Kenali Dulu 7 Tipe Pengutang Ini Supaya Gak Merasa Terjebak

supaya gak merasa terjebak

Beni setengah berlari menghampiri sosok yang diyakininya sebagai Tio, temannya yang sedang membayar belanjaan baju di kasir.

“Hai bro! Ke mana aja nih? Wah kebetulan kita ketemu di sini. Bisa dong bayar utang bulan kemarin, hehehe!” tembak Beni tanpa basa-basi.

Tio yang ditegur pun langsung pucat pasi bak ngeliat hantu. Sudah sebulan ini dia memang sengaja menghindari Beni demi gak membayar utangnya itu.

Aduh, jangan ditiru ya guys perilakunya Tio ini. Yang namanya utang itu harus dilunasi, jangan malah lari dari tanggung jawab. Emangnya gak malu kalau ketemu di jalan lalu ditagih?

Biar kita gak terjebak sama pengutang yang hobi pinjem duit tapi ogah bayar, simak nih 7 tipe pengutang dan cara ampuh untuk menghadapinya:

1. Si inisiatif

supaya gak merasa terjebak
Aman nih kalau yang ngutang sadar diri ya! (Inisiatif / kwikku)

Tipe pengutang yang satu ini bisa dibilang sebagai tipe pengutang teladan. Sebutannya saja “si inisiatif”. Pasti tanpa harus diingatkan, apalagi disindir-sindir, bakal ingat sendiri kok sama kewajibannya.

So, gak perlu khawatir kalau minjemin duit sama tipe pengutang kayak gini. Mereka akan bayar utang tepat waktu. Kita juga gak harus merasa bersalah atau ngerasa jadi seperti debt collector.

2. Si pelupa

Namanya juga lupa, ya pasti harus diingatkan. Paling susah melawan sifat manusia yang satu ini. Nah, kalau kita sebagai pihak yang minjemin juga pelupa, wassalam deh!

Solusi buat ngadepin tipe pengutang yang pelupa adalah gak usah ragu dan merasa gak enak untuk mengingatkan. Kalau perlu, kirim reminder ke emailnya supaya dia bisa bayar utang tepat waktu. Kalo gak, nanti kamu sendiri yang rugi kan?

3. Si pengalih pembicaraan

Si pengalih pembicaraan sudah pasti pintar banget mengganti topik kalau perbincangan sudah mulai menjurus ke utangnya. Hati-hati ya, kadang kita suka gak sadar loh. Beda tipis lah sama kalau dihipnotis. Awalnya kita mau nagih utang, eh malah jadi ngomongin soal gosip selebritis.

Cara menghadapi tipe pengutang yang pintar ngomong ini adalah dengan fokus dan konsentrasi. Siapin waktu khusus, dan langsung ajak bicara dengan serius soal utangnya yang belum juga dibayar.

4. Si pura-pura lupa

Paling bete sama si pengutang yang suka tiba-tiba hilang ingatan. Anehnya, tipe pengutang ini hanya khusus lupa sama utangnya. Kalau soal habis nonton film seru, atau gosip terbaru, mereka bisa fasih mengingat dengan sempurna.

supaya gak merasa terjebak
Kalau ada yang nagih pura-pura mati aja ya Cing hehehe! (Kucing Acting / thedesigninspiration)

Tipe pengutang kayak gini bakal kasih alasan lupa tiap ditagih. Pura-pura lupa digunakan sebagai jurus pamungkas demi memusnahkan utangnya.

Solusi yang bisa dipakai buat menghadapinya adalah pantang menyerah. Kalau dia bisa konsisten pura-pura lupa, kamu juga bisa konsisten nagih dong. Teror aja di whatsapp, sms, telfon, sampai ketemu langsung. Pasti lama-lama dia juga gerah, kan?

5. Si sok sibuk

Tipe pengutang yang satu ini, setiap ditagih biasanya bakal kasih alasan sibuk dengan pekerjaan, dan kegiatan penting lain. Membayar utang bukan soal mereka gak mampu, tapi karena gak ada waktu. Seolah-olah utangnya itu gak lebih penting dari kesibukannya.

Bilang sama tipe pengutang yang satu ini buat nulis pelunasan utang di agendanya, dan pakai reminder. Tegaskan sama mereka kalau melunasi utangnya ke kita adalah salah satu hal yang wajib jadi agendanya.

6. Si belagak miskin

Nah, kalau tipe pengutang yang satu ini gak akan malu untuk menghindar dari kewajibannya bayar utang dengan belagak kere. Mereka akan beralasan gak ada duit lah, lagi banyak kebutuhan lah, dan modus lain biar dikasihani.  

Tapi kenyataannya kok suka hangout ngopi-ngopi cantik, plus shopping hampir setiap hari ya? Nah loh!

Lalu gimana cara menghadapi tipe pengutang yang kayak gini? Jangan luluh dengan berjuta alasannya yang mengundang simpati. Walau dia bilang gak punya duit atau lagi banyak kebutuhan, ingat kalau sudah beribu kali kamu mendengar alasan yang sama. Masak bisa tiap bulan duit gaji abis sih?

Opsi lainnya bisa dengan menangkap basah dia saat lagi hangout atau pas lagi bawa tentengan belanja. Tagih utangnya dengan cara santai, seolah-olah kamu gak sengaja ada di tempat yang sama. Mau alasan gak punya uang lagi? Langsung aja tunjuk belanjaannya dan bilang, “Itu beli pake apaan? Daun?”

7. Si antara ada dan tiada

supaya gak merasa terjebak
Ayo pada ngumpet di mana nih? Susah banget nyarinya sih! (Sembunyi / uniqpost)

Eits, ini bukan judul serial televisi yang pernah ngehits itu ya. Antara ada dan tiada di sini maksudnya adalah sulit dilacak keberadaannya. Mungkin mau pakai teknologi GPS semutakhir apa pun bakal tetap susah ketemu. Pintar berkelit, gak beda jauh sama belut.

Ditelepon aktif tapi gak diangkat, kirim pesan lewat bbm, whatsapp, sms sampai telegram juga gak direspon. Bisa mendadak hilang atau gak ada di rumah saat didatangi. Tapi, anehnya posting foto-foto eksis di sosmed, dan hadir saat kita gak ada. Kok kayak makhluk gaib ya?

Solusinya sih kita harus minta bantuan “mata-mata” yang sering ketemu sama dia. Anggaplah kita punya informan yang bisa membantu kasih informasi saat si pengutang yang satu itu muncul. Dan boom! Saat itulah kita hampiri buat nagih utang. Surprise!

Gimana nih, udah dapat pencerahan soal tipe-tipe pengutang dan solusi untuk menghadapinya dong sekarang? Lebih baik berpikir dua kali kalau mau minjemin uang ke tipe pengutang yang suka ngeles. Apalagi kalau kamu termasuk orang yang gak enakan. Yang ada nanti malah rugi bandar!

Utang itu adalah kewajiban yang harus dilunasi sampai kapan pun loh. Saat ada yang ngutang sama kita, jangan pernah takut atau merasa bersalah saat menagih karena itu hak kita.

Tapi ingat, gunakan cara yang baik ya. Gak mau dong hubungan jadi rusak cuma gara-gara utang? So, be smart!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Cari Tahu Bedanya Utang Produktif dan Utang Konsumtif]

[Baca: Begini Nih Cara Mengelola Utang Biar Gak Bikin Pusing Kepala Barbie]

[Baca: Orang Punya Banyak Utang Bakal Kayak Gini Nih di Kantor]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →