primus Yustisio dalam sebuah kegiatan. (Facebook/@dewan.primusyustisio)

Aset properti milik pemeran Panji Manusia Millenium ini ada empat. Lokasinya ada di Jakarta dan Tangerang. Di tahun 2018, valuasi dari aset-aset properti itu mencapai Rp 58 miliaran.

Ini tentunya yang menjadi alasan mengapa harta Primus Yustisio meningkat. Di tahun 2014, dia hanya memiliki dua properti di Jakarta dan satu di Tangerang tapi sekarang sudah bertambah satu di Tangerang.

Aset properti tentunya bakal makin mahal seiring dengan berjalannya waktu. Gak heran kalau sekarang nilainya sebesar itu. 

Baca juga: Jadi Ketua DPR, Segini Gaji yang Bakal Didapatkan Puan Maharani tiap Bulan

2. Enam buah mobil

primus yustisio
Kegiatan Primus Yustisio. (Facebook/@dewan.primusyustisio)

Yang selanjutnya adalah aset berupa kendaraan yang, tidak seperti aset properti yang mengalami kenaikan, justru mengalami penyusutan. Primus tercatat memiliki enam buah mobil di tahun 2018.

Mobilnya juga keren-keren lho, ada BMW 318i 1991, Suzuki Swift 2015, Toyota Fortuner 2016, Land Cruiser V8 2013, dan Jip Mercedes-Benz jadul tahun 1987. 

Satu kendaraan roda dua yang ada di garasinya adalah sebuah moge. Moge itu adalah BMW K1200S. Kalau ditotal, valuasi aset kendaraan Primus mencapai Rp 2,1 miliar. 

Baca juga: Jadi Dokter Hingga Anggota DPR, 5 Artis Cilik Ini Sukses Berkarier di Luar Dunia Hiburan!

3. Kas

primus yustisio
Primus Yustisio. (Facebook/@dewan.primusyustisio)

Untuk kas dan yang setara dengannya, nilainya adalah Rp 10 miliaran. Dalam LHKPN 2018, Primus juga dikabarkan gak memegang sama sekali surat berharga. Sementara itu, ada tambahan harta lainnya yang sebesar Rp 1,3 miliar.

Akan tetapi, bagusnya nih Primus gak punya utang sama sekali. Sejak tahun 2014, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga gak pernah membukukan utang lho.

Itulah sekilas informasi seputar kekayaan Primus Yustisio. Meningkatnya nominal harta itu, salah satunya disebabkan karena valuasi aset properti milik Primus. 

Intinya selamat bertugas deh buat Bang Primus, semoga bisa memberikan yang terbaik buat masyarakat. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →