Inilah Keluarga Terkaya di Dunia, Pendapatannya Rp 1 M Tiap Menit!

Keluarga Terkaya di Dunia, Bisa Raup Rp 1 M Setiap Menitnya.

Keluarga Terkaya di Dunia, Bisa Raup Rp 1 M Setiap Menitnya.

Kamu mungkin belum tahu siapa keluarga terkaya di dunia. Jawabannya adalah Keluarga Walton, si pemilik supermarket Walmart. 

Keluarga ini dikutip dari Bloomberg bisa menghasilkan uang sebesar US$ 70.000 per menit, US$ 4 juta per jam, dan US$ 100 juta per hari atau Rp 1,3 triliun per hari! 

Melihat penghasilannya yang fantastis itu, gak heran kalau keluarga ini menempati posisi pertama sebagai keluarga terkaya selama beberapa tahun belakangan. 

Pada Juni 2018 lalu, kekayaan keluarga ini mencapai US$ 39 miliar, tapi di tahun 2019 naik lebih dari enam kali lipat menjadi US$ 191 miliar. Artinya, keluarga Walton US$ 90 miliar lebih tajir dari orang terkaya di dunia Jeff Bezos. 

Walmart sendiri didirikan pada tahun 1962 oleh Sam Walton di Arkansas, AS. Kini jumlah gerai Walmart sudah mencapai 12.000 unit yang tersebar di seluruh dunia. Total penjualan tahunnya mencapai US$ 500 miliar! Jumlah tersebut menjadikan Walmart sebagai peritel terbesar di dunia. 

Mari kita berkenalan dengan ahli waris Sam Walton, atau anggota keluarga terkaya di dunia ini, dikutip dari Business Insider. 

1. Sam Walton memiliki empat orang anak 

Keluarga terkaya di dunia
Keluarga Sam Walton (Shutterstock).

Sam Walton lahir 29 Maret 1918, dan bukan berasal dari kalangan orang kaya. Orangtuanya hanyalah seorang petani di sebuah desa di Oklahoma. 

Saat beranjak dewasa dan usai lulus kuliah dari University of Missouri, Sam ikut menjadi tentara AS dan diterjunkan saat Perang Dunia II. 

Setelah perang berakhir, Sam kemudian menikahi seorang bankir Helen Robson dan menetap di Arkansas. Di sana ia mendirikan supermarket yang kemudian dikenal Walmart, sembari mengurus empat orang anaknya Rob, John, Jim, dan Alice. 

Keempat anaknya inilah yang kini memegang kepemilikan 50 persen saham Walmart. 

2. Rob Walton, anak tertua yang doyan koleksi mobil vintage 

Keluarga terkaya di dunia
Rob Walton

Rob Walton adalah anak pertama dari Sam Walton. Pria berusia 75 tahun ini pertama kali bergabung dengan Walmart di tahun 1969, saat usianya masih 25 tahun. 

Berbagai posisi penting sudah pernah diembannya, mulai dari wakil presiden direktur, sekretaris perusahaan, chairman, dan lain-lain. Hingga tahun 1978 ia dipercaya untuk duduk di kursi direktur seutuhnya sampai tahun 2015 memutuskan untuk pensiun. 

Rob memiliki banyak harta berbentuk rumah dan kendaraan jadul. Rumahnya yang sering ditinggalinya terletak di kawasan elite Paradise Valley Arizona. Sementara koleksi mobilnya salah satunya ada Daytona Coupe yang cuma diproduksi lima di seluruh dunia. 

Anggota tertua keluarga terkaya di dunia ini kini disibukkan dengan kegiatan-kegiatan amal. Ia bergabung dengan organisasi non profit di bidang lingkungan seperti Conservation International. 

3. John Walton, meninggal tahun 2005 akibat kecelakaan pesawat 

Keluarga terkaya di dunia
Mendiang John Walton

Putra kedua Sam Walton adalah John Walton. John telah meninggal dunia pada tahun 2005 silam akibat kecelakaan pesawat. 

Semasa hidupnya ia pernah bekerja sebagai penerbang tentara dan ditugaskan di Perang Vietnam. Usai perang berakhir, ia kembali ke Walmart menjadi seorang pilot untuk perusahaan. 

Saat ia meninggal, 17 persen harta kekayaannya dilimpahkan ke istri dan anaknya, dan sisanya untuk kegiatan amal. 

4. Jim Walton, putra termuda Keluarga Walton yang memiliki kekayaan US$ 45 miliar 

Keluarga terkaya di dunia
Jim Walton

Jim Walton adalah putra ketiga dari Sam Walton. Saat John Walton meninggal, ia dipercaya menggantikan John di kursi petinggi Walmart. Sejatinya, ia lebih aktif di perusahan Arvest Bank yang juga merupakan perusahaan perbankan milik Keluarga Walton. 

Kekayaan Jim diketahui mencapai US$ 45 miliar atau Rp 628 triliunan. 

5. Alice Walton, anak terakhir yang lebih doyan seni lukis ketimbang bisnis 

Keluarga terkaya di dunia
Alice Walton

Anggota termuda keluarga terkaya di dunia Alice Walton berbeda dari kakak-kakaknya. Alice malah lebih memilih fokus terhadap seni ketimbang bisnis, meskipun ia juga turut serta berkontribusi dalam perkembangan Walmart. 

Dia lebih fokus untuk mengoleksi karya seni dari berbagai dunia, mulai dari Andy Warhol sampai Picasso. Koleksi seninya kini bahkan diprediksi senilai US$ 500 juta yang dipamerkannya di museum Crystal Bridges, New York. 

Hal mengejutkan pun datang pada tahun silam saat ia memutuskan untuk menyumbangkan 3,7 juta saham Walmart ke organisasi nirlaba keluarga Walton, Walton Family Foundation. Padahal kalau dijual ke publik harganya saham tersebut sekitar US$ 225 juta. 

Itulah lima anggota keluarga terkaya di dunia saat ini. Meskipun bergelimang banyak harta, keluarga Walton diketahui sangat jarang mengumbar kekayaannya di muka umum, dan justru aktif di berbagai kegiatan amal. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis